Comscore Tracker

Benar-Benar Tangguh! 10 Tokoh Antagonis Terkuat dalam Dunia Game Horor

Mereka sangat menjengkelkan karena punya banyak nyawa

Game dengan genre horor sepertinya masih menjadi salah satu yang diburu oleh para gamer di seluruh dunia. Dengan latar belakang cerita yang menegangkan ditambah dengan kesulitan tersendiri dari game tersebut, ada banyak orang rela merogoh kocek untuk membeli permainan video tersebut.

Nah, salah satu aspek penting dalam game horor adalah tokoh antagonis yang ada di dalamnya. Beberapa dari mereka dianggap sangat kuat dan menakutkan. Bahkan, nama besar dari tokoh antagonis tersebut kadang melebihi nama besar pemeran utamanya.

Apakah kamu pernah menghadapi sepuluh tokoh antagonis terkuat dalam game horor ini? Mengapa mereka disebut sebagai tokoh fiksi paling menjengkelkan yang pernah ada? Yuk, disimak!

1. Pyramid Head (Silent Hill 2)

https://www.youtube.com/embed/TIPbDxISytQ

Sosok berbadan tinggi besar dengan kepala bertopeng besi berbentuk piramida ini bisa dimasukkan sebagai salah satu tokoh antagonis paling menyeramkan. Pasalnya, tanpa tedeng aling-aling, ia akan mengayunkan pedang raksasa ke arahmu dengan tepat sasaran.

Yup, Pyramid Head adalah musuh yang paling dibenci dalam game Silent Hill 2. Nah, lebih ngerinya lagi, biasanya ia akan mendekatimu secara diam-diam. Dengan kekuatan ototnya, sosok menyeramkan yang juga muncul dalam Silent Hill Origins ini akan dengan mudah mengangkat manusia dewasa dengan satu tangan.

Sedihnya lagi, dalam Silent Hill, kamu gak akan dibekali dengan persenjataan bombastis layaknya Resident Evil. Paling-paling kamu hanya dibekali pistol dan kemampuan individu saja. Gimana? Berani coba melawan Pyramid Head dengan pistol atau pisau dapur?

2. The Witch (Left 4 Dead)

https://www.youtube.com/embed/44GB7P-RMTE

Pada saat memainkan Left 4 Dead, kamu akan menemukan banyak sekali zombi dan beberapa musuh kuat, seperti Boomer, Smoker, Tank, Jockey, dan Charger. Nah, ada satu musuh mengerikan yang bahkan kamu bisa tewas hanya dengan sekali serang. Yup, ia adalah The Witch, tokoh mengerikan yang akan langsung fokus berlari ke arahmu jika ia mendeteksi kehadiran kamu.

Selain sulit untuk dibunuh, The Witch memiliki kecepatan dan akurasi serangan yang sangat tinggi. Dalam satu kali serangan tangannya, dipastikan pemainmu akan roboh dan hanya bisa pasrah sambil menunggu pertolongan datang.

Namun, kabar baiknya, The Witch akan terdengar di jarak yang cukup jauh sebelum kamu menemukannya. Suaranya mirip tangisan manusia dan sebaiknya kamu hindari suara tangisan tersebut jika ingin selamat. Oh ya, dalam Left 4 Dead II, musuh dengan cakar ini ditingkatkan menjadi The Wandering Witch.

3. Slasher (Dead Space)

https://www.youtube.com/embed/4dHhbVT85GE

Bagi penulis sendiri, sebetulnya Slasher bukanlah musuh yang sulit dan menyeramkan. Hanya saja, hampir semua serangannya mampu menjangkau pada jarak yang cukup jauh. Oh ya, kalau kamu belum pernah memainkan Dead Space, permainan ini merupakan game bergenre horor yang mewajibkan kamu menyelidiki sekaligus menjadi penyintas dari ganasnya mutasi-mutasi monster di wahana luar angkasa.

Nah, Slasher adalah salah satu jenis musuh yang harus dihadapi dalam game produksi Visceral Games ini. Di hampir sepanjang permainan, kita akan menghadapi Slasher dengan berbagai macam kondisi dan kesulitan. Namun, secara umum, jika senjata yang kamu bawa cukup mematikan, seharusnya kamu gak akan kesulitan melawan Slasher seorang diri.

4. Berserker (Gears of War)

https://www.youtube.com/embed/hr1G31fMVRI

Gears of War merupakan salah satu waralaba game terbaik di industri permainan video. Game buatan Epic Games ini menceritakan peperangan antara manusia dengan alien dari dasar Bumi yang bernama Locust Horde. Nah, salah satu musuh bebuyutan dari Marcus Fenix--sang tokoh utama--adalah Berserker.

Faktanya, meskipun Berserker buta, ia dapat mencium dan mendengar dengan sangat baik. Dengan kekuatannya yang sangat masif, tak heran jika sekali pukul akan membuat pemainmu tewas dengan tubuh yang tak utuh lagi.

Satu-satunya jalan untuk mengalahkannya adalah pancing ia ke wilayah terbuka dan hancurkan dengan senjata laser dari satelit. Namun, untuk memancingnya ke zona terbuka bukanlah hal mudah. Pasalnya, pada tingkat kesulitan tertinggi, Berserker merupakan musuh dengan kecerdasan di atas rata-rata dan tak mudah untuk terpancing.

5. Albert Wesker (Resident Evil 5)

https://www.youtube.com/embed/MztXNdpLjg0

Jika mengikuti cerita Resident Evil sejak game pertamanya dirilis pada 1996 lalu, kamu akan mengetahui bahwa Albert Wesker bukanlah sosok antagonis biasa. Selain cerdas layaknya ilmuwan, Wesker juga kuat, taktis, lincah, dan sangat jago bela diri. Lebih spesifik lagi, aksi Wesker dalam Resident Evil 5 benar-benar tangguh dan sulit dikalahkan, bahkan oleh Chris Redfield.

Kamu diharuskan beberapa kali berhadapan dan bertarung dengan Wesker. Bayangkan saja, satu kali bertarung dengan Wesker saja sudah cukup membuatmu babak belur, apalagi jika harus berulang kali. Sungguh hal yang sangat menjengkelkan. Untung saja, akhirnya Albert Wesker benar-benar bisa dikalahkan di akhir cerita.

Terlepas dari itu semua, perseteruan abadi antara Chris Redfield dengan Albert Wesker rupanya menjadi nilai jual tersendiri bagi Capcom. Nyatanya, kedua tokoh legendaris tersebut mampu mendongkrak penjualan Resident Evil 5 sebanyak 13 juta kopi di seluruh dunia. Secara total, Resident Evil sudah terjual lebih dari 100 juta kopi sejak game pertamanya dibuat.

Baca Juga: 6 Karakter Utama Perempuan di Video Game Paling Tangguh

6. Sledgehammer (Clock Tower 3)

https://www.youtube.com/embed/6M9Zlg2ICW4

Bagi yang pernah memainkan serial Clock Tower di PlayStation 1 dan 2, tentu kamu sepakat bahwa game buatan Capcom ini menjadi salah satu serial horor terbaik kala itu. Bukan tanpa sebab, dalam game ini, sebagian besarnya memang berisi adegan-adegan yang cukup menegangkan.

Tentu saja kamu tidak dibekali dengan senjata-senjata macam granat atau rocket launcher. Sebagai gantinya, kamu bisa sembunyi, mengendap-endap, dan berlari menghindari musuh-musuhmu. Apalagi, dalam Clock Tower 3 juga disematkan fitur panic yang membuat tokoh utama bisa menjadi panik dan kamu akan kesulitan mengontrol pergerakannya.

Nah, salah satu musuh paling mengerikan di game ini adalah Sledgehammer. Bayangkan saja, untuk memburu dan mencari seorang gadis remaja tanpa senjata, Capcom harus "mengutus" algojo dengan palu raksasa. Untuk menghadapinya, kamu harus sembunyi dan mengendap-endap supaya keberadaanmu tidak ketahuan.

7. Chainsaw Man (Resident Evil 4)

https://www.youtube.com/embed/Z535mzDS2RQ

Chainsaw Man yang ada dalam Resident Evil 4 dianggap sebagai salah satu tokoh antagonis paling ikonik dalam serial horor milik Capcom ini. Selain kuat, Chainsaw Man akan terus mengejarmu dan tak segan-segan akan menggorok leher pemainmu dengan gergaji mesin.

Dalam kesulitan yang tertinggi, bahkan Chainsaw Man tidak roboh dengan tembakan shotgun. Dibutuhkan strategi khusus untuk mengalahkannya. Untungnya, pergerakan Leon Kennedy sebagai lakon utama bisa diandalkan dengan kontrol yang baik.

Oh ya, Resident Evil 4 menjadi tonggak sejarah Capcom dalam mengeksploitasi grafis game lebih maksimal. Pertama kali dirilis untuk PlayStation 2, grafis pada Resident Evil 4 dinilai sebagai yang terbaik di zamannya meskipun dari segi cerita juga tak lepas dari kritik. Nah, kalau ingin bernostalgia dengan game satu ini, kamu bisa memainkannya di PC dengan grafis sedikit lebih baik.

8. Juggernaut (State of Decay)

https://www.youtube.com/embed/IJp161Dsm6M

Juggernaut adalah salah satu tokoh antagonis yang biasanya selalu dihindari oleh kebanyakan gamer. Bukan tanpa sebab, melawan Juggernaut seorang diri ditambah harus menghadapi pasukan zombi lainnya sama saja dengan bunuh diri. Sebetulnya, hanya dengan beberapa kali ledakan granat, Juggernaut akan tewas. Namun, suara dari ledakan itu akan mengundang puluhan zombi untuk mengeroyokmu.

Menghindari Juggernaut akan menjadi pilihan yang cukup bijak dan realistis. Namun, biasanya gamer juga bisa menghadapinya sendirian apabila dilengkapi dengan persenjataan lengkap. Suara raungan Juggernaut biasanya akan terdengar dari jarak yang cukup jauh. Yup, itu tanda atau alarm untukmu supaya kamu tidak mengganggunya.

9. Huntress (Dead by Daylight)

https://www.youtube.com/embed/9sXTC-uzjWM

Dead by Daylight merupakan game horor yang akan menempatkan beberapa orang ke dalam sebuah zona pembantaian. Ada beberapa pembunuh dalam game ini, yang tentunya semuanya menakutkan dan dihindari.

Namun, pembunuh berjuluk Huntress akan menjadi mimpi burukmu karena ia mahir melakukan tugasnya sebagai pembunuh berdarah dingin. Pembunuh ini juga dikenal sebagai pelempar kapak yang ulung sehingga tak jarang kapaknya itu akan membuatmu tewas seketika.

Nah, yang membuat Huntress cukup menakutkan adalah lagu atau musik pada saat ia sedang ada di sekitar kamu. Huntress akan bernyanyi solo sebagai bentuk intimidasinya kepada calon-calon korbannya. Dalam hal ini, menjauh dari Huntress adalah salah satu keputusan paling tepat.

10. Nemesis (Resident Evil 3 Remake)

https://www.youtube.com/embed/vXM0VzI2N4U

Nemesis adalah tokoh antagonis yang melegenda dalam serial Resident Evil, terutama Resident Evil 3 dan Resident Evil 3 Remake. Secara umum, monster kuat yang satu ini merupakan sosok dari kelas tyrant yang dibuat oleh Umbrella untuk melenyapkan pihak STARS, sebuah pasukan elite yang dimiliki oleh kepolisian Kota Racoon.

Nah, dalam Resident Evil 3 Remake, monster tersebut akan terus mengejarmu dan muncul secara mendadak di tempat-tempat tertentu. Monster besar ini sangat menjengkelkan. Kamu harus merobohkannya berulang kali sebab ia memang tidak bisa dibunuh di awal-awal cerita.

Kamu akan dibekali persenjataan canggih. Namun, untuk menghadapi seorang Nemesis, persenjataan tersebut terkadang tak ada gunanya. Nemesis sangat kuat dan mungkin kebal dengan senjata api konvensional. Ditambah lagi, seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan dan mutasi Nemesis akan terus bertambah kuat.

Nah, itu tadi beberapa tokoh antagonis paling kuat dan mengerikan dalam game horor. Uniknya, meskipun mengerikan, rupanya mereka memiliki basis penggemar yang sangat banyak, lho. Kalau menurutmu, mana yang paling menjengkelkan nih?

Baca Juga: 10 Potret Alok, DJ Kece Brazil yang Jadi Karakter Game Free Fire

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya