Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film untuk Mengisi Waktu Libur Lebaranmu

Lebaran tetap di rumah saja, ya! #IDNTimesHype

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri telah tiba. Ini merupakan momen yang sangat spesial khususnya bagi umat muslim di seluruh dunia. Hari Lebaran kerap dijadikan ajang untuk berkumpul kembali bersama sanak saudara sekaligus menyatukan orang-orang yang selama ini memiliki kesibukan masing-masing.

Ada banyak cara yang kerap dilakukan untuk merayakan lebaran, mulai dari makan-makan, berwisata, atau berziarah. Namun karena pandemik COVID-19 yang belum reda, mungkin bisa dipertimbangkan opsi alternatif dengan menonton film-film terbaik bersama keluarga di rumah.

Berikut ini adalah rekomendasi tujuh film terbaik yang cocok disaksikan bersama keluarga selama libur lebaran. Check this out.

1. Keluarga Cemara

https://www.youtube.com/embed/sGaeDzD_3o0

Film rekomendasi pertama datang dari dalam negeri. Keluarga Cemara, adalah film keluarga yang disutradarai Yandy Laurens dan dirilis tahun 2019 lalu.  Film ini mampu menghadirkan kembali kerinduan terhadap serial TV dengan judul sama yang sempat populer di masa lalu.

Keluarga Cemara menceritakan kisah sebuah keluarga yang terdiri atas Abah, Emak, dan dua putrinya yang sebelumnya memiliki kehidupan berkecukupan di Jakarta. Namun, suatu hari keluarga mereka ditipu dan harta benda mereka semuanya ludes. Kini keluarga mereka pun terpaksa pindah ke pedesaan dan menjalani hidup yang jauh lebih sederhana. 

2. Sabtu bersama Bapak

https://www.youtube.com/embed/JDZuQtaUv28

Sabtu Bersama Bapak mengisahkan sebuah keluarga yang beranggotakan Bapak (Abimana Aryasatya), ibu (Ira Wibowo), dan dua putranya yang masih kecil, yakni Satya dan Cakra. Suatu hari kebahagiaan keluarga ini dihancurkan dengan kabar bahwa sang bapak divonis mengidap kanker.

Khawatir tidak bisa membimbing kedua putra hingga dewasa, Bapak pun merekam pesan-pesannya yang kelak setelah dirinya meninggal akan ditayangkan oleh sang istri setiap Hari Sabtu untuk ditonton bersama anak-anaknya.

Beranjak dewasa, Satya dan Cakra pun memiliki kehidupan masing-masing dan dihadapkan dengan persoalan yang rumit. Sang ibu pun kebingungan karena masih ada janji yang harus ia tepati kepada mendiang suaminya. Bagaimana kelanjutan dari kisah ini? Saksikan bersama keluarga di waktu lebaran, ya.

3. Wonder

https://www.youtube.com/embed/ngiK1gQKgK8

Dari ranah Hollywood, ada film keluarga yang cocok ditonton kala lebaran, yakni Wonder. Film yang dirilis tahun 2017 lalu ini diadaptasi dari novel populer karya karya R.J. Palacio.

Wonder bercerita tentang kisah seorang anak yang memiliki tanda lahir dan kelainan di wajahnya yang mencoba beradaptasi di sekolah umum, di mana murid-murid di sana menganggap dirinya aneh dan berbeda. Siapkan tisu sebelum menyaksikan film satu ini, ya. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Romcom Paling Hits di Era 2000-an, Masih Ingat? 

4. Spirited Away

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Dari Negeri Sakura, ada film produksi Studio Ghibli, Spirited Away, yang cocok disaksikan saat lebaran. Film ini menceritakan petualangan Chihiro, yang terjebak di dunia roh dan harus mencari cara untuk menyelamatkan dirinya dan orang tuanya yang juga terjebak di sana.

Film karya sutradara legendaris Hayao Miyazaki ini sangat sukses dan populer di pasaran bahkan berhasil memboyong piala Academy Award untuk kategori Film Animasi Terbaik. Spirited Away sangat direkomendasikan untuk ditonton bersama keluarga dan dijamin suasana akan menjadi semakin hangat. 

5. Negeri 5 Menara

https://www.youtube.com/embed/MIMZqxf-YWE

Kembali ke film Indonesia. Ada satu film yang sangat menghibur bila disaksikan selama libur lebaran bersama keluarga. Negeri 5 Menara bercerita mengenai kehidupan 6 orang murid di pesantren. Meskipun hidup dalam keterbatasan, keenam bersahabat ini memiliki mimpi dan ambisi yang amat besar.

Di film ini dapat disaksikan bagaimana semangat dan perjuangan dapat mengubah nasib manusia, walaupun berasal dari keadaan yang jauh dari kata ideal. Untuk kamu yang sedang merasa sedih di tengah pandemi ini, film ini bisa menjadi inspirasi untuk membangkitkan kembali semangatmu. 

6. Space Sweeper

https://www.youtube.com/embed/H1WYnJF1Pwo

Bila kamu dan keluarga merupakan penggemar film-film Korea, ada Space Sweepers yang bisa menjadi opsi tontonan kalian. Film yang booming di awal tahun 2021 ini, dibintangi oleh banyak bintang papan atas Korea Selatan seperti Kim Tae Ri, Yoo Hae Jin, dan Song Joong Ki.

Film bertemakan antariksa ini bercerita tentang perjalanan para kru pesawat antariksa bernama Victory yang tak sengaja menemukan robot berwujud anak kecil bernama Dorothy. Ternyata Dorothy adalah senjata pemusnah masal yang mengakibatkan kru kapal ini pun terlibat dengan bisnis dan masalah yang sangat berbahaya.

7. Minari

https://www.youtube.com/embed/KQ0gFidlro8

Satu lagi film keluarga yang cocok untuk kamu saksikan selama libur lebaran. Minari, yang belakangan banyak dibicarakan karena sukses menembus ajang Piala Oscar ini bertemakan American Dream dan menceritakan keluarga imigran asal Korea yang berpindah dari California ke sebuah pedesaan di Arkansas pada tahun 1980an.

Jacob (Steven Yeun) membawa keluarganya untuk hidup di pedesaan agar menjadi mandiri dengan menjalankan perkebunan. Sayangnya, apa yang terjadi tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan sehingga keluarga ini perlahan mulai dihadapkan dengan berbagai persoalan seperti kondisi ekonomi dan hubungan yang pasang surut.

Walaupun memiliki latar belakang cerita yang terbilang sederhana, Minari mampu menghadirkan emosi dan realita dari kehidupan para imigran Asia-Amerika. Tidak mengherankan jika banyak memuji film satu ini dan menjadikannya salah satu film yang paling banyak dibicarakan tahun ini.

 

Itulah 7 rekomendasi film terbaik yang bisa disaksikan untuk mengisi waktu libur lebaranmu. Karena pandemik COVID-19 yang belum mereda, tidak ada salahnya jika menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga dengan berkumpul dan menyaksikan film bersama. Jangan lupa siapkan makanan ringan dan minuman juga, ya.

Baca Juga: 8 Film Adaptasi dari Novel Karya Haruki Murakami, Apa Saja?

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya