Comscore Tracker

Vibes HUT RI Bisa Kamu Rasakan dengan Nonton Film Tjoet Nja’ Dhien

Nobar sama keluarga yuk

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76! Kira-kira, apa nih harapanmu untuk Indonesia di tahun ini? Apapun itu, Indonesia tetap butuh kontribusi generasi muda sepertimu demi mewujudkannya. Kamu wajib bersyukur lho, soalnya perjuangan merebut kemerdekaan ini bukan hal yang mudah. Jasa-jasa para pahlawan jangan kamu lupakan ya.

Salah satunya, jasa pahlawan wanita bernama Tjoet Nja’ Dhien. Perjuangannya bisa kamu ketahui dengan menonton film “Tjoet Nja’ Dhien” garapan Eros Djarot di tahun 1988 yang tayang di Mola. Penasaran? Langsung cek review-nya yuk. Tenang, no spoiler kok!

1. Film Indonesia pertama yang diputar di Festival Film Cannes pada 1989

Vibes HUT RI Bisa Kamu Rasakan dengan Nonton Film Tjoet Nja’ DhienSalah satu adegan film “Tjoet Nja’ Dhien” (IDN Times/Mola)

Film ini menjadi film terbaik pada Festival Film Indonesia 1988 dan berhasil menyabet delapan piala Citra untuk kategori Film Terbaik, Pemeran Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Cerita Asli Terbaik, Sinematografi Terbaik, Artistik Terbaik, dan Ilustrasi Musik Terbaik.

Tak hanya sukses menjadi salah satu film Indonesia terbaik sepanjang masa, Tjoet Nja’ Dhien juga menjadi film Indonesia pertama yang diputar di Festival Film Cannes pada 1989. Setelah 33 tahun diproduksi, akhirnya film ini berhasil direstorasi. Dengan mentransformasi film dari pita seluloid ke Digital Camera Package (DCP). Sehingga, kualitas audio dan visual film “Tjoet Nja’ Dhien” menjadi lebih jernih.

Baca Juga: Merdeka! Film “The East” Ungkap Sejarah Penting di Sulawesi Selatan 

2. Produksi film ini menghabiskan dana Rp1,5 miliar

Vibes HUT RI Bisa Kamu Rasakan dengan Nonton Film Tjoet Nja’ DhienSalah satu adegan film “Tjoet Nja’ Dhien” (IDN Times/Mola)

Untuk produksinya, film ini menghabiskan dana Rp1,5 miliar. Angka ini terbilang sangat fantastis pada masa itu. Karena umumnya pembuatan film kolosal hanya menghabiskan Rp500 juta. Tak heran, pembuatan film ini menghabiskan waktu tiga tahun karena kekurangan biaya. Bahkan para aktor yang terlibat pun rela untuk tidak dibayar. Wah, salut banget!

Film “Tjoet Nja’ Dhien” tayang di Mola mulai 17 Agustus 2021 dengan kualitas audio dan visual yang lebih jernih, setelah direstorasi di Belanda oleh Eye Film Museum Amsterdam dan IdFilmCenter Foundation Jakarta lho! Gak ada alasan lagi, buat millennial seperti kamu buat gak nonton film keren ini.

3. Film terbaik FFI ‘89: dibintangi oleh Christine Hakim dan Slamet Rahardjo Djarot

Vibes HUT RI Bisa Kamu Rasakan dengan Nonton Film Tjoet Nja’ DhienSalah satu adegan film “Tjoet Nja’ Dhien” (IDN Times/Mola)

Film “Tjoet Nja’ Dhien” disutradarai oleh Eros Djarot pada tahun 1988, dan dibintangi oleh Christine Hakim (Tjoet Nja’ Dhien), Slamet Rahardjo Djarot (Teuku Umar), Piet Purnama (Panglima Laot), Rudy Wowor (Captain Veltman), serta pemain hebat lainnya. Kualitas film dan para pemainnya sudah terbukti dan diakui oleh sineas-sineas di Indonesia maupun luar negeri.

Christine Hakim mengungkapkan rasa syukurnya karena akhirnya film “Tjoet Nja’ Dhien” bisa ditonton masyarakat Indonesia bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 76 tahun. “Semoga kehadiran film “Tjoet Nja’ Dhien” di Mola bisa menjadi inspirasi, motivasi dan menambah kekuatan serta semangat di tengah ujian menghadapi pandemik,” tambahnya.

4. Strategi perlawanan Tjoet Nja’ Dhien versus Belanda di Aceh

Vibes HUT RI Bisa Kamu Rasakan dengan Nonton Film Tjoet Nja’ DhienSalah satu adegan film “Tjoet Nja’ Dhien” (IDN Times/Mola)

Film “Tjoet Nja’ Dhien” adalah sebuah film epos sejarah kepahlawanan Indonesia yang menceritakan perjuangan pahlawan Aceh, Tjoet Nja’ Dhien, melawan penjajahan Belanda. Perlawanan rakyat Aceh kala itu menjadi perang terpanjang dalam sejarah penjajahan Belanda.

Film ini menarik, karena tidak hanya menceritakan strategi yang diambil oleh Tjoet Nja’ Dhien dan dilema-dilema yang dihadapi sebagai pemimpin, tapi juga menampilkan kekalutan tentara Belanda melawan rakyat Aceh. Millennial dan generasi Z wajib tahu ya, kisah perjuangan wanita hebat ini, semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi kalian nih!

5. Nonton gratis film “Tjoet Nja’ Dhien” hanya di Mola

Vibes HUT RI Bisa Kamu Rasakan dengan Nonton Film Tjoet Nja’ DhienPoster film “Tjoet Nja’ Dhien” (Dok.Mola)

Bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia, Mola menayangkan film kolosal “Tjoet Nja’ Dhien” yang telah direstorasi. Istimewanya, untuk bisa menonton film ini, penonton tidak dikenakan biaya apapun, alias gratis lho.

Untuk bisa menyaksikan “Tjoet Nja’ Dhien” selama masa promosi berlangsung, kamu cukup melakukan registrasi dan login saja di website atau aplikasi Mola dan selanjutnya bisa langsung menyaksikan film tersebut. Yuk, buruan nonton bareng keluargamu.

Selain, film “Tjoet Nja’ Dhien”, Mola juga menyediakan berbagai pilihan film, serial dan program entertainment yang pastinya cocok dinikmati setiap hari! (WEB)

Baca Juga: Biografi Cut Nyak Dien dan Duetnya dengan Teuku Umar Bela Rakyat Aceh

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya