Comscore Tracker

9 Lagu Kolaborasi Idol SM dengan Penyanyi Lain yang Bikin Nagih

Dijamin bikin nagih, nih! #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

SM Entertainment dikenal sebagai salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan yang menjadi rumah bagi banyak grup idol terkenal. Beberapa di antaranya pasti sudah pernah kamu dengar seperti Red Velvet, SNSD, Super Junior, EXO, NCT, dsb. 

Para idol ini sebelum didebutkan sudah menjalani masa pelatihan selama bertahun-tahun sehingga bakat yang dimiliki semakin memukau dan luar biasa. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila para Idol SM dikenal memiliki kemampuan vokal luar biasa dan kerap diajak untuk kolaborasi dengan penyanyi dari agensi lain.

Untuk kamu penggemar KPop khususnya musik karya para artis SM, berikut ini adalah 9 lagu kolaborasi idol SM dengan penyanyi lain yang bagus dan dijamin bakal buat kalian ketagihan. 

1. Star Blossom- Doyoung NCT feat Kim Sejeong

https://www.youtube.com/embed/lpv-mkmddms

Lewat lagu bertajuk "Star Blossom", main vocal NCT, Doyoung berduet bersama Kim Sejeong menampilkan sebuah lagu yang sangat manis dan lembut untuk proyek SM Station.

Lagu ini bernuansa romantis dengan liriknya yang menggambarkan betapa indahnya cinta di masa remaja. Suasana romantis ini semakin terasa berkat adanya musik video yang menampilkan bagaimana hubungan mereka bermula dari pertemuan pertama. 

2. Wow Thing- Seulgi x Soyeon x Sin B x Kim Chungha

https://www.youtube.com/embed/KR5CtMLuiqQ

"Wow Thing" adalah salah satu lagu hasil proyek SM Station yang menggabungkan empat idol menawan dan populer sekaligus. Mereka adalah Seulgi Red Velvet, Soyeon Gidle, Sin B Gfriend, dan solois Kim Chungha.

Berkonsep girl crush, Seulgi dan yang lainnya menampilkan pesona mereka melalui vokal dan rap mumpuni serta dance yang energik. "Wow Thing" sendiri adalah lagu bergenre dance pop yang sangat adiktif dan catchy.  

3. Sweet Dream- Kim Heechul Super Junior feat Min Kyung Hoon

https://www.youtube.com/embed/5JbVVlqrreE

Sama-sama menjadi member tetap acara "Knowing Brothers" membuat member Super Junior, Kim heechul dan vokalis band rock, Min Kyung Hoon menjadi akrab dan tak ragu untuk merilis lagu bersama.

"Sweet Dreams" berhasil mendapatkan respon positif dan langsung berada di puncak berbagai chart musik seperti Genie, Olleh Music, Mnet, Naver Music, Soribada, dan Monkey3. Selain itu, video musik mereka yang dibintangi member "Knowing Brother" lain dan Momo Twice ini sukses mendapatkan lebih dari 20 juta views di YouTube.

Kabarnya lirik lagu ini ditulis oleh Heechul sendiri. Ia menuangkan perasaannya yang ingin menyimpan kenangan berharga bersama orang yang dicintai. Wah, tak disangka Heechul bisa menulis lirik yang sangat menyentuh, ya. 

4. Written in the Star- Wendy feat John Legend

https://www.youtube.com/embed/H4a-5BdZ5ck

Tak mau ketinggalan dengan Seulgi, Wendy Red Velvet pun juga pernah berkolaborasi dengan penyanyi lain di luar SM Entertainment. Siapakah dia? Orang tersebut adalah John Legend, penyanyi ballad yang sangat terkenal.

"Written in the Stars" adalah lagu ballad yang liriknya full menggunakan bahasa Inggris. Lagunya sendiri juga memiliki genre R&B dengan iringan alunan gitar yang lembut. Liriknya menceritakan sepasang kekasih yang jatuh cinta pada pandangan pertama dan tetap saling mencintai meskipun terpisahkan jarak dan waktu. 

Baca Juga: 10 Adu Gaya Mirror Selfie Doyoung NCT vs Jaehyun NCT, Bikin Ambyar!

5. Don't Need Your Love- NCT Dream x HRVY

https://www.youtube.com/embed/ESVsbCkFvG4

NCT Dream berkolaborasi dengan penyanyi muda asal Inggris, HRVY, dan merilis lagu berjudul “Don’t Need Your Love”. Lagu ini menjadi lagu ke-13 untuk proyek SM Station musim ketiga.

Don’t Need Your Love” adalah lagu bergenre pop synth dengan tambahan suara gitar akustik. Liriknya sendiri menceritakan seseorang yang tidak membutuhkan lagi cintanya yang telah lama berlalu.

Music video lagu ini mengambil jalan cerita di mana para member NCT Dream dan HRVY bersekolah di kampus dan sama-sama menjadi anggota “DNYL (Don’t Need Your Love) untuk mengatasi rasa sakit hati. 

6. Stay with Me- Chanyeol feat Punch

https://www.youtube.com/embed/pcKR0LPwoYs

Apa kalian masih ingat drama Korea fenomenal, Goblin? Yap dalam drama yang satu ini ada satu soundtrack yang dinyanyikan Chanyeol EXO bersama solois Punch yang berjudul "Stay with Me".

Punch dengan suara khasnya yang lembut menghanyutkan menyanyikan lagu tersebut dengan sangat baik sedangkan Chanyeol menyanyikan bagian rap dengan sangat keren. Lagu ini langsung memuncaki berbagai chart musik Korea Selatan dan beberapa negara lain di Asia. "Stay with Me" sangat digemari tidak hanya pecinta musik KPop namun juga penikmat K-Drama. Bahkan jumlah views di YouTube untuk video musik lagu ini sudah melebihi 200 juta views, lho.

7. Leo- Bol4 feat Baekhyun EXO

https://www.youtube.com/embed/L8UUYfe6-UA

Setelah ditinggalkan salah satu personelnya, Bol4 kembali ke dunia musik sebagai solois dengan merilis album terbaru yang main track-nya bertajuk, "Leo".

"Leo" dinyanyikan Bol4 bersama salah satu main vocal EXO yaitu Baekhyun. Lagu ini memiliki irama musik jazz yang lembut dan menenangkan. Apalagi ditambah dengan harmoni suara Bol4 yang manis dan suara Baekhyun yang merdu, membuat lagu satu ini sangat menyenangkan untuk didengarkan di waktu luang.

8. Mayday- Crush feat Joy

https://www.youtube.com/embed/29ycT6fA-Rs

Salah satu solois pria ternama Korea Selatan, Crush, tahun lalu merilis lagu terbarunya yang berjudul "Mayday" dan menggandeng Joy Red Velvet untuk berkolaborasi dengannya.

"Mayday" adalah lagu bergenre hip-hop yang digabungkan dengan melodi lembut. Hip-hop untuk bagian yang dinyanyikan oleh Crush sedangkan melodi lembut agar bisa meng-highlight suara Joy yang sangat khas dan merdu. Perpaduan Crush dan Joy akan memberikanmu nuansa musik yang baru yang tak kalah menarik. 

9. Dream- Baekhyun feat Suzy

https://www.youtube.com/embed/WfYgbFBFe1E

Salah satu proyek SM Station yang paling populer dan sukses adalah "Dream" yang dinyanyikan Baekhyun EXO bersama Bae Suzy. Sentuhan jazz yang mendominasi lagu ini membuat "Dream" terdengar sangat romantis dan bikin baper.

Walaupun lagu yang satu ini tidak dipromosikan di program musik mana pun, nyatanya "Dream" masih berhasil meledak di pasaran. Lagu ini berhasil memuncaki chart musik dan membawa pulang lima trofi kemenangan di berbagai acara musik.

Itulah sembilan lagu kolaborasi antara idol SM dengan penyanyi lain. Kemampuan vocal para idol SM memang sudah tidak perlu diragukan lagi sehingga banyak penyanyi yang mengincar kolaborasi dengan mereka. Nah, menurut kamu bagaimana? Apa kamu suka lagu-lagu di atas?

Baca Juga: 10 Potret Doyoung NCT yang Siap Comeback di Proyek NCT 2020: Resonance

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya