Comscore Tracker

10 Film Korea yang Berjaya Selama Pandemik 2020, Seru dan Menegangkan!

Film Korea terpopuler 2020 didominasi thriller dan horor

Sepanjang 2020, dunia perfilman harus diakui juga terdampak oleh pandemik COVID-19. Namun, hal tersebut tak menghalangi 10 film Korea ini untuk bersinar hingga ke kancah internasional.

Sejumlah genre, mulai dari komedi, horor, thriller, hingga dokumenter sukses menemani penonton selama menjalani karantina di rumah aja. IDN Times rangkum 10 film Korea Selatan yang paling berjaya selama pandemik 2020. 

1. Okay! Madam

https://www.youtube.com/embed/kpfAZRB3qLw

Sutradara: Lee Chul Ha
Pemeran: Uhm Jung Hwa, Park Sung Woong

Okay! Madam merupakan film laga komedi yang dirilis pada Agustus 2020. Film ini mengisahkan tentang sepasang suami istri yang tengah berlibur bersama keluarga.

Tak disangka, pesawat yang mereka tumpangi menjadi korban pembajakan. Pasangan yang berprofesi sebagai manajer restoran dan teknisi komputer ini pun harus berusaha menyelamatkan keluarga mereka. Dalam waktu delapan hari, film ini dikabarkan berhasil meraup 1 juta penonton lho!

2. The Swordsman

https://www.youtube.com/embed/zLSXfcs3nFQ

Sutradara: Choi Jae-hoon
Pemeran: Jang Hyuk, Joe Taslim, Lee Minhyuk

The Swordsman berkisah tentang Tae yul, mantan jagoan pedang di era Josoeon. Ia hidup di masa transisi dari dinasti Ming ke Qing. Suatu hari putrinya diculik oleh seorang pedagang budak bernama Kurutai. Demi sang buah hati, Tae yul harus kembali mengangkat pedangnya. 

Film laga kolosal ini spesial karena jadi ajang duet maut antara Jang Hyuk dan Joe Taslim. The Swordsman juga terpilih jadi film pembuka untuk Korea Indonesia Film Festival 2020 di Bandung pada Oktober lalu.
 

3. Secret Zoo

https://www.youtube.com/embed/30XZrN4tqSE

Sutradara:  Son Jae Gon
Pemeran: Ahn Jae Hong, Kang Sora, Park Young Gyu

Secret Zoo bergenre drama komedi. Film yang rilis pada Januari 2020 ini menceritakan tentang perjuangan seorang pengacara yang kariernya tersendat. Ia dijanjikan posisi bagus jika berhasil merevitalisasi sebuah kebun binatang terlantar.

Masalahnya, kebun binatang itu tak punya koleksi hewan sama sekali! Apa yang akan dilakukannya untuk menyelamatkan kebun binatang dan para penjaganya ya?

4. The Closet

https://www.youtube.com/embed/2INBpQPC-Jc

Sutradara: Kim Kwang Bin
Pemeran: Ha Jung Woo, Kim Nam Gil, Heo Yool

The Closet merupakan film horor supranatural yang rilis pada Februari 2020. Film ini mengisahkan tentang seorang arsitek yang baru saja kehilangan istrinya akibat kecelakaan.

Ia pindah bersama putrinya ke sebuah rumah baru, tempat di mana fenomena aneh bermunculan. Suatu hari anak perempuan itu hilang. Ingin menemukan sang putri sekaligus membersihkan namanya dari tuduhan masyarakat, sang arsitek pun berusaha mencari jawaban atas kejadian misterius tersebut.

5. Break the Silence: The Movie

https://www.youtube.com/embed/afM9Z7_QBXU

Sutradara: Park Jun Soo
Pemeran
: BTS

Selain film fiksi, film dokumenter asal negeri ginseng juga cukup mencuri perhatian di tahun 2020 ini. Salah satunya adalah Break the Silence: The Movie. 

Film ini mengikuti kiprah RM, Suga, Jin, J-Hope, V, Jimin, dan Jungkook selama tour keliling dunia. Mereka berhasil menjadi boyband KPop pertama yang tampil di Wembley Stadium dan mencetak rekor-rekor lainnya. Fans juga bisa melihat sisi di balik layar dari para member BTS.

Baca Juga: 9 Film Netflix Original Paling Ramai di 2020, Calon Nominasi Oscars?

6. BLACKPINK: Light Up the Sky

https://www.youtube.com/embed/7jx_vdvxWu0

Sutradara: Caroline Suh
Pemeran: BLACKPINK

Dari sisi girl group, ada juga BLACKPINK yang sukses dengan film dokumenter pertama mereka. BLACKPINK: Light Up the Sky mengikuti perjalanan karier Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa sejak masih anak-anak hingga berhasil jadi salah satu group KPop terlaris di dunia.

Selain itu penonton bisa menyaksikan sisi lain dari para member BLACKPINK yang biasa terkenal fierce di atas panggung. 

7. Time to Hunt

https://www.youtube.com/embed/dOXnWIzNyxg

Sutradara: Yoon Sung Hyun
Pemeran: Lee Je Hoon, Ahn Jae Hong, Choi Woo Shik

Time to Hunt ber-setting di versi distopia Korea Selatan. Keadaan ekonomi yang terpuruk membuat hampir seluruh rakyat hidup dalam penderitaan.

Jun Seok yang baru saja bebas dari penjara, membuat rencana berbahaya untuk mendapatkan kehidupan baru bagi keluarga dan sahabatnya. Sayangnya usahanya gagal dan sesosok tak dikenal justru memburu Jun Seok dan kawan-kawannya. 

8. The Call

https://www.youtube.com/embed/hxkKeniT-0Q

Sutradara: Lee Chung Hyun
Pemeran: Park Shin Hye, Jeon Jong Seo

The Call baru dirilis pada November lalu. Film thriller horor psikologis ini menceritakan tentang Seo Yeon yang terhubung dengan penghuni rumahnya dari masa lalu. Melalui pesawat telepon di rumah tersebut, keduanya menjalin persahabatan.

Yang tidak Seo Yeon sadari, keputusannya di masa kini menimbulkan konsekuensi mematikan bagi dirinya dan orang-orang di sekelilingnya. Film yang dibintangi Park Shin Hye ini sukses menuai pujian dengan plotnya yang unik.

9. Peninsula

https://www.youtube.com/embed/2kE1Ydf4jIo

Sutradara: Yeon Sang Ho
Pemeran: Kang Dong Won, Lee Jung Hyun, Lee Re

Film sekuel ini ber-setting empat tahun setelah Train to Busan. Kondisi semenanjung Korea telah mengalami kondisi mengerikan. Jung Seok, seorang mantan tentara yang sempat kabur ke luar negeri mendapat misi.

Ia harus kembali dan menemukan para penyintas yang tak terduga. Walau mendapat review yang beragam dan disebut-sebut tak sekeren prekuelnya, namun popularitas Peninsula tetap sukses di kancah internasional.

10. #Alive

https://www.youtube.com/embed/jQ8CCg1tOqc

Sutradara: Cho Il Hyung
Pemeran: Yoo Ah In, Park Shin Hye

Satu lagi film horor zombie Korea yang jadi perhatian internasional. #Alive bercerita tentang Jun Woo, seorang pemuda yang terperangkap dalam apartemennya saat muncul wabah zombie.

Penonton diajak mengikuti perjuangannya untuk bertahan hidup seorang diri dengan segala keterbatasannya selama berhari-hari. Dirilis saat pandemik, ada beberapa bagian dari film ini yang terasa mengena bagi penonton yang stay di rumah aja.

Itu dia 10 film Korea paling bersinar sepanjang 2020. Film-film tersebut telah menemani para penonton di rumah aja selama melalui masa pandemik. Kamu belum nonton yang mana aja nih?

Baca Juga: 10 Serial Netflix Original Terpopuler Selama 2020, Bikin Kecanduan!

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya