Comscore Tracker

5 Film yang Mengubah Judul Setelah Filmnya Dirilis, Apa Saja?

Berubah jadi lebih menarik, kok #IDNTimesHype

Judul adalah salah satu elemen pertama yang membuat seseorang tertarik untuk menyaksikan suatu film. Meskipun begitu, nyatanya walaupun film telah dirilis, beberapa film justru mengubah judulnya dengan berbagai alasan, mulai dari memikat penggemar internasional ataupun untuk menghindari kebingungan.

Berikut ini adalah lima film yang mengubah judulnya setelah perilisan. Perubahan judul ini justru berdampak positif dan membuat penonton semakin tertarik. Penasaran apa saja? Simak daftar di bawah ini, ya.

1. Birds of Prey (2020)

https://www.youtube.com/embed/kGM4uYZzfu0

Saat pertama kali dirilis, film solo pertama Harley Quinn ini memiliki judul yang terbilang panjang, yakni Birds of Prey (and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn). Sayangnya di minggu pertamanya, film ini tidak mendapatkan respon dan pendapatan yang besar bila dibandingkan dengan film Suicide Squad yang sama-sama menampilkan Harley Quinn. 

Warner Bros selaku studio produksi pun mengambil tindakan dengan mengubah judulnya menjadi Harley Quinn: Birds of Prey yang memang sedikit membantu film ini menjadi lebih populer dan menarik perhatian, namun sudah cukup terlambat.

2. Ghostbusters (2016)

https://www.youtube.com/embed/w3ugHP-yZXw

Ghostbusters adalah seri film yang cukup populer dan digemari masyarakat. Tak heran jika di tahun 2016, Columbia Pictures selaku studio produksi tertarik untuk membuat versi reboot yang semuanya dibintangi oleh wanita. 

Setelah perilisannya, film ini pun berubah judul menjadi Ghostbusters: Answer the Call. Perubahan ini dilakukan untuk menghindari kebingungan kepada penggemar dan juga agar orang-orang berhenti menyebut film ini dengan judul "the Ghostbusters reboot."

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film tentang Dunia Fashion untuk Para Pecinta Mode

3. Fast Five (2011)

https://www.youtube.com/embed/mw2AqdB5EVA

Salah satu franchise dari seri film populer yaitu Fast and Furious, Fast Five adalah judul yang menarik karena simpel dan mempresentasikan film dengan cukup baik. Namun, beberapa bulan setelah perilisan, judul film ini berubah menjadi Fast & Furious 5: Rio Heist. Tidak pernah diungkapkan alasan pasti penyebab perubahan ini, namun diduga untuk menarik perhatian lebih banyak penonton asing. 

4. Edge of Tomorrow (2014)

https://www.youtube.com/embed/vw61gCe2oqI

Warner Bros sepertinya memang sering labil mengenai judul film. Tidak hanya sekali, studio ini juga pernah mengubah judul film All You Need is Skill menjadi Live Die Repeat setelah dirilis dan tak lama kemudian berubah lagi menjadi Edge of Tomorrow.

Meskipun film ini meraih pendapatan yang cukup tinggi, sayangnya masih belum mencapai ekspektasi studio. Hal inilah yang kemungkinan menyebabkan perubahan judul film sebanyak dua kali.

5. The Road Warrior (1981)

https://www.youtube.com/embed/UlwtiOyaoo0

Terlepas dari fakta bahwa Mad Max adalah salah satu karakter film paling populer, nyatanya tidak banyak orang yang telah menyaksikan film pertamanya. Popularitasnya baru meledak di film keduanya yang semula berjudul Mad Max 2.

Judul film ini kemudian diubah menjadi The Road Warrior karena pihak studio merasa bahwa tidak akan ada orang yang mau menonton sekuel dari film yang belum ditonton sebelumnya. Taktik ini pun berhasil karena film kedua Mad Max ini meraih pendapatan jutaan dolar Amerika dan sukses di luar negeri pula.

 

Nah, itu dia lima film yang mengubah judul filmnya setelah dirilis. Perubahan judul ini justru membuat film semakin menarik. Kalau kamu lebih suka judul lama atau judul baru?

Baca Juga: Tontonan Keluarga, 10 Rekomendasi Film Animasi yang Tayang di Netflix 

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya