Comscore Tracker

10 OST KDrama yang Dinyanyikan Idol SM Entertainment, Ada Favoritmu?

Langganan mengisi OST drama #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Setiap drama selalu memiliki soundtrack unggulan yang disukai banyak penggemar. Tentunya soundtrack yang bagus dapat membawa penonton hanyut ke dalam cerita yang terdapat dalam drama.

Selama ini, tidak hanya penyanyi solo saja yang sering dipercayakan untuk mengisi soundtrack drama, para idol KPop juga sering mengisi OST drama populer. Idol asal SM Entertainment yang dikenal akan kemampuan vokal yang sangat mumpuni, tentu tak mau ketinggalan.

Sederet idol populer asal SM Entertaiment, seperti Taeyeon SNSD dan Chen EXO bahkan dijuluki ratu dan raja OST drama Korea, lho

Berikut sepuluh OST drama Korea yang dinyanyikan oleh idol besutan SM Entertainment. 

1. SHINee-Stand by Me (Boys Over Flowers)

https://www.youtube.com/embed/iDfdt-6VW38

Meskipun pada tahun 2009 SHINee masih tergolong grup rookie, nyatanya kemampuan vokal mereka sudah diakui oleh banyak pihak. Seluruh member SHINee bahkan dipercaya menyanyikan soundtrack dari drama korea legendaris "Boys Over Flower"  yang berjudul "Stand By Me".

Lirik lagu ini bercerita, agar kita terus membimbing dan bersama orang-orang yang dicintai, serta tidak malu mempelajari apa itu cinta. 

2. Chen EXO-Best Luck (It's Okay That's Love)

https://www.youtube.com/embed/FC7p9v-xtm4

Kembali ke tahun 2014, di mana ini adalah pertama kalinya Chen dipercaya untuk mengisi soundtrack drama. Ia menyanyikan soundtrack berjudul "Best Luck" untuk drama "It's Okay That's Love" yang tayang pada 2014 lalu.

Dari awal mengisi OST, Chen sudah memberikan penampilan yang sangat luar biasa dan memukau. Lagu "Best Luck" dengan cepat langsung mendapatkan respon positif dan digemari oleh penonton KDrama.

3. Chen EXO feat. Punch-Everytime (Descendants of the Sun)

https://www.youtube.com/embed/fTc5tuEn6_U

Dengan kepopulerannya yang sangat tinggi dan suara merdu, tidak mengherankan bila Chen EXO sering diminta mengisi soundtrack drama. Salah satu soundtrack populer yang dinyanyikan oleh Chen adalah "Everytime". Berkolaborasi dengan Punch, soundtrack tersebut dinyanyikan Chen untuk drama "Descedant of the Sun".

Lirik lagu ini bercerita tentang bagaimana seseorang jatuh cinta dan itu membuat jantungnya berdegup kencang hanya dengan melihat sosok yang disukai. Lagu "Everytime" sangat cocok didengarkan kala musim panas tiba atau saat seseorang ingin memulai hari dengan perasaan bahagia yang penuh semangat.

Baca Juga: Rajanya Soundtrack Drama, Ini 9 OST yang Dinyanyikan oleh Chen EXO

4. Chanyeol feat. Punch-Stay with Me (Goblin)

https://www.youtube.com/embed/pcKR0LPwoYs

Tidak hanya Chen, beberapa member EXO lainnya juga lumayan sering diminta untuk menyanyikan OST sebuah drama Korea. Chanyeol salah satunya.

Akhir tahun 2016, drama "Goblin" menjadi drama yang booming dan mencuri perhatian tidak hanya di Korea, namun juga penonton KDrama dunia. Lagu "Stay with Me" yang dinyanyikan Chanyeol bersama Punch adalah soundtrack paling populer dari drama satu ini, lho. Bahkan, soundtrack ini sudah ditontooh lebih dari 250 juta views, lho.

Lagu "Stay With Me" sendiri bercerita tentang seseorang yang dilanda keraguan, apakah orang yang disukainya sekarang adalah pasangan yang tepat untuknya. Namun, meskipun masih ragu, ia terlanjur jatuh cinta padanya. 

5. Chen, Xiumin, Baekhyun-For You (Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo)

https://www.youtube.com/embed/JvjWy4saR08

Tidak melulu sendiri, terkadang beberapa member EXO juga mengisi satu soundtrack secara bersamaan. Contohnya adalah lagu "For You" yang dinyanyikan oleh tiga member EXO, yakni Chen, Baekhyun, dan juga Xiumin. Lagu ini adalah OST drama Korea "Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo", di mana Baekhyun merupakan salah satu pemerannya.

Lagu "For You" mengisahkan seorang pria yang sangat mencintai pasangannya. Bahkan saking cintanya, hanya dengan mencium aroma tubuhnya saja, ia sudah tahu bahwa itu adalah orang yang dicintainya. 

6. Wendy-Goodbye (The Beauty Inside)

https://www.youtube.com/embed/A-emJHnVtZ8

Sebagai main vocal Red Velvet, tidak mengherankan bila Wendy sudah menjadi langganan untuk mengisi OST drama Korea. Salah satu soundtrack terbaik yang pernah dinyanyikannya adalah "Goodbye". Lagu tersebut dinyanyikan Wendy untuk mengisi OST dari drama "The Beauty Inside".

Lirik lagu ini mengisahkan seorang wanita yang telah menyakiti hati pria yang disukainya dan ia menyesali perbuatannya, namun sang pria sudah pergi menjauh. Kenangan yang dimilikinya bersama pria yang dicintainya ini membuatnya hancur dan merasa rindu.

Lagu "Goodbye" memiliki genre ballad yang diiringi bunyi gitar akustik. Lagu ini sangat cocok untuk didengarkan sangat hujan turun atau di malam hari menjelang tidur. 

Baca Juga: Bikin Meleleh, Ini 6 OST KDrama yang Dinyanyikan Wendy Red Velvet

7. Taeyeon-All About You (Hotel Del Luna)

https://www.youtube.com/embed/lHEOj3d7YS4

Main vocal Girls Generation, Taeyeon memang memiliki suara dan teknik bernyanyi yang sangat baik. Selama lebih dari satu dekade di dunia hiburan, Taeyeon sudah menyanyikan banyak sekali OST drama populer.

Bahkan, Taeyeon kerap dijuluki sebagai ratu OST, lho. Dari sekian banyaknya soundtrack yang pernah ia nyanyikan, salah satu yang paling populer adalah soundtrack drama "Hotel Del Luna" berjudul "All About You".

Lagu ini adalah memiliki genre ballad yang lembut dan menenangkan. Liriknya sendiri mengisahkan seorang wanita yang mencintai pria dan berpikir bahwa pria tersebut adalah sosok yang ditakdirkan untuknya. Meskipun waktu terus berjalan dan musim terus berganti, perasaan sang wanita pun tidak pernah berubah.

Lagu ini sangat cocok didengarkan oleh kalian yang sedang jatuh hati pada seseorang. 

8. Joy-Introduce Me a Good Person (Hospital Playlist)

https://www.youtube.com/embed/hoLzH1revMg

Terkenal akan vokalnya yang sangat khas dan merdu, tidak mengherankan bila salah member Red Velvet, Joy juga beberapa kali diminta untuk mengisi soundtrack drama populer. Soundtrack terbaru yang dinyanyikan oleh Joy berjudul "Introduce Me A Good Person". Lagu tersebut merupakan soundtrack drama "Hospital Playlist".

Lagu ini sebenarnya adalah remake dari lagu grup Basis yang telah dirilis pada tahun 1996. Joy berhasil membawakan ulang lagu ini dengan nuansa lebih fresh. Soundtrack satu ini pun mendapatkan sambutan hangat di kalangan pendengar musik dan berhasil masuk berbagai nominasi acara penghargaan musik Korea. 

9. Baekhyun-Every Second (Record of Youth)

https://www.youtube.com/embed/LwrnQCMgEJI

Tak mau kalah dari rekan-rekannya di EXO, Baekhyun pun juga sering mengisi soundtrack drama Korea. Salah satu soundtrack yang ia nyanyikan adalah "Every Second". Lagu tersebut dinyanyikannya sebagai OST dari drama "Record of Youth".

Bergenre ballad, lagu ini memiliki lirik yang sangat menyayat hati. Lagu "Every Second" pertama kali ditampilkan pada bagian akhir episode kelima drama yang dengan cepat merebut hati banyak penggemar. Apa kalian salah satunya?

10. Red Velvet-Future (Start-Up)

https://www.youtube.com/embed/GTcM3qCeup0

Apakah kalian penggemar drama hits"Start-Up"? Jika iya, kalian pasti mengenal soundtrack yang satu ini. Lagu ini dinyanyikan oleh Red Velvet berjudul "Future".

Lagu satu ini memiliki genre pop dengan lirik yang penuh harapan dan semangat. Nuansa positif tersebut semakin kental terasa, berkat video musik yang menampilkan beberapa adegan drama yang menggambarkan perjuangan Suzy dan Nam Joo Hyuk dalam meraih kesuksesan. 

Itulah sepuluh OST drama Korea yang dinyanyikan oleh para idol asal SM Entertainment. Kemampuan vokal mereka yang luar biasa tentunya menarik perhatian sehingga sering dipercaya untuk mengisi berbagai soundtrack. Kira-kira, dari sepuluh OST drama Korea di atas, manakah yang jadi favorit kalian?

Baca Juga: Dinyanyikan Red Velvet, Lirik OST Start-Up 'Future'

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya