Comscore Tracker

5 Artis Internasional yang Pernah Dituduh Terkait Kasus Bullying

Semoga insiden yang sama tak akan terulang kembali

Kasus bullying alias perundungan semakin diperhatikan dewasa ini. Banyak artis internasional yang mulai terbuka dengan masa lalu mereka sebagai korban penindasan.

Namun, ada pula sejumlah artis yang namanya dikaitkan dengan kasus bullying. Jake Paul hingga Rihanna, inilah 5 artis dunia yang pernah dituduh melakukan bullying.

1. Jake Paul ramai dituduh tukang bully semasa SMA. Mantan rekan YouTuber pun ada yang merasa ditindas

5 Artis Internasional yang Pernah Dituduh Terkait Kasus Bullying

Kesuksesannya sebagai YouTuber membuat popularitas Jake Paul melejit di tahun 2017-an. Meski begitu, desas-desus tentang masa lalunya juga santer tersiar.

Bruno Bush, seorang mantan rekan satu sekolahnya saat SMA di Ohio, mengaku mengalami penindasan oleh Jake Paul. Tak berhenti sampai di situ, sejumlah mantan murid lain juga memberi kesaksian senada bahwa Jake merupakan seorang pembully. 

Selain itu, duo YouTuber The Martinez Twins juga mengaku telah mengalami bullying selama bergabung dengan agensi Logan Paul tersebut. Pada November 2017, Logan mengeluarkan permintaan maaf terkait kasus tersebut.

2. Lea Michelle, bintang serial Glee dituduh rasis dan menindas rekan aktris keturunan Afrika Amerika

5 Artis Internasional yang Pernah Dituduh Terkait Kasus Bullying

Bulan lalu, Samantha Marie Ware, co-star Lea Michelle di serial Glee mengungkapkan penindasan yang dilakukan sang bintang utama terhadapnya. Samantha membalas cuitan Lea tentang isu Black Lives Matter dengan kenangan buruknya saat berbagi layar dengan Lea Michelle.

"APA KAU LUPA SAAT MEMBUAT JOB TELEVISI PERTAMAKU SEPERTI NERAKA? AKU TAK AKAN LUPA. KAU BILANG KE SEMUA ORANG BAHWA JIKA ADA KESEMPATAN, KAU AKAN "BERAK DI WIG-KU" SELAIN SERANGAN-SERANGAN KECIL LAIN YANG MEMBUATKU MEMPERTANYAKAN KARIERKU DI HOLLYWOOD" 

Sejumlah mantan aktor Glee lainnya kemudian menunjukkan support atau ikut bersaksi atas sikap buruk Lea Michelle. Reaksi Alex Newell, Amber Riley, dan Dabier seolah mengonfirmasi tuduhan Samantha tersebut. Pada 2016, Naya Rivera pun sempat menyinggung perangai Lea Michelle dalam bukunya Sorry, Not Sorry.

Pada 3 Juni, dua hari setelah tuduhan itu beredar, Lea Michelle menulis permintaan maaf di sosial medianya namun tanpa menyebut spesifik nama Samatha Ware. 

3. Jeffree Star disebut sebagai seorang rasis dan tukang bully oleh mantan sahabatnya, Kat Von D

5 Artis Internasional yang Pernah Dituduh Terkait Kasus Bullying

Nama Jeffree Star dan drama di kalangan YouTuber rasanya sulit untuk dipisahkan. Beauty influencer ini lekat dengan citra sensasional. Pada 2016, Kat Von D, mantan sahabat dekat Jeffree mengungkap tuduhan terhadap sang MUA kondang.

“Setelah bertahun-tahun memaafkan dan memaklumi perilaku tidak benar Jeffree (termasuk mempromosikan penyalahgunaan narkoba, rasisme, dan bullying) aku tidak bisa tinggal diam lagi," tulisnya dalam pernyataan di Facebook officialnya.

Jeffree kemudian membuat video tanggapan yang membantah semua tuduhan Kat Von D tersebut. Meski begitu ia masih sering terlibat perseteruan dengan sejumlah influencer atau publik figur lainnya.

Baca Juga: Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus Bullying

4. Rihanna dituduh memicu cyber bullying terhadap salah satu penggemar remajanya

5 Artis Internasional yang Pernah Dituduh Terkait Kasus Bullying

Pada 2014 Rihanna menjadi sorotan atas responsnya terhadap seorang fans muda. Alexis Carter, fans berat Rihanna asal Baltimore membuat prom dress yang terinspirasi dari salah satu kostumnya. 

Namun, alih-alih merasa tersanjung, Rihanna justru terkesan mengolok-olok karya gadis 16 tahun tersebut. Ketika sejumlah orang mengejek baju buatan Alexis dengan hashtag #prombat, Rihana justru ikut-ikutan membandingkannya dengan meme.

Tak pelak gadis tersebut semakin diserang dan mengalami cyber bullying. Kepada Fox Baltimore, Alexis mengaku kecewa dan berhenti mengidolakan Rihanna. Selain insiden ini, Riri juga pernah beberapa kali dituduh melakukan cyber bullying dengan menghina penampilan fisik fans. Sang diva sendiri tak mengeluarkan pernyataan lanjutan mengenai hal ini.

5. Salman Khan dituduh punya andil atas kepergian Sushant Singh Rajput

5 Artis Internasional yang Pernah Dituduh Terkait Kasus Bullying

Yang masih hangat adalah kasus bunuh diri yang menimpa Sushant Singh Rajput. Kepergian tragisnya ini menghebohkan masyarakat dan fans. 

Banyak yang menuduh bintang-bintang besar seperti Salman Khan, Karan Johar, dan lain-lain secara tidak langsung telah mengucilkan dan berperan dalam kepergian sang aktor. Salman dan keluarga Khan misalnya, dianggap tidak supportif terhadap Rajput dan membuatnya terpuruk. 

Walau dihujani tuduhan seperti ini, Salman Khan tetap meminta fans-nya berdamai dengan fans Sushant. Ia juga berharap fans menghormati serta mendukung keluarga Sushant Singh Rajput yang sedang menghadapi rasa kehilangan yang amat sangat. 

Itu dia lima artis internasional yang pernah dituduh terkait kasus bullying. Semoga kejadian serupa tak akan terjadi lagi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Tegar, 10 Artis Internasional yang Pernah Jadi Korban Bullying

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya