Comscore Tracker

Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus Bullying

Skandal bullying dunia hiburan Korea telah ada sejak 90-an

Jagat KPop sempat terguncang beberapa waktu terakhir dengan terungkapnya skandal bullying dalam girl group AOA. Kwon Mina, mantan personel grup tersebut mengaku pernah mengalami perundungan oleh sang leader, Shin Jimin.

Isu seperti ini bukan yang pertama kalinya terjadi di dunia hiburan Korea Selatan. Inilah 7 nama artis Korea yang pernah dikabarkan tersangkut kasus bullying

1. Shin Jimin keluar dari AOA menyusul tuduhan bullying yang dilakukan terhadap Kwon Mina

Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus BullyingInstagram.com/jiminbaby_18

Menyusul tuduhan Kwon Mina yang mengaku pernah ditindas olehnya, Shin Jimin sempat menulis Instagram Story bertuliskan "FIKSI". Netizen pun menangkap bahwa Jimin menyindir Mina berbohong (fiksi). Story itu tak lama kemudian dihapus.

Namun, pengakuan Kwon Mina justru semakin frontal. Ia pun membeberkan sejumlah detail dan bukti atas skandal tersebut. Diketahui Jimin beserta para member dan manajer AOA akhirnya bertemu langsung dengan Mina. Walau sempat adu argumen keduanya dikabarkan telah mencapai kesepakatan.

Jimin kemudian menulis permintaan maaf di sosial media. Pada 4 Juli, FNC selaku agensi AOA menyatakan keputusan Shin Jimin untuk mundur dari grup yang membesarkan namanya tersebut. Ia juga akan menghentikan kegiatannya di industri hiburan untuk sementara waktu.

2. Cha Joo Hyuk alias Kangho eks Coed School memiliki masa lalu kelam dan terlibat skandal bullying

Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus Bullyingdok. Core Contents Media

Debut bersama grup Coed School di tahun 2010 sebagai Kangho, Cha Joo Hyuk terus diterpa isu tak sedap. Ia dikabarkan terlibat dengan sejumlah kegiatan ilegal seperti bullying, merokok, minum, mengunjungi tempat hiburan malam, bahkan melakukan kekerasan seksual semasa sekolah.

Rentetan skandal ini membuatnya dicopot dari grup tersebut. Tak berhenti sampai di situ, Cha Joo Hyuk kembali bermasalah dengan hukum di tahun 2018. Ia ditangkap atas kepemilikan obat terlarang. Masih di tahun yang sama, ia kembali ditangkap atas tuduhan menyebabkan keonaran dan mengonsumsi narkoba.  

3. Som Hein, kontestan Mnet Idol School mengakui kesalahannya semasa SMA

Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus BullyingInstagram.com/somgodld

Sempat jadi salah satu trainee paling dijagokan di survival show Idol School, langkah Som Hein harus terhenti lantaran tuduhan bullying yang dilakukannya semasa SMA. Seorang mantan rekan satu sekolahnya menuliskan detail kekerasan fisik yang pernah Som Hein lakukan terhadapnya.

Tak menampik tuduhan ini, Som Hein mengeluarkan permintaan maaf resmi atas kesalahannya di masa lalu. Ia mengaku sangat menyesal karena hal tersebut. Ditambah penyakit anoreksia yang dideritanya, Hein pun mundur dari program Idol School.

Baca Juga: Terus Bangkit, 7 Artis Korea ini Pernah Menjadi Korban Bullying

4. Yoo Young-hyun, keyboardist band Jannabi keluar dari grupnya menyusul terungkapnya masa lalunya sebagai iljin

Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus BullyingInstagram.com/bandjannabi

Tuduhan sebagai iljin alias tukang bully juga pernah menerpa musisi Yoo Young-hyun. Seorang mantan murid satu sekolahnya mengaku ditindas begitu parah sehingga harus pindah sekolah dan menjalani terapi mental. 

Keyboardist band sukses Jannabi ini pun mengakui kesalahannya, merasa menyesal, dan meminta maaf atas dosa masa lalunya tersebut. Menyusul permintaan maaf itu, Yoo Young-hyun juga menyatakan keluar dari Jannabi.

5. Kasus perundungan Seo Jiyoung terhadap Lee Jihye memicu bubarnya grup S#arp di era 90-an

Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus BullyingBerbagai Sumber

Siapa bilang kasus bullying di industri hiburan Korea Selatan hanya terjadi baru-baru saja? Di era 90-an ada skandal bullying heboh yang dialami Lee Jihye anggota grup musik S#arp. Seo Jiyoung, member sekaligus anak dari pemilik agensi yang membentuk S#arp dituduh telah melakukan penindasan terhadap Jihye.

Yang mengerikan, Seo Jiyoung bahkan diduga mengajak ibu dan kekasihnya untuk ikut menindas Lee Jihye. Grup tersebut akhirnya bubar di tahun 2002. Seo Jiyoung konon sempat berusaha membayar uang tutup mulut untuk manajer S#arp, namun sang manajer akhirnya mengungkapkan skandal dramatis itu kepada media.

6. Hyolyn eks SISTAR mencapai kesepakatan damai dengan seorang perempuan yang mengaku pernah ditindas olehnya semasa SMP

Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus BullyingInstagram.com/xhyolynx

Tahun lalu, Hyolin eks SISTAR juga dituduh terlibat kasus bullying semasa SMP. Seorang perempuan mengaku pernah menjadi korban penindasan oleh bintang KPop tersebut. Begitu parahnya, bullying tersebut disebut melukai kesehatan mentalnya dan masih menghantuinya walau 15 tahun telah berlalu.

Hyolin dan pihak agensi awalnya menampik dan berniat membawa tuduhan ini ke pengadilan. Mantan pentolan SISTAR itu kemudian bertemu langsung dengan perempuan tersebut. Akhirnya menurut agensi, keduanya telah mencapai kesepakatan untuk berdamai. 

7. Yoon Seobin meninggalkan Produce X 101 dan JYP Entertainment setelah tuduhan sebagai bully menyeruak

Shock, 7 Artis Korea yang Pernah Dikabarkan Terlibat Kasus Bullyingdok. MNet

Tahun lalu, nama Yoon Seobin jadi salah satu trainee unggulan di Produce X 101. Sayangnya, belum juga episode kedua tayang, namanya sudah tercoreng dengan tuduhan sebagai iljin semasa sekolah. 

Foto-foto masa lalu Yoon Seobin yang sudah merokok dan minum alkohol walau masih di bawah umur pun terungkap. Hal ini menyebabkan kontraknya dengan JYP Entertainment diputus. Ia pun harus mundur dari Produce X 101 walau hasil voting-nya sangat tinggi. Yoon Seobin sendiri menulis tangan surat permintaan maaf dan mengaku menyesal untuk menanggapi isu yang menerpanya.

Itu dia 7 artis Korea yang pernah dikabarkan tersangkut kasus bullying. Masalah bullying memang isu penting yang harus jadi perhatian masyarakat. Hindari tindakan tak terpuji ini kalau tak mau kariermu di masa depan terpengaruh ya, guys!

Baca Juga: Kronologi Keluarnya Jimin AOA dan Skandal Bullying Terhadap Kwon Mina

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya