Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film Misteri untuk Para Penggemar Sherlock Holmes

Misteri yang disuguhkan tak kalah menarik #IDNTimesHype

Tegang, penasaran, dan gregetan adalah perasaan-perasaan yang muncul ketika menonton film Sherlock Holmes. Plot cerita yang rumit sekaligus memikat seakan-akan membawa penonton ikut berpikir untuk menebak siapakah pelaku dari setiap kasus yang harus dipecahkan sang detektif ternama.

Jika kamu adalah pecinta film-film genre detektif, teka-teki, dan misteri, berikut ini ada 7 rekomendasi film yang dapat menjadi alternatif tontonanmu. Apa saja?

1. The Usual Suspect

https://www.youtube.com/embed/oiXdPolca5w

Film pertama yang cocok untuk ditonton para penggemar Sherlock Holmes adalah The Usual Suspect. Naskah film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa oleh The Writers Guild of America. Film ini juga sukses memboyong piala Best Supporting Actor dari ajang Academy Awards untuk aktor Kevin Spacey. 

The Usual Suspect bercerita tentang usaha polisi untuk menangkap pelaku pembantaian serta penembakan yang terjadi di sebuah kapal di Pelabuhan Los Angeles.

Satu-satunya saksi sekaligus tersangka kejahatan yang selamat dari insiden ini adalah Roger “Verbal” Kint (Kevin Spacey). Roger kemudian memberikan informasi rahasia tentang keberadaan penguasa jahat misterius yang bernama Keyser Söze.

2. Se7en

https://www.youtube.com/embed/znmZoVkCjpI

Se7en merupakan film bergenre psychological crime thriller yang dibintangi oleh aktor Brad Pitt. Film ini menyuguhkan cerita tentang seorang detektif, David Mills (Brad Pitt) bersama rekannya yang bernama Willian Somerset (Morgan Freeman). 

Mereka berdua sebenarnya sudah pensiun, namun akhirnya kembali aktif bekerja setelah kemunculan seorang pembunuh berantai yang aneh.

Pembuuh ini memiliki motif yang tidak biasa dan sangat terobsesi dengan tujuh dosa mematikan (seven deadly sins).

3. Zodiac

https://www.youtube.com/embed/yNncHPl1UXg

Rekomendasi film selanjutnya dijamin akan membuatmu bergidik ngeri, karena diangkat dari kisah nyata.

Film ini merupakan teror pembuhan berantai yang dilakukan oleh seseorang yang dijuluki Zodiac. Tercatat hingga kini, kasusnya belum terpecahkan dan masih menjadi misteri besar di Amerika Serikat.

Zodiac mengambil sudut pandang dari dua wartawan lokal yang terobsesi untuk memecahkan kasus ini. Sang pembunuh berantai yang masih identitasnya masih misterius kerap mengirim surat berisikan kode-kode kepada polisi.

Surat-surat tersebut seolah mengejek pihak kepolisan yang belum mampu menangkap dirinya hingga sekarang. Tertarik menonton filmnya?

Baca Juga: Meskipun Sedikit Jumpscare, 9 Film Horor Ini Tetap Asik Ditonton

4. Memento

https://www.youtube.com/embed/HDWylEQSwFo

Selanjutnya ada film Memento karya Christopher Nolan. Film ini sangatlah cemerlang dan bahkan disebut sebagai salah satu film detektif terbaik yang pernah diproduksi.

Diceritakan suatu hari Leonard Shelby dan istrinya diserang oleh orang yang tidak mereka kenal. Akibat serangan itu, sang istri meninggal dunia, sementara Leonard berhasil selamat meski kehilangan beberapa ingatannya.

Leonard mengalami kelainan, di mana ia tidak bisa menyimpan ingatan baru. Setiap memori yang masuk ke ingatannya akan hilang dalam selang waktu lima menit.

Namun, keinginan Leonard untuk mencari tahu identitas sang pembunuh istri sangatlah kuat. Dengan mengandalkan foto polaroid dan tato di seluruh tubuhnya, Leonard pun nekat berkelana untuk menyelidiki kasus pembunuhan istrinya.  

5. Mystic River

https://www.youtube.com/embed/W7NktJhrRYQ

Diarahkan oleh sutradara Clint Eastwood, film Mystic River dijamin akan mengaduk-aduk emosi dan rasa penasaran. Filmnya sendiri bercerita tentang 3 orang lelaki yang sudah bersahabat sejak kecil.

Mereka bertiga adalah Jimmy Markum (Sean Penn), Sean Devine (Kevin Bacon) dan Dave Boyle (Tim Robbins). Suatu hari, ketika mereka sedang bermain hoki bersama, Dave diculik oleh 2 pria dan dilecehkan.  

Setelah insiden tersebut, Jimmy dan kedua temannya tidak lagi bertemu untuk sekian lama. Tragisnya mereka baru dipertemukan kembali saat putri Jimmy menjadi korban pembunuhan.

Sean yang kini bekerja sebagai detektif berjanji akan memecahkan kasus tersebut. Jimmy pun tidak tinggal diam begitu saja. Hingga suatu saat, Jimmy mulai merasa bahwa pelaku pembunuhan adalah salah satu sahabatnya sendiri.

6. Shutter Island

https://www.youtube.com/embed/5iaYLCiq5RM

Shutter Island adalah film yang dibuat berdasarkan novel karya Dennis Lehane dengan judul sama. Kisahnya menceritakan seorang deputi AS bernama Edward Daniels (Leonardo DiCaprio).

Sang deputi sedang ditugaskan untuk menginvestigasi pelayanan psychiatric di Shutter Island pasca salah satu pasiennya mendadak menghilang.

Shutter Island sendiri adalah sebuah pulau terpencil yang hanya bisa dituju menggunakan kapal laut tertentu. Di pulau ini terdapat penjara sekaligus rumah sakit jiwa yang dikelola oleh pemerintah.

Selama melakukan investigasi, Edward ditemani rekannya, Chuck Aule (Mark Ruffalo), Dr. John Cawley (Ben Kingsley), dan Dr. Jeremiah Naehring (Max vin Sydow). Tanpa diduga, hal-hal misterius dan aneh bermunculan selama investigasi berlangsung. 

7. Murder on the Orient Express

https://www.youtube.com/embed/Mq4m3yAoW8E

Berdasarkan novel misteri populer karya Agatha Christie, Murder on the Orient Express adalah film terbaik yang bisa disaksikan untuk para penggemar Sherlock Holmes. Film ini menyuguhkan cerita yang tidak kalah mendebarkan dan penuh teka-teki. 

Diceritakan seorang detektif pengidap OCD bernama Hercule Poirot (Kenneth Branagh) tengah berada di sebuah kereta api mewah, Orient Express.

Di tengah perjalanan, tiba-tiba Edward Ratchett (Johnny Deep) ditemukan terbunuh di salah satu gerbong kereta yang dinaikinya. Berbekal kemampuan dan insting yang tajam, detektif Poirot mulai menyelidik kematian Edward yang merupakan pimpinan gangster terkenal.

Kemampuan Sherlock Holmes saat menyelidiki sebuah kasus memang telah menjadi tontonan yang seru dan mendebarkan. Lantas, apa kamu juga tertarik untuk menonton sejumlah film di atas? Gak kalah seru, lho!

Baca Juga: 7 Film Agen Rahasia Korea Terbaik, Gak Kalah Seru dari Film Hollywood!

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya