Comscore Tracker

9 Soundtrack Film Studio Ghibli Terbaik, Bikin Perasaan Campur Aduk!

Mulai film hingga soundtrack-nya semua bagus #IDNTimesHype

Ada banyak faktor yang membuat suatu film menjadi luar biasa. Selain jalan cerita apik dan visual indah, adanya soundtrack yang bagus juga menjadikan film lebih menyentuh hati penonton.

Untuk Studio Ghibli, kebanyakan soundtrack film mereka dibuat oleh komposer kenamaan Jepang yakni Joe Hisaishi. Ia sudah dipercaya kedua pendiri Ghibli, Hayao Miyazaki dan Isao Takahata, untuk membuat soundtrack sejak film pertama studio animasi ini diluncurkan.  

Berikut ini adalah sembilan soundtrack film Studio Ghibli yang sangat berwarna-warni bikin perasaan campur aduk. Ada yang bernuansa bahagia, sedih, lucu, dan menenangkan. 

1. Town with Ocean View (Kiki's Delivery Service - 1987)

https://www.youtube.com/embed/hpfLKbjTWn0

Kiki, sang penyihir cilik mengikuti tradisi keluarganya dan harus pergi merantau untuk melatih kemampuan sihirnya ketika menginjak usia tiga belas. Kiki bersama kucing kesayangannya lalu berpindah ke sebuah kota indah yang berbatasan dengan laut. Dari jendela kamar barunya, Kiki bisa menyaksikan birunya laut yang memberikan kesan menenangkan. 

Soundtrack 'Town with Ocean View' dalam film Kiki's Delivery Service (1987) menggambarkan keindahan kota tersebut dan kebahagiaan Kiki bisa tinggal di sana melalui musik. Tidak mengherankan, bila lagu ini membuat pendengarnya menjadi semakin bahagia dan bersemangat. 

2. The Path of the Wind (My Neighbor Totoro - 1988)

https://www.youtube.com/embed/GzSlUsWDZjA

Bagaimana rasanya bila bertemu makhluk-makhluk ajaib di hutan hijau yang menyejukkan? Tentu rasanya akan sangat menyenangkan. Apalagi jika bisa rebahan di atas rerumputan hijau sembari menikmati hembusan pelan angin. 

Mei dan Satsuki, kakak-beradik tokoh utama di film My Neighbor Totoro (1988), adalah dua orang beruntung yang dapat merasakan petualangan hebat seperti itu. Tak sengaja, mereka berjumpa dengan Totoro di hutan dan memulai petualangan ajaib yang menakjubkan.

Ditambah dengan soundtrack berjudul 'The Path of The Wind' atau Kaze no Toori Michi, semakin terasa atmosfir hutan yang sangat sejuk dan menenangkan. 

3. Country Road (Whisper of the Heart - 1995)

https://www.youtube.com/embed/1ftVm3pVsPM

Cinta di masa remaja sangatlah spesial. Banyak kenangan indah yang sulit untuk dilupakan. Dalam film Whisper of the Heart (1995), Shizuku dan Seiji adalah sepasang remaja yang saling menyukai. Shizuku adalah siswi yang gemar menulis sedangkan Seiji adalah pembuat biola yang bercita-cita untuk bersekolah ke Italia dan menjadi pembuat biola terbaik. 

'Country Road' adalah soundtrack remake dari dari lagu John Denver yang bertajuk 'Take Me Home, Country Road'. Hayao Miyazaki pun mengubahnya menjadi dalam bahasa Jepang dan dibuat ke dalam dua versi.

Versi pertama adalah soundtrack yang hanya diubah liriknya menjadi bahasa Jepang dan dinyanyikan oleh Youko Honna. Sedangkan di versi kedua, musik yang mengiringinya adalah biola.

Di adegan tersebut, diceritakan Seiji memainkan 'Country Road' menggunakan biolanya untuk mengiringi Shizuku yang menyanyikan lagunya. Sweet banget, ya!

4. Legend of Ashitaka (Princess Mononoke - 1997)

https://www.youtube.com/embed/LkAgabtJTYM

Soundtrack yang satu ini akan membuatmu merinding tatkala mendengarnya. Ketika mendengarkan soundtrack Princess Mononoke (1997) yang bertajuk 'Legend of Ashitaka' ini, kita seakan dibawa ke dalam hutan magis yang penuh keajaiban.

Rasanya seakan-akan kita sedang bersama Ashitaka dan San ketika mereka memperjuangkan kedamaian hutan dari orang-orang kota yang jahat. Apa kalian juga merasakan hal yang sama?

5. The Name of Life (Spirited Away - 2001)

https://www.youtube.com/embed/U9RxGijXy4g

Chihiro yang terjebak di dunia arwah harus bekerja di pemandian untuk para arwah agar dapat menyelamatkan dirinya dan kedua orang tuanya yang diubah menjadi babi. Chihiro yang masih kecil merasa sangat ketakutan dan kebingungan. Namun, untungnya ia bertemu dan dibantu oleh seorang anak laki-laki bernama Haku.

Chihiro pun berusaha menjalani tugasnya sebaik mungkin. Akan tetapi, jauh di lubuk hatinya Chihiro merasa sangat sedih. Ia sedih karena mengkhawatirkan orang tuanya dan kondisinya yang sangat menyedihkan.

Soundtrack yang bertajuk 'The Name of Life' di film Spirited Away (2001) berhasil menambah kesedihan tatkala kita menyaksikan film ini. Suara dentingan piano yang lembut membuat penonton hanyut dan ikut merasakan sedih seperti Chihiro. 

6. Reprise (Spirited Away - 2001)

https://www.youtube.com/embed/YSMtGNSunls

Setelah melalui banyak petualangan dan bertemu makhluk-makhluk aneh, Chihiro akhirnya berhasil menyelamatkan orang tuanya dan bisa kembali ke dunia nyata.

'Reprise' adalah soundtrack bagian akhir film Spirited Away (2001) di mana Chihiro akhirnya berlari meninggalkan dunia arwah menuju dunia nyata. Soundtrack ini memiliki nada yang sangat membahagiakan sekaligus memberikan kesan menyedihkan.

Membahagiakan karena Chihiro berhasil kembali ke dunia nyata, dan menyedihkan karena kembali ke dunia nyata berarti Chihiro harus meninggalkan semua teman barunya, termasuk Haku yang selama ini sudah sangat membantunya. 

7. Merry Go Round (Howl's Moving Castle - 2004)

https://www.youtube.com/embed/UwxatzcYf9Q

Kisah cinta Sophie dan Howl dalam film Howl's Moving Castle (2004) memang sangat mencuri perhatian. Walaupun sederhana, penggemar merasa gemas dan baper menyaksikan kebersamaan mereka. 

Salah satu adegan yang paling disukai adalah bagian dimana Howl dan Sophie berjalan di udara sambil berpegangan tangan untuk menghindari kejaran makhluk aneh. Howl membimbing Sophie yang masih ragu hingga ia mantap berjalan di atas udara diiringi oleh soundtrack 'Merry Go Round' yang sangat romantis. 

8. Ponyo on the Cliff by the Sea (Ponyo - 2008)

https://www.youtube.com/embed/pzXhHUw_1OU

Sesuai dengan jalan cerita dan visual animasi yang menggemaskan, Ponyo (2008) juga memiliki soundtrack khas anak-anak yang bikin bersemangat banget, nih. Soundtrack Ponyo yang satu ini dinyanyikan oleh Nozomi Ohasi dan George Tokoro. 

Lirik yang mudah diingat dan nada suara yang sangat imut dapat membuat siapa pun yang mendengarkannya tersenyum lebar. Anak-anak dijamin pasti akan menyukai soundtrack yang satu ini. 

9. Sayonara no natsu (From Up on Poppy Hill - 2011)

https://www.youtube.com/embed/ZpENe4GOMAw

Berlatarkan di Jepang era tahun 1963, From Up on Poppy Hill (2011) memiliki suasana yang sangat berbeda dengan film Ghibli lainnya yang kebanyakan merupakan dunia fantasy penuh hal-hal ajaib. Meskipun begitu, film satu ini tidak kalah bagus dengan film Ghibli lainnya, lho.

Tokoh utama dari film ini bernama Umi. Tiap hari ia selalu mengibarkan tiga bendera sebagai pengingat untuk ayahnya yang sudah lama menghilang setelah perang.

Dengan lantunan soundtrack berjudul Sayonara no Natsu atau yang dalam bahasa Inggris berarti 'Summer of Farewells' ini berhasil bikin penonton yang mendengarkan ikut bersedih dan merasakan kerinduan Umi kepada ayahnya. 

 

Itulah sembilan soundtrack terbaik dari film-film Ghibli. Ada yang membuat kita bahagia dan bersemangat ketika mendengarnya, namun ada juga yang membuat kita merasa sedih dan larut dalam cerita sang tokoh dalam film. Apa kalian menyukai soundtrack-soundtrack di atas?

Baca Juga: 10 Film Anime Studio Ghibli yang Bikin Takjub, Bertabur Makhluk Ajaib!

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya