Comscore Tracker

5 Keuntungan Kalau Kamu Nonton Sundance Film Festival 2021 Asia

Penikmat film, ayo merapat

Bangga sekaligus happy banget, Sundance Film Festival akhirnya bisa diadakan di Asia. Dan Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang menggelar acara bergengsi ini untuk insan perfilman, khususnya di benua Asia.

Berkat ‘restu’ dari Sundance Institute, XRM Media, dan didukung IDN Media, festival ini dikemas secara khusus untuk mengenalkan, mempromosikan, dan menjadi perayaan para pembuat film di Asia. Termasuk menonjolkan dan menjadi kebangkitan film Indonesia baik di komunitas lokal maupun regional.

Nah, buat kamu generasi Millennial dan gen Z jangan sampai ketinggalan euforianya ya. Soalnya kamu bisa dapatkan experience yang priceless banget. Simak ulasannya!

1. Bisa nonton film-film yang lolos tahap screening

5 Keuntungan Kalau Kamu Nonton Sundance Film Festival 2021 AsiaFilm-film Sundance Film Festival 2021 Asia (sundancefilmfestivalasia.org)

Film enthusiast merapat! Sundance Film Festival 2021 Asia kali ini akan memutar delapan film layar lebar karya sineas-sineas berbakat. Nah, agar kamu gak ketinggalan jam tayangnya, please save the date dan jangan lupa beli tiketnya ya!

  • Kamis, 23 September | 12.00 WIB
    TRY HARDER karya Debbie Lum dan PASSING karya Rebbeca Hall.
  • Jumat, 24 September | 12.00 WIB
    AMY TAN: UNINTENDED MEMOIR karya James Redford dan THE DOG WHO WOULDN’T BE QUIET karya Ana Katz.
  • Sabtu, 25 September | 12.00 WIB
    LUZZU karya Alex Camilleri dan USERS karya Natalia Almada
  • Minggu, 26 September | 12.00 WIB
    WRITING WITH FIRE karya Rintu Thomas & Sushmit Ghosh dan JOHN AND THE HOLE karya Pascual Sisto.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sundance Film Festival yang Jarang Diketahui

2. Bisa nonton hasil karya para finalis short film competition

5 Keuntungan Kalau Kamu Nonton Sundance Film Festival 2021 AsiaIlustrasi proses pembuatan film (Unsplash/KAL VISUALS)

Kompetisi Film Pendek ini terbuka untuk pembuat film Indonesia dan bertujuan untuk menemukan, memelihara, dan membawa perhatian pada talenta lokal menuju platform global. Nantinya, ada 10 finalis short film yang bisa ditonton melalui website Argo.

“Di Sundance Film Festival, kami berusaha untuk menemukan film atau artis baru yang belum kami dukung melalui upaya seperti kompetisi film pendek yang juga sebagai bagian dari 2021 Sundance Film Festival: Asia. Sangat menyenangkan menemukan suara dan cerita baru bagi kami. Sehingga kami dapat berbagi dengan penonton yang sama-sama bersemangat,” jelas Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival.

3. Bisa ikut online panel discussion

5 Keuntungan Kalau Kamu Nonton Sundance Film Festival 2021 AsiaJoko Anwar (instagram.com/jokoanwar)

Selain bisa nonton online film screening, kamu bisa ‘curi’ ilmu dari para sineas luar negeri maupun dari Indonesia dengan join di Online Panel Discussion. Tenang, acara ini gratis dan bisa langsung kamu tonton melalui platform TikTok/sundanceffasia. Kira-kira tema dan narasumbernya ada siapa aja ya? Kepoin langsung yuk!

  • Kamis, 23 September | 13.00 WIB: Film Outlook: Indonesian Film Industry from 2016 Boom, Pandemic Era, to Post-Pandemic Potential dengan narasumber Mira Lesmana, Angga Sasongko, dan Chand Parwez Servia.
  • Kamis, 23 September | 15.00 WIB: Women in Film Industry dengan narasumber Gina S.Noer, Susanti Dewi, Sue Turley, Nia Dinata, dan Amanda Salazar.
  • Jumat, 24 September | 15.00 WIB: The Directors – How Festivals Changed Our Careers dengan narasumber Joko Anwar, Yosep Anggi Noen, Edwin, dan Fajar Nugros.
  • Sabtu, 25 September | 13.00 WIB: The Rise of Vertical Cinema dengan narasumber Angga Anugrah Putra, Jason Iskandar, dan Salman Aristo.
  • Minggu, 26 September | 11.00 WIB: The Future of South East Asia Cinema dengan narasumber Malobika Banerji, Vanridee Pongsittisak, Mikhail Red dan Timo Tjahjanto.

4. Bisa ikut awarding night

5 Keuntungan Kalau Kamu Nonton Sundance Film Festival 2021 AsiaAwarding Night Sundance Film Festival 2021 Asia (sundancefilmfestivalasia.org)

Seperti festival film lainnya, Sundance Film Festival 2021 Asia juga punya malam penganugerahan yang spesial. Pada acara ini akan muncul nama-nama sineas yang berprestasi, nama-nama aktor dan aktris yang berkualitas serta berhak mendapatkan award.

Buat kamu yang penasaran sama acara spesial ini, langsung aja pantening akun TikTok/sundanceffasia pada hari Sabtu, 25 September 2021 pukul 19.00 WIB. Yuk, ajak semua teman-temanmu buat nonton Awarding Night Sundance Film Festival 2021 Asia.

5. Bisa beli official merch

5 Keuntungan Kalau Kamu Nonton Sundance Film Festival 2021 AsiaOfficial Merchandise Sundance Film Festival 2021 Asia X Kamengski (sundancefilmfestivalasia.org)

Sebuah event besar pasti punya dong yang namanya merchandise. Nah, Sundance Film Festival 2021 Asia juga gak mau kalah nih. Bekerja sama dengan Kamengski, merchandise yang dijual ada t-shirt, bucket hat dan bag nih. Kalau kamu suka banget koleksi merchandise event-event besar, wajib punya cinderamata dari Sundance Film Festival 2021 Asia ya! 

Wah, ternyata banyak banget ya experience yang bisa kamu dapatkan. Kalau IDN Times sih gak mau ketinggalan banget nonton Sundance Film Festival 2021 Asia, mulai tanggal 23-26 September 2021. (WEB)

Baca Juga: Sundance Film Festival: Asia 2021 Digelar Virtual pada 23-26 September

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya