Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film untuk Penggemar Interstellar, Mind Blowing!

Jalan ceritanya bikin terheran-heran

Sutradara Christopher Nolan dikenal akan film-filmnya yang rumit dengan jalan cerita mind blowing. Interstellar adalah salah satu karya terbaiknya yang dikagumi dan mendapatkan respons sangat positif.

Mulai dari jalan cerita menarik, akting yang apik, hingga efek visual luar biasa menjadikan Interstellar dapat dinikmati oleh semua orang, terlebih untuk para penggemar film science fiction. Apa kamu salah satu pencinta film bergenre tersebut?

Berikut tujuh rekomendasi film jika kamu adalah penggemar film Interstellar. Dijamin mind blowing banget, deh!

1. Donnie Darko (2001)

https://www.youtube.com/embed/ZZyBaFYFySk

Film Donnie Darko (2001) mengisahkan kehidupan aneh seorang remaja laki-laki bernama Donald J. Donnie (Jake Gyllenhaal). Donnie merupakan anak yang cukup bermasalah, mulai dari penyakit psikis hingga memiliki teman imajiner bernama Frank.

Dalam dunia Donnie, Frank adalah kelinci besar seperti manusia yang berasal dari masa depan. Frank selalu bersama Donnie di mana pun berada. Donnie juga sering mendengar hal-hal aneh, seperti kiamat akan segera terjadi. Kondisi ini tentu membuat orang-orang di sekitar Donnie berpikir bahwa ia adalah bocah aneh.

Merasa dikucilkan, Donnie akhirnya malah melakukan tindakan menyimpang di sekolah. Ia bahkan nekat membakar rumah seseorang yang kurang disukainya. Meskipun begitu, Donnie bersikeras bahwa Frank yang melakukan tindakan jahat selama ini.

2. The Fountain (2006)

https://www.youtube.com/embed/m8IlyFCbNZg

The Fountain bisa dikatakan adalah film paling ambisius dari sutradara Darren Aronofsky. Uniknya, film ini memiliki tiga kisah berbeda dengan tiga latar waktu, tapi saling terhubung. 

Kisah pertama terjadi di abad ke-16. Dikisahkan Tomas Verde (Hugh Jackman) mendapatkan misi dari Ratu Isabella (Rachel Weisz) untuk mencari pohon kehidupan yang selama ini dikira hanyalah dongeng. Pohon ini dipercaya memberikan keabadian untuk siapa pun yang meminum getahnya.

Kisah kedua berpindah pada 2005. Mengisahkan Tom Creo (Hugh Jackman), doktor yang tengah melakukan penelitian untuk menemukan obat tumor otak untuk sang istri, Izzi (Rachel Weisz). Tom menggunakan sampel pohon kehidupan untuk membuat obat tersebut. D isisi lain, Izzi yang sekarat justru menginginkan agar Tom lebih sering bersamanya di hari-hari terakhirnya. 

Kisah selanjutnya menceritakan dunia di 2500 tentang Tommy (Hugh Jackman), seorang space traveler yang menjelajah luar angkasa di dalam sebuah gelembung. Lantas, apakah hubungan ketiga kisah ini? Temukan jawabannya dengan menonton filmnya, ya. 

3. Inception (2010)

https://www.youtube.com/embed/YoHD9XEInc0

Cerita dalam Inception berpusat pada pencuri ulung bernama Dom Cobb (Leonardo DiCaprio). Dom memanfaatkan alam bawah sadar korban untuk mencuri. Kemampuan ini membuatnya menjadi buronan internasional, sehingga berpisah dengan keluarganya.

Suatu waktu, kesempatan untuk memperbaiki kehidupannya pun muncul. Ia ditawari misi besar yang tak biasa. Dom harus menanamkan sebuah ide ke dalam benak Robert Fischer (Cillian Murphy) melalui mimpi.

Tentu saja hal ini sangat sulit untuk dilakukan mengingat Robert adalah sosok penting yang dilindungi orang banyak. Akankah Dom berhasil menyelesaikan misi ini dan mendapatkan kehidupan yang diidamkannya bersama keluarga? 

4. Looper (2012)

https://www.youtube.com/embed/2iQuhsmtfHw

Suatu hari, Joe (Joseph Gordon-Levitt) yang merupakan pembunuh bayaran disewa untuk menjalankan misi dari laki-laki bernama Abe (Jeff Daniels). Selain menjadi pembunuh bayaran, Joe merupakan anggota organisasi kriminal bernama Looper yang dapat melakukan perjalanan waktu. 

Saat menjalani misi, Joe yang tengah menunggu kedatangan targetnya di tepi ladang jagung terkejut bertemu dengan dirinya yang lebih tua dari masa depan. Dirinya dari masa depan (Bruce Willis) rupanya datang untuk membunuh dirinya sendiri.

Joe yang dilanda kebingungan kini harus mencari cara agar tidak terbunuh oleh dirinya sendiri. Dalam waktu bersamaan, ia harus menyelesaikan misi.

Baca Juga: 5 Film Sci-Fi yang Gak Kalah Keren dari Dune, Wajib Nonton!

5. Split (2016)

https://www.youtube.com/embed/84TouqfIsiI

Split adalah film psychological thriller yang disutradarai dan ditulis oleh M. Night Shyamalan. Kisah berfokus pada pemuda bernama Kevin Wendell Crumb (James McAvoy). Kevin mengidap gangguan yang membuatnya memiliki 23 kepribadian ganda.

Meskipun begitu, nyatanya hanya beberapa kepribadian saja yang sering muncul, di antaranya adalah kepribadian aslinya, Dennis (senang dengan kerapihan), Particia (wanita yang keibuan), dan Hedwig (bocah 9 tahun).

Hidup Kevin semula berjalan cukup baik hingga akhirnya tiga kepribadiannya memutuskan untuk menculik tiga orang gadis, yakni Claire (Jessica Sula) dan Marcia (Haley Lu Richardson) dan Cassie (Anya Taylor-Joy). Ketiga gadis ini disekap dalam sebuah ruangan tertutup dan mereka pun menyadari bahwa Kevin memiliki kepribadian ganda.

6. Blade Runner 2049 (2017)

https://www.youtube.com/embed/gCcx85zbxz4

Blade Runner 2049 adalah sekuel dari film Blade Runner (1982). Sesuai judulnya, kisah berlatarkan Bumi pada 2049 di saat manusia hidup berdampingan manusia hasil rekayasa.

K (Ryan Gosling) adalah pegawai kepolisian Los Angeles. Ia bekerja sebagai Blade Runner yang bertugas untuk memburu manusia rekayasa yang jahat. 

Suatu hari, K menemukan sebuah kotak terkubur di bawah pohon. Kotak tersebut rupanya berisikan sisa-sisa perempuan hasil rekayasa yang meninggal akibat komplikasi saat menjalani prosedur caesar. Temuan ini menggemparkan karena manusia rekayasa tidak bisa hamil.

K pun diperintahkan untuk melenyapkan semua temuannya, tapi rupanya di sisi lain sudah ada CEO Wallace Corporation, Niander Wallace (Jared Leto) yang berhasil menemukan identitas wanita tersebut. Hal ini memicu banyak perpecahan, sehingga K harus bergerak cepat sebelum hal yang lebih buruk dapat terjadi. 

7. Tenet (2020)

https://www.youtube.com/embed/AZGcmvrTX9M

Tenet adalah film terbaru Christopher Nolan yang dirilis 2020 silam. Kembali bermain dengan konsep waktu, film ini menceritakan aksi sang protagonis (John David Washington) dan Neil (Robert Pattinson) dalam misi menghentikan Perang Dunia III dengan cara membalikkan waktu (time inversion).

Time inversion memiliki konsep yang cukup membingungkan di mana seseorang mampu mengalami peristiwa secara terbalik. Hal ini mengakibatkan efek dari suatu perbuatan akan muncul lebih dulu daripada penyebab peristiwa itu sendiri. Namun aksi protagonis ini tidak mudah dijalankan karena banyak pihak yang mencoba membunuhnya.

Tenet adalah salah satu film sci-fi yang cukup memusingkan dan membutuhkan ketelitian untuk memahaminya. Selain dua nama di atas, film ini juga dibintangi artis papan atas lainnya, seperti Elizabeth Debicki, Kenneth Branagh, dan Michael Caine.

Ketujuh rekomendasi film di atas tak kalah mind blowing dari Interstellar. Apakah menurutmu film-film di atas lebih keren dan menegangkan dari film luar angkasa Christopher Nolan ini? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Bintangi Film Last Night in Soho, 10 Potret Pesona Anya Taylor-Joy

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya