Comscore Tracker

7 Film Superhero Terbaik 2021 Versi Rotten Tomatoes, Ada Spider-Man!

Rating tertinggi mencapai 94 persen, lho

Superhero telah menjadi topik populer selama satu dekade belakangan. Bahkan, di tengah masa pandemik, masih banyak film superhero yang dirilis dan menghibur penonton.

Pada 2021 ini, ada superhero-superhero baru yang diperkenalkan, salah satunya Shang-Chi. Namun, ada juga beberapa superhero yang kembali menyapa penggemar seperti, Spider-Man dan Venom.

Tentu saja tidak semua film pahlawan super mendapatkan respons positif. Nah, IDN Times sudah merangkum tujuh film superhero terbaik 2021 menurut Rotten Tomatoes. Mau tahu apa saja? Simak deh! 

Baca Juga: 10 Film Hollywood yang Tayang pada Januari 2022, Siap-siap! 

1. Spiderman: No Way Home (94%)

https://www.youtube.com/embed/JfVOs4VSpmA

Predikat film superhero terbaik 2021 menurut Rotten Tomatoes jatuh kepada Spider-Man: No Way Home. Melanjutkan kisah dari film Spiderman: Far From Home (2019), Peter (Tom Holland) yang identitasnya terbongkar meminta bantuan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) untuk mengubah takdirnya.

Tidak hanya sukses dari rating, film ketiga Spider-Man ini juga sukses dari pendapatan. Dalam waktu singkat, Spider-Man: No Way Home mengantongi pemasukan lebih dari 1 miliar Dollar Amerika Serikat. Ini menjadi film pertama yang meraih pemasukan sebesar itu sejak pandemik melanda. 

Jika kritikus hanya memberikan skor 94 persen, para penonton memberikan skor yang lebih tinggi, yaitu 99 persen. Sebuah angka yang sangat jarang didapatkan oleh film superhero.

2. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (91%)

https://www.youtube.com/embed/8YjFbMbfXaQ

Di tahun ini, Marvel memberikan sesuatu yang baru di dunia superhero. Shang-Chi (Simu Liu) adalah seorang martial artist yang  menghadapi musuh-musuh dari organisasi Ten Rings. Hal ini termasuk melawan ayahnya sendiri yang sepertinya menyimpan rencana.

Shang-Chi adalah salah satu film superhero terbaik yang dirilis tahun ini. Hal-hal yang membuat film Marvel ini disukai penonton dan kritikus adalah karena mengenalkan martial arts ke dalam film bergenre pahlawan super, villain yang tak kalah hebat dari hero, dan adanya unsur-unsur budaya China yang ditampilkan dengan baik. 

3. The Suicide Squad (90%)

https://www.youtube.com/embed/JuDLepNa7hw

Pada 2016, Warner Bros mengecewakan banyak orang melalui The Suicide Squad. Secara garis besar, film tersebut menceritakan sekelompok penjahat yang ditugaskan dalam misi bunuh diri untuk menyelamatkan manusia dari makhluk jahat.

Seolah ingin memperbaiki kesalahan, studio ini akhirnya membawa sutradara James Gunn untuk mengarahkan versi terbaru The Suicide Squad. Jalan ceritanya kurang lebih sama dengan film orisinal, tapi hampir semua pemain diganti dan efek-efek CGI-nya pun bagus.

Usaha Warner Bros tidak sia-sia. The Suicide Squad karya James Gunn mendapatkan respons positif dan skor di Rotten Tomatoes lebih dari 90 persen. Prestasi itu menjadikan film ini menjadi film superhero dengan rating tertinggi Warner Bros. 

Baca Juga: 10 Film Marvel dengan Biaya Produksi Termahal, Angkanya Fantastis!

4. Black Widow (79%)

https://www.youtube.com/embed/ybji16u608U

Setelah berulang kali mengalami pengunduran jadwal tayang, Black Widow akhirnya bisa disaksikan pada 2021. Berlatar waktu di antara Captain America: Civil War (2016) dan Avengers: Infinity War (2018), Black Widow alias Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) harus berhadapan kembali dengan masa lalunya yang kelam.

Film solo Black Widow sudah lama dinantikan oleh penggemar setia Marvel. Ada banyak aspek menarik dari film ini, seperti aksi pertarungan yang seru dan hubungan Natasha dengan keluarganya yang akhirnya baru ia temui kembali.

Walaupun ada saja yang menganggap Black Widow masih belum seru dan tak sebagus film MCU lainnya, film ini  memperkenalkan karakter baru, Yelena Belova. Adik Black Widow itu akan kembali di film dan serial Marvel mendatang.

5. Zack Snyder's Justice League (71%)

https://www.youtube.com/embed/vM-Bja2Gy04

Sejatinya, film orisinal Justice League sudah tayang pada 2017 lalu. Sayang, film superhero itu mendapatkan hujatan dari berbagai pihak, mulai dari cerita berantakan hingga visual efek yang buruk. Hal itu menjadi pemicu munculnya kampanye agar DCEU merilis Justice League versi Zack Snyder.

Pada 2021, keinginan penggemar pun terwujud. Justice League Snyder Cut akhirnya dirilis secara eksklusif melalui platform streaming HBO Max. Berbeda jauh dengan film aslinya, versi satu ini mendapatkan respons positif walau berdurasi empat jam lebih.

Baik penggemar maupun kritikus puas dan senang dengan film ini. Bahkan, ada yang merasa jika sejak awal DCEU harusnya merilis Justice League versi 2021 ini saja.

6. Venom: Let There Be Carnage (58%)

https://www.youtube.com/embed/-ezfi6FQ8Ds

Venom: Let There Be Carnage masih menceritakan hubungan Eddie Brock (Tom Hardy) dan Venom yang hidup di dalam tubuhnya. Kali ini mereka dihadapkan dengan ancaman baru, yakni Carnage sebelum masalah besar terjadi. 

Baik kritikus maupun penggemar sama-sama senang karena sekuel satu ini menunjukkan peningkatan dari film pertamanya, Venom (2018). Meski begitu, tetap saja para kritikus film beranggapan bahwa plot di bagian tengah menuju akhir hilang fokus.

Di sisi lain, penonton justru memberikan rating sebesar 84 persen. Kamu lebih setuju sama skor kritikus atau penggemar, nih? 

7. Eternals (47%)

https://www.youtube.com/embed/x_me3xsvDgk

Sukses memboyong piala Oscar, Chloé Zhao dipercaya mengarahkan film MCU, Eternals. Film satu ini berfokus pada sekelompok superhero yang berasal dari latar belakang dan ras berbeda. Mereka adalah makhluk abadi yang ditugaskan melindungi manusia dari Deviants yang berbahaya. 

Secara mengejutkan, film terbaru Chloe Zhao ini justru meraih respons negatif dari para kritikus. Di Rotten Tomatoes, Eternals hanya memperoleh skor 47 persen yang menjadikannya film Marvel dengan rating terendah.

Kritik diberikan karena jalan cerita yang terlalu panjang, membosankan, dan para karakter yang tidak berkembang. Apa kamu setuju dengan pendapat kritikus ini?

Ketujuh film superhero terbaik yang tayang di sepanjang 2021 sangat beragam. Film-film di atas memiliki cerita baru yang segar sekaligus menghibur. Di antara semua judul di atas, mana saja yang sudah kamu tonton? 

Baca Juga: 10 Pasangan Ikonik di Film Marvel yang Sukses Bikin Baper 

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya