Comscore Tracker

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di Surabaya

#HappyDanielDay gak mau kalah dengan fans di Korea

Ada berbagai cara untuk merayakan ulang tahun idola KPop idamanmu. Tapi yang lagi ngetren beberapa waktu terakhir adalah menggelar cafe event.

Sebagian darimu mungkin sudah tahu apa cafe event itu, sementara sebagian sisanya bertanya-tanya. Acara seperti ini sudah kerap digelar di Korea Selatan sebagai tribute bagi para idola favorit.

Nah kali ini, event organizer KPop Cafe SBY menggelar event serupa untuk merayakan ulang tahun Kang Daniel, pentolan boyband Wanna One. IDN Times menghadiri event ini dan seperti inilah potret keseruan acara tersebut.

1. 9 Desember 2018, Kpop Cafe SBY membuka KPop event bertajuk Rictusempra untuk merayakan ultah Kang Daniel

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

Berlokasi di Stardust Cafe, BG Juction, Surabaya, acara ini digelar mulai dari jam 13.00 sampai 17.00. Berbeda dengan event KPop seperti festival atau gathering, kamu bebas datang kapan saja selama masih dalam jangka waktu tersebut. Yup, layaknya mengunjungi kafe biasa.

Oleh karena itu saya datang pukul 14.00 dan langsung disambut pemandangan serba Kang Daniel. Mulai dari dekorasi, layar proyektor, sampai kartu identitas panitia semua dihiasi wajah center Wanna One tersebut. Selama setengah hari kafe itu disulap menjadi tempat ekshibisi bertema Daniel.

2. Berbeda dengan event KPop lain yang pakai rundown acara, di KPop Cafe kamu cukup berkunjung seperti ke kafe biasa

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

Untuk ikut serta dalam cafe event bertajuk Rictusempra ini, para pengunjung diminta mendaftarkan diri sebelum acara. Tercatat sudah ada 55 peserta yang mendaftar pre-event. Tapi kalau mau datang langsung alias on the spot bisa juga kok.

Syaratnya membeli satu minimal satu minuman atau makanan dari kafe tempat event digelar. Nanti pengunjung bakal mendapat sejumlah merchandise gratis dari penyelenggara. Merchandise ini hasil kerjasama dengan sejumlah fansite Kang Daniel lho!

3. Bedanya selama satu hari kafe tersebut didekorasi sedemikian rupa agar bertema Kang Daniel

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

Belasan cewek dari berbagai usia terlihat memenuhi ruangan berdinding kaca itu. Sebagian besar asik berfoto bersama poster-poster bergambar sang idola. Sebagian lagi asik menikmati hidangan yang mereka pesan sembari membicarakan soal bias mereka.

4. Tak hanya sosok sang idola, ada juga sudut pameran foto kucing-kucing kesayangan center Wanna One tersebut

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

Yang lucu tak hanya dekorasi tentang Daniel saja yang dipajang, tapi juga kucing-kucingnya. Fans berat Kang Daniel pasti tahu bahwa cowok asli Busan itu memelihara empat ekor anak berbulu yang lucu-lucu.

Di event Rictusempra disediakan meja tersendiri untuk ekshibisi foto Rooney, Peter, Ori, dan Zhang. Keempatnya sering dipamerkan Kang Daniel lewat situs fancafe Wanna One.

Hmm, tak hanya mengapresiasi sang idola, para panitia event ini juga menghargai hobi Kang Daniel!

5. Beragam video Kang Daniel diputar nonstop selama KPop Cafe digelar

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

Berbagai video mulai dari MV hingga penampilan panggung cowok kelahiran 1996 itu pun diputar nonstop di layar proyektor. Para penggemar juga bisa nonton bareng atau sekadar bernyanyi bersama mengikuti video yang sedang dimainkan. Sesekali terdengar pekikan dari para penggemar yang gemas dengan aksi Daniel di layar.

Baca Juga: Ultah ke-22, 11 Transformasi Kang Daniel dari Unyu sampai Gagah

6. Event ini diprakarsai oleh EO "KPop Cafe SBY" bekerja sama dengan fans Wanna One

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

KPop cafe event Rictusempra dalam rangka ulang tahun Kang Daniel ini diprakarsai oleh event organizer KPop Cafe SBY. Kamu bisa mengetahui proyek-proyek mereka dari sosial media Twitter maupun Instagram dengan username @kpopcafeSBY. 

Panitia yang berpartisipasi dalam acara ini ada enam orang. Ternyata tak semuanya berasal dari even organizer pemula tersebut. KPop Cafe SBY juga menggaet beberapa Wannable (fans Wanna One) asal Surabaya untuk bekerja sama.

Saya berkesempatan mengobrol dengan dua di antara mereka, Sinta dan Shafa. Sinta adalah salah satu pendiri EO KPop Cafe SBY, sementara Shafa adalah salah satu Wannable yang berkolaborasi dengan mereka dalam menggelar event ini.

"Kita tuh pengen temen-temen Wannable dan semua Kpopers di Surabaya bisa ngerasain 'cafe event itu kaya gimana sih?' gitu. Meskipun acara kita mungkin gak sesempurna dan sekeren cafe event yang di Korea. Cuman setidaknya temen-temen bisa ngerasain," tutur Sinta. 

7. Kang Daniel 'mempersatukan' beberapa pengunjung yang hadir ke event Rictusempra ini

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

IDN Times mengobrol juga dengan sejumlah pengunjung. Salah satunya tiga sahabat Kiky, Mega, dan Aini. Ketiganya merupakan mahasiswi di UPN Surabaya. Ini bukan cafe event pertama mereka, sebelumnya Kiky pernah menghadiri cafe event dalam rangka ulang tahun Park Woojin dan Lai Guanlin (keduanya juga pentolan Wanna One).

"Awalnya kita gak seberapa dekat, padahal satu kampus. Terus ternyata tahu Wanna One, terus suka. Terus akhirnya bertiga bikin grup," kenang Kiky. Ternyata idola-idola KPop ini bisa membangun silaturahmi antar fans ya.

Penggemar Kang Daniel gak harus seorang penikmat Produce 101 rupanya. "Aku gak ngikutin dari awal dari zaman Produce. Aku suka sifatnya dia di variety show, yang receh, kaya anak kecil, terus baik dan ramah sama semua orang," ungkap Mega yang biasnya Kang Daniel.

8. Gak semua yang datang fans berat Daniel. Ada juga yang sekadar menemani sahabat mereka

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

Dinda, Rere, Fizha, dan Ami juga mahasiswi dari kampus yang sama, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walau kompak datang berempat, ternyata gak semua dari mereka merupakan penggemar Wanna One.

Dinda lebih suka EXO, sementara Ami lebih senang mendengarkan GOT7. Tapi perbedaan ini gak memecah belah persahabatan mereka. Malah dengan senang hati keduanya menemani Rere dan Fizha yang fans berat Daniel.

Ini merupakan cafe event yang pertama dihadiri mereka. "Seneng sih, seneng bisa kumpul-kumpul sama semuanya (fans Wanna One) jadi gak merasa sendiri lagi!" ujar Rere bersemangat. 

9. Penggemar Daniel tak terbatas pada mahasiswa atau wanita dewasa saja. Ada juga fans anak-anak

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

Pengunjung cafe event ini tak terbatas pada orang dewasa saja. Ada juga Vivi yang baru berusia 11 tahun. Ia datang bersama sang kakak Roshida dan sang teman Jihanul, keduanya sudah bekerja. 

Vivi yang baru kelas 5 SD suka sekali dengan Kang Daniel. Walau di sekolahnya lebih banyak fans BTS, namun ia tetap lebih memilih Kang Daniel. "Soalnya ganteng," jawabnya polos. Roshida bercerita kalau adiknya itu memang suka ikut-ikut menonton Kang Daniel bersamanya. 

Mereka mengaku senang saat hadir ke event ini. "Banyak foto-fotonya Daniel asik buat selfie." Bakat, kegagahan, dan lucunya Kang Daniel membuat para karyawati swasta ini mendukung dirinya. "Sebelumnya pernah ikut acara gathering gitu sih. Biasanya lebih banyak gamesnya, ada rundownnya gitu. Kalau cafe event ini lebih bebas," lanjut Jihanul.

10. Cara mengekspresikan hobi dan mengapresiasi idola secara sehat

10 Foto Serunya KPop Cafe Event Perayaan Ultah Kang Daniel di SurabayaIDN Times/Triadanti

Ini bukan cafe event pertama yang KPop Cafe SBY prakarsai. Sebelumnya mereka bahkan pernah menggabungkan dua fandom: Wanna One dan Seventeen dalam satu event. Tujuannya adalah mempersatukan para fans KPop di Surabaya.

Untuk dekorasi dan pernak-pernik yang dipamerkan, semua merupakan properti pribadi dari panitia cafe event tersebut. "Beberapa merchandise dan poster ini dari foto fansite Kang Daniel. Kita minta izin langsung dengan mereka. Selama gak diperjualbelikan mereka mendukung," tutur Sinta.

Menggelar acara ini memicu kreativitas, team work, dan juga mengasah kemampuan management para panitia. Walau dipicu hobi dan menjadi kegiatan non-profit, namun acara ini gak hanya memberi kepuasan batin para panitia tetapi juga memberi pengalaman berharga yang bisa dipakai untuk bekal di dunia kerja. 

Baca Juga: [INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Just For You