Comscore Tracker

7 Nasihat Vino G. Bastian agar Millennials Indonesia Sukses & Bahagia

Sarjana teknik kimia yang sukses geluti dunia akting!

Nama Vino G. Bastian sudah melanglang buana cukup lama di dunia akting tanah air. Sudah 15 tahun, putra mendiang Bastian Tito ini ikut membangun industri perfilman Indonesia. Berbagai prestasi di dunia seni peran telah dikantongi ayah anak satu ini.

IDN Times dapat kesempatan ngobrol santai dengan sang pemeran Wiro Sableng ini. Sebagai salah satu millennials senior yang telah berhasil, tentu Vino punya banyak nasihat yang bisa dijadikan inspirasi dan pelajaran generasi muda lainnya.

Yuk kita simak bersama jawaban Vino atas pertanyaan IDN Times dalam rangkaian Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019. 

1. Idealis mengejar mimpi boleh, tapi jangan lupa manajemen waktu. Seimbangkan antara karier & keluarga!

7 Nasihat Vino G. Bastian agar Millennials Indonesia Sukses & BahagiaIDN Times/Kevin Handoko

Salah satu problem terbesar yang sering diabaikan oleh millennials adalah manajemen waktu. Millennials sedang ada di usia yang masih sangat idealis dan ambisius. Namun, Vino mengingatkan bahwa kita, kaum muda, gak boleh semena-mena dalam memanfaatkan harta paling berharga yaitu waktu.

"Sebenernya yang paling penting adalah untuk karier itu justru manajemen waktu, karena kalau kita gak bisa melakukannya, tak hanya akting dan keluarga aja, karier ke depannya juga pasti akan buyar," kata ayah anak satu tersebut. "Yang pertama, harus balance antara keluarga dan juga karier."

Vino menyadari bahwa millennials biasanya masih idealis dan sayangnya kerap kali lupa untuk berpikir realistis. "Jadi, buat saya idealis dan realistis harus tetap balance. Contohnya bagi saya dalam satu tahun gak terlalu ambisius untuk mengambil (tawaran) film dengan kuantitas yang banyak, tapi saya justru memikirkan kualitasnya."

Ia mengaku lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas dalam membangun karier. Vino menghindari peran yang mirip-mirip atau gak memberi tantangan baru. Secara tidak langsung, manajemen waktu ini membantu manajemen kariernya juga.

"Nah, gimana pun keluarga adalah yang paling penting. Saya punya prinsip, saya ini berkarier bukan cuma untuk diri sendiri, tapi juga untuk keluarga. Tapi, kalau saya sampai gak punya waktu untuk keluarga, itu juga berbahaya sih," kata suami Marsha Timothy ini.

2. Mengejar cita-cita harus fokus! Vino aja rela meninggalkan bisnis kimianya demi konsentrasi di karier akting

7 Nasihat Vino G. Bastian agar Millennials Indonesia Sukses & BahagiaIDN Times/Ramadani Barus

Selain itu, kita juga sering mudah teralihkan dengan banyaknya cita-cita dan harapan. Wajar sih, jika di usia muda kita penuh semangat dan ingin memiliki sebanyak mungkin pencapaian. Tetapi pesan Vino, kita harus fokus pada bakat dan tujuan demi hasil yang optimal!

"Sebenarnya saya pernah punya bisnis. Karena saya dulu kuliah teknik kimia, jadi saya dan kakak punya semacam agent commisioner yang memasukkan bahan-bahan mentah untuk industri gas, karena memang bidang saya di situ," ungkap pemenang Piala Citra tahun 2008 tersebut.

"Tapi selama menjalankannya, karena entertainment dan industri adalah dua bidang yang sangat berbeda, saya jadi gak fokus. Ketidakfokusan ini justru malah menghambat dua-duanya." tutur Vino.

Ia pun mengambil keputusan besar yang butuh keberanian. Vino melepas pekerjaan berdasarkan disiplin ilmu kuliahnya itu demi fokus di film. Tetapi, ia juga gigih dan ulet dalam bidang tersebut sampai akhirnya menghasilkan prestasi.

"Karier saya lebih bagus, saya lebih bisa berprestasi di sini. Selain itu, manajemen waktu saya sama keluarga juga lebih gampang. Saya gak menjadi orang yang hidup untuk diri saya sendiri. Jadi, sebenernya memilih yang mana prioritas kita itu penting banget."

3. Millennials harus sudah memetakan goals jangka panjang, bahkan sejak usia muda

7 Nasihat Vino G. Bastian agar Millennials Indonesia Sukses & BahagiaIDN Times/Ramadani Barus

Menurut Vino, ada banyak millennials yang punya banyak cita-cita, ambisi, namun menyepelekan perencanaan masa depan atau goals jangka panjang. "Dengan pikiran alah masih muda, masih banyak waktu kita kerap terlena." Vino juga mengingatkan pentingnya hal ini dengan menjadikan dirinya contoh.

Vino menekankan bahwa millennials juga harus punya mimpi jangka pendek dan jangka panjang. "Mimpi jangka pendek gampang banget. Setiap pekerjaan dan apa pun yang kita lakukan, kita harus bener-bener total. Kita harus bisa memberikan sesuatu, bukan cuma untuk diri kita sendiri, tapi untuk orang lain," ujarnya penuh semangat.

"Misalnya, kalau kita main film terus, tetapi gak bisa menghibur orang lain atau memberikan pengalaman baru buat generasi di bawah kita, ya akhirnya kita tidak menjadi apa-apa," lanjut Vino. "Tetapi kalau kita fokus di jangka pendek melulu, terlalu berambisi untuk pekerjaan saat ini doang dan tidak punya planning, untuk 'mau berkembang jadi apa kita ke depannya'? Ya akhirnya kita gak maju-maju, di situ terus."

IDN Times sempat menanyakan soal di mana Vino melihat dirinya 10 tahun di masa depan.

"Saya sebenernya ingin memproduksi film sendiri. Dan ini saya pelajari dari wujud pengalaman saya selama ini, dari jatuh bangunnya saya di industri film." Tentu ada banyak orang yang menawari kesempatan short-cut bagi Vino. Mengajaknya jadi produser atau sutradara, namun hanya karena popularitasnya begitu menjual. Hal yang seperti itu ia hindari.

"Nah, jadi dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan, saya akan mulai belajar ke belakang layar sebagai asisten produser. Di beberapa film sebelumnya saya sudah mulai membantu menulis naskah. Saya juga sudah membantu gimana sih manajemen produksi yang benar untuk sebuah film."

Mencapai cita-cita karena sudah menempa diri, bukan melalui jalan pintas, adalah jalan yang Vino G Bastian tempuh. "Nah, suatu hari nanti kalau ternyata memang ada jalan dan rezekinya, saya ingin sudah punya film sendiri. Bukan saya yang main, bukan saya yang menyutradarai, tapi saya yang memproduksinya. Karena bisa memproduksi film bukan cuma menghasilkan karya tapi juga bisa menggaet teman-teman untuk bekerja. Jadi membuka lapangan kerja lebih luas lagi."

Baca Juga: Ayah Idaman, 10 Potret Vino G Bastian dan Putri Imutnya

4. Millennials berperan besar dalam masa depan tanah air. Kita harus mau mencari tahu tentang politik dan perkembangan negara sendiri

7 Nasihat Vino G. Bastian agar Millennials Indonesia Sukses & BahagiaIDN Times/Reza Iqbal

Banyak banget anak muda masa kini yang seolah menutup mata terhadap perkembangan sosial politik tanah air. Bahkan di tahun politik seperti sekarang ini, tak sedikit yang memilih golput, karena merasa gak paham atau bahkan yakin suaranya gak berpengaruh dalam pemilu. Vino menyebut pentingnya bagi kita, para pemilih muda, untuk gak malas mengamati perkembangan negeri.

"Saya selalu ngikutin berita perkembangan sosial politik saat ini. Karena gimana pun kita harus tahu, sih. Apa pun pilihannya nanti yang jelas kalau buat gue pribadi jangan golput! Karena suara lo sangat berpengaruh banget bakal seperti apa Indonesia ke depannya" ujar pemenang penghargaan Indonesian Movie Actors Awards 2018 tersebut.

Selain itu dia juga mengingatkan millennials tanah air untuk tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan di atas perbedaan pilihan politik. Ini hal yang sering dilupakan saat sedang larut dalam euforia pesta politik, seperti momen Pilpres 2019.

Vino juga pengen anak muda Indonesia lebih kritis dalam mengolah informasi yang masuk. "Ketika saya mencari sebuah berita di dunia maya, saya pilih akun-akun yang bener-bener verified. Bukan akun bodong. Bukan akun buzzer. Bukan akun yang punya kepentingan masing-masing," terang pria 36 tahun itu.

Selain itu, menurutnya kita juga harus mau berpikiran terbuka dan melihat segalanya dari dua sisi alias tidak fanatis. "Saya pun punya pilihan. Tapi saya bukan tipe orang yang ketika punya pilihan A, yang saya kejar adalah berita si A terus karena gak akan fair. Saya gak akan menjadi pendukung yang fanatis dan pakai kacamata kuda. Saya harus lihat dari sisi lain juga biar seimbang."

5. Sebagai generasi muda Indonesia, kita harus ingat tujuan bersama dan tidak egois

7 Nasihat Vino G. Bastian agar Millennials Indonesia Sukses & BahagiaIDN Times/Reza Iqbal

Vino menyadari ada masalah di negeri ini. Salah satunya adalah rakyat yang mulai mudah terpecah belah dan tidak satu tujuan.

"Sebetulnya yang udah mulai kita lupakan itu akarnya. Kita itu hidup di Indonesia, tetapi kita lupa tujuan kita apa. Tujuan kita kan sebenernya untuk Indonesia yang lebih baik, untuk Indonesia yang bisa berkembang, yang bisa maju. Tetapi apa yang kita lakukan? Kita selalu ingin menjadi orang yang paling benar. Kita selalu ingin menjadi orang yang paling baik," keluhnya.

"Buat gue itu salah. Jadi lo mau maju, tapi lo mau maju sendiri. Lo gak mau maju bareng-bareng, itu yang paling bahaya sih."

6. Meski begitu, Vino G. Bastian optimis kalau generasi muda Indonesia bisa melewati rintangan & memajukan bangsa

7 Nasihat Vino G. Bastian agar Millennials Indonesia Sukses & BahagiaIDN Times/Reza Iqbal

Walau masih jauh dari impian sebagai negara maju, namun Vino tetap optimis bahwa negara dan generasi muda kita bisa melewati rintangan yang ada. "Gue percaya untuk naik level pasti ada ujian yang lebih berat lagi. Indonesia sekarang lagi diuji untuk masuk ke level yang lebih tinggi. Karena Indonesia suatu bangsa yang potensial banget untuk hal apa pun."

Indonesia adalah negara yang punya begitu banyak potensi. Baik dari bidang perdagangan, ekonomi, budaya, dan masih banyak lagi. Menurut Vino, ini sebetulnya menjadi incaran negara-negara lain yang punya kepentingan berbeda-beda.

"Nah, siapa yang bisa menjaga ini? Kita sendiri. Kenapa harus optimis? Karena lo hidup di Indonesia. Kalau lo mau hidup lebih baik, lo harus menjaga lingkungan lo sendiri. Lo harus menjaga ekosistem lo sendiri. Kalau lo hidup di negara yang hancur, mau jadi apa pun juga gak akan berhasil," Vino tampak berapi-api.

"Jadi lo harus jaga semuanya, bukan cuma untuk kepentingan lo sendiri. Lo jadi orang baik di antara orang-orang buruk gak akan menjadi sesuatu juga."

7. Bersatu kita teguh! Jika kita bisa kompak dalam kebaikan demi bangsa, Indonesia maju bukan lagi impian

7 Nasihat Vino G. Bastian agar Millennials Indonesia Sukses & BahagiaIDN Times/Kevin Handoko

Mungkin terdengar klise, namun Vino yakin apabila rakyat Indonesia, terutama para generasi muda, bisa mempertahankan persatuan dan kompak dalam melakukan perbaikan, bukan mustahil negara kita menjadi negara maju di masa depan. Memang masih butuh usaha besar, tetapi semua usaha itu akan membuahkan hasil nyata jika dilakukan secara bersama-sama dan saling menjaga.

Itulah tadi tujuh nasihat Vino G. Bastian untuk Millennials Indonesia demi hidup yang sukses dan bahagia. Banyak hal yang sering kita anggap sepele, namun ternyata berperan besar ya dalam kehidupan ini. Yuk, mulai dari sekarang kita berubah menuju kebaikan dan kemajuan, bersama-sama demi masa depan Indonesia yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 10 Destinasi Seru Liburan Vino G. Bastian di Jepang, Unik Banget!

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada tanggal 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta.  IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.  Ajang millennial terbesar di tanah air ini akan dihadiri oleh 1.500-an pemimpin millenial.

Dalam IMS 2019, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019.  Survei ini dikerjakan bersama oleh IDN Research Institute bekerjasama dengan Alvara Research Center.  Melalui survei yang melibatkan 1400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia. 

Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs kami ya. Kamu tertarik juga ingin ikut berpartisipasi dalam IMS 2019? Klik situs ims.idntimes.com untuk mendapatkan tiketnya. Buruan, tiket terbatas!

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo
  • Ita Lismawati F Malau
  • Edwin Fajerial

Just For You