Comscore Tracker

5 Film Animasi yang Meriahkan Natal dan Tahun Baru, Jadi Teman Liburan

Punya kisah menarik untuk diikuti

Salju, pohon cemara, hiasan berwarna-warni, dan berbagai ornamen indah biasanya selalu hadir ketika Natal tiba. Begitu juga dengan dunia hiburan, terutama film atau serial televisi. Ada banyak film tentang Natal yang bisa ditonton untuk memeriahkan perayaan ini atau untuk sekadar mengisi waktu liburanmu.

Nah, kalau suka dengan film animasi bertema Natal dan Tahun Baru, berikut beberapa rekomendasi animasi yang cocok mengisi libur panjangmu. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Olaf's Frozen Adventure

5 Film Animasi yang Meriahkan Natal dan Tahun Baru, Jadi Teman LiburanOlaf's Frozen Adventure (dok. Walt Disney Animation Studios/Olaf's Frozen Adventure)

Olaf's Frozen Adventure adalah salah satu film animasi bertema Natal terbaik yang bisa kamu tonton di libur akhir tahun nanti. Film ini digarap oleh Walt Disney Animation Studios dan didistribusikan langsung oleh Walt Disney. Meskipun sudah dirilis pada 2017 lalu, film ini masih bisa dinikmati untuk memeriahkan liburan Natal 2022 ini.

Tentu kisah mengenai Olaf, Anna, dan Elsa ini akan makin epik berkat kualitas visual dari Walt Disney. Namun, meski memiliki narasi yang cukup baik, karya ini termasuk ke dalam jenis film pendek yang hanya diputar tidak sampai 30 menit. So, ingin menonton film animasi ringan dengan visual bagus? Coba tonton animasi ini sampai habis, ya.

2. The Grinch

5 Film Animasi yang Meriahkan Natal dan Tahun Baru, Jadi Teman LiburanThe Grinch (dok. Universal Pictures/The Grinch)

Tentu Benedict Cumberbatch sudah menjadi salah satu pengisi suara terbaik di film ini. Ya, The Grinch adalah film animasi garapan Illumination dan dirilis oleh Universal Pictures pada 2018 lalu. Jelas visualisasi bertema Natal sangat kental dalam film ini. Lalu, Scott Mosier selaku sutradara pun juga sanggup menghadirkan narasi cerita yang dalam.

Berdurasi sekitar 85 menit, The Grinch mungkin masih menjadi salah satu film animasi andalan yang kerap ditonton ketika libur Natal tiba. Sayangnya, skor yang diraih di IMDb dan Rotten Tomatoes tidak begitu bagus, yakni 6,3/10 dan 59 persen. Untungnya, film ini masih menghasilkan pendapatan box office sebesar 512 juta dolar AS atau Rp7,5 triliun.

Baca Juga: 10 Film Natal dengan Rating Terburuk Versi Rotten Tomatoes, Setuju?

3. Frozen II

5 Film Animasi yang Meriahkan Natal dan Tahun Baru, Jadi Teman LiburanFrozen 2 (dok. Walt Disney/Frozen 2)

Salah satu film animasi yang dianggap terbaik adalah Frozen II. Film animasi ini digarap oleh Walt Disney Animation Studios yang tentunya juga menampilkan kualitas visual yang enak dipandang. Meskipun sudah dirilis sejak 3 tahun lalu, Frozen II masih bisa menghadirkan nuansa yang lekat dengan Natal di 2022 ini.

Secara umum, film yang ditulis oleh Jennifer Lee dan Allison Schroeder ini juga mampu menyabet skor yang cukup tinggi. Di Rotten Tomatoes, misalnya, skor yang didapatkan bisa dikategorikan di atas rata-rata, yakni 77 persen. Belum lagi berbagai musik yang dijadikan tema di film ini juga banyak diunduh dan digunakan oleh platform digital.

4. The Star

5 Film Animasi yang Meriahkan Natal dan Tahun Baru, Jadi Teman LiburanThe Star (dok. Sony Pictures/The Star)

Film animasi yang satu ini dirasa cukup unik karena langsung bersentuhan dengan hakikat Natal itu sendiri, yakni kelahiran Yesus Kristus di Bethlehem. The Star menyuguhkan kisah Natal dari sudut pandang yang out of the box, tapi masih sangat mudah dipahami. Film animasi garapan Sony Pictures Animation ini sudah dirilis sejak 2017 dan menjadi salah satu tontonan menghibur di akhir tahun.

Oh, ya, untuk membuatnya lebih lekat dengan kisah Natal, sang sutradara juga memasukkan berbagai lagu-lagu Natal di dalamnya. Satu lagi, ada banyak pengisi suara jempolan di sini, mulai dari Steven Yeun, Gina Rodriguez, Zachary Levi, Tracy Morgan, Oprah Winfrey, hingga Mariah Carey.

5. Klaus

5 Film Animasi yang Meriahkan Natal dan Tahun Baru, Jadi Teman Liburanposter film Klaus (dok. Netflix/Klaus)

Film animasi asal Spanyol juga gak mau kalah dalam memeriahkan Natal dan Tahun Baru. Buktinya, mereka telah sukses membuat Klaus, sebuah film animasi yang mengisahkan Sinterklas sebagai pembawa pesan damai Natal. Netflix merilisnya sejak 2019 lalu dan sudah mendapatkan berbagai pujian dari kritikus film.

Bahkan, ada banyak situs ulasan film yang memberikan skor tinggi (di atas 90 persen) untuk karya Netflix Animation ini. Membawa pengisi suara hebat, macam Jason Schwartzman, Rashida Jones, Will Sasso, dan Joan Cusack, Klaus sangat cocok untuk menjadi tontonan keluarga di rumah menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Beberapa film animasi di atas dapat menjadi hiburan di saat libur tiba. Mereka memiliki narasi cerita yang ringan dan mudah dicerna bagi siapa saja. Jadi, apa kamu juga menyukai film bergaya animasi untuk ditonton di akhir tahun ini?

Baca Juga: 10 Film Natal Terbaik di Netflix pada 2022, Ada Falling for Christmas

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya