Comscore Tracker

7 Film yang Dinominasikan Oscar dan Razzie, Apa saja?

Dicintai dan dibenci! #IDNTimesHype

Ajang Academy Awards atau yang lebih familiar dengan ajang Piala Oscar adalah penghargaan tertinggi yang bisa didapatkan oleh para pelaku dunia hiburan, mulai dari sutradara hingga aktor dan aktris. Di sisi lain, juga ada ajang Golden Raspberry atau Razzie yang justru adalah kebalikannya Oscar, yakni penghargaan diberikan untuk pelaku industri hiburan yang dianggap "terjelek".

Menariknya, ada beberapa film yang justru pernah dinominasikan ke dalam dua ajang tersebut. Ada beberapa aspek pada suatu film yang mendapatkan apresiasi tinggi namun ada juga yang mendapatkan kritikan pedas. Wah, film apa saja, ya?

1. Joker (2019)

https://www.youtube.com/embed/zAGVQLHvwOY

Walaupun mendapatkan respons positif yang sangat luar biasa, nyatanya masih ada beberapa bagian pada film Joker yang membuat penonton memiliki opini beragam. Film ini dinominasikan untuk Razzie pada kategori Worst Reckless Disregard for Human Life and Public Property. Sementara itu, kisah perjalanan hidup Arthur Fleck hingga menjadi villain bernama Joker ini juga mendapatkan perhargaan tinggi melalui ajang Oscar.

Joker dinominasikan ke dalam 11 nominasi Academy Awards, termasuk di antaranya adalah Best Picture, Best Director, dan Best Actor. Bahkan, performa Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck mengantarkannya memenangkan Oscar pertama. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang menganggap film ini berbahaya?

2. The Hunchback of Notre Dame (1996)

https://www.youtube.com/embed/O6i3lyx1I_g

Studio animasi Disney dikenal dengan animasi-animasinya yang lucu dan menyenangkan. Namun, rupanya di era '90-an, Disney pernah meluncurkan sebuah film klasik yang terbilang beda dari biasanya. The Hunchback of Notre Dame adalah film yang mengangkat kisah penjaga bel Notre Dame yang dikurung oleh penyihir jahat.

Film ini mendapatkan respons baik yang bahkan diakui oleh Academy Awards dengan menominasikannya untuk kategori Best Music, Original Musical, or Comedy Score. Sayangnya, pihak Razzie tidak memiliki pendapat yang sama mengenai film satu ini. The Hunchback of Notre Dame akhirnya dinominasikan di Razzie untuk kategori Worst Written Film Grossing Over $100 Million.

3. Suicide Squad (2016)

https://www.youtube.com/embed/CmRih_VtVAs

Suicide Squad yang masuk ke dalam daftar ini adalah film yang dirilis tahun 2016 lalu alih-alih film yang baru saja dirilis tahun ini. Beberapa tahun belakangan, Marvel Studio sepertinya memang lebih populer dan diakui oleh masyarakat bila dibandingkan dengan DCEU. Namun, DC memiliki satu kelebihan daripada Marvel yakni dari segi piala Oscar. 

Meskipun semasa perilisannya Suicide Squad mendapatkan respons negatif, nyatanya film ini berhasil mendapatkan nominasi untuk kategori Best Make-Up and Hairstyling dan memenangkannya. Akan tetapi, tidak mengherankan pula jika film ini juga masuk ke nominasi Razzie di kategori Worst Screenplay dan Worst Actor untuk aktor Jared Leto.

Baca Juga: 10 Film Viola Davis, Pemeran Amanda Waller di The Suicide Squad

4. Transformers: Revenge of the Fallen (2009)

https://www.youtube.com/embed/fnXzKwUgDhg

Beberapa orang berpendapat bahwa Transformers: Revenge of the Fallen adalah film terbaik dari waralaba Transformers, namun tidak sedikit pula yang berpikiran kebalikannya. Hebatnya, film Transformer satu ini masih masuk ke dalam nominasi Oscar di kategori Best Sound Mixing di Academy Awards, namun juga berhasil masuk ke nomiasi Razzie untuk kategori Worst Picture and Worst Director.

Meskipun mendapatkan respons beragam, nyatanya seri Transformers masih sangat populer dan diminati. Bahkan, film ini mendapatkan spin off, Bumblebee (2018) dan tiga sekuel, yakni Transformers: Dark of the Moon (2011), Transformers: Age of Extinction (2014), dan Transformers: The Last Knight (2017).

5. Pearl Harbor (2001)

https://www.youtube.com/embed/oGYcxjywx0o

Pearl Harbor adalah film arahan Michael Bay yang mendapatkan enam nominasi di ajang Golden Raspberry Award yang mana salah satunya adalah Worst Screenplay. Film yang dirilis tahun 2001 silam ini adalah film drama yang diadaptasi dari bencana nyata yang sayangnya terlalu fokus pada romansa.

Banyak orang beropini bahwa Michael Bay sebenarnya ingin meniru kesuksesan film Titanic (1997) yang sayangnya tidak berjalan lancar. Karena hal inilah film ini mendominasi Razzie. Namun, secara mengejutkan, film ini justru mendapatkan empat nominasi Oscar, termasuk Best Original Song dan Best Visual Effects.

6. The Lost World: Jurassic Park (1997)

https://www.youtube.com/embed/RxrvaneULkE

Jurassic Park bisa dibilang adalah salah satu film paling populer dan paling berpengaruh di dunia perfilman. Namun, salah satu sekuelnya yang berjudul The Lost World: Jurassic Park sangat jauh dari ekspektasi penonton berkat alur ceritanya yang mengisahkan T-Rex menyerang San Diego.

Kisahnya yang cukup "tidak biasa" membuahkan nominasi Razzie untuk kategori Worst Screenplay dan Worst Remake or Sequel. Namun, film ini masih mendapatkan apresiasi tinggi dari sisi visualnya hingga berhasil menembus Oscar di kategori Best Visual Effects.

7. Armageddon (1998)

https://www.youtube.com/embed/kg_jH47u480

Satu lagi film Michael Bay yang memecah para penonton. Michael Bay adalah salah satu sutradara populer yang terkenal akan ciri khasnya yang cukup unik sehingga tidak mengherankan jika karyanya mungkin menerima respons beragam. Hal ini berlaku pula untuk ajang Oscar dan Razzie.

Armageddon mendapatkan cukup banyak nominasi untuk piala Razzie, mulai dari Worst Actor, Worst Director, Worst Picture, Worst Screenplay, dan Worst Original Song untuk "I Don't Want To Miss A Thing". Namun, uniknya lagu orisinal yang sama justru masuk ke dalam nominasi Oscar.

 

Itulah tujuh film yang menjadi nominasi untuk Oscar dan Razzie. Film-film ini meraih respons yang beragam karena ada yang menyukainya dan ada yang membencinya. Kalau kamu bagaimana? Apakah kamu menyukai film-film di atas?

Baca Juga: 7 Fakta Sistem Pertahanan Planet Bumi, Seperti di Film Armageddon 

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya