Comscore Tracker

[BREAKING] Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch Meninggal Dunia di Usia 95

Gene Deitch juga sutradara kartun Popeye

Sutradara dan animator Amerika Serikat, Gene Deitch meninggal dunia di usia 95 tahun di Praha, Ceko. Gene merupakan sutradara serial Tom and Jerry era 60-an. 

Ia meninggal dunia di apartemennya pada Kamis (16/4) waktu setempat. Semasa hidup, Gene telah menyabet sejumlah penghargaan bergengsi. Salah satunya Piala Oscar 1964 untuk Film Animasi Pendek Terbaik dengan Munro.

1. Gene Deitch mengawali karier di bidang penerbangan sebelum akhirnya menjadi ilustrator

[BREAKING] Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch Meninggal Dunia di Usia 95Vit Simanek/AP via Chicagotribune.com

Gene Deitch lahir di Chicago pada 8 Agustus 1924 dan kemudian tumbuh besar di California. Usai lulus SMA di Hollywood, Los Angeles ia pun bekerja untuk perusahaan penerbangan North American Aviation dengan menggambar cetak biru pesawat. 

Ia sempat menjalani pelatihan pilot namun harus berhenti akibat menderita pneumonia. Ia pun melanjutkan kariernya sebagai ilustrator cover majalah dan audio engineer.

2. Gene Deitch sutradara dan animator yang pernah menghidupkan serial Tom and Jerry serta Popeye di era 60-an

[BREAKING] Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch Meninggal Dunia di Usia 95dok. MGM Pictures

Setelah magang di United Productions of America pada 1955, kariernya sebagai animator pun mulai menanjak. Pada 1959 ia terbang ke Ceko untuk menyutradarai film animasi Munro yang membawanya menjuarai Piala Oscar 1964. 

Pada tahun 1960 sampai 1963, Gene Deitch berkolaborasi dengan Rembrandt Films untuk menyutradarai serial animasi Popeye. Selain itu ia juga mencapai kesuksesan sebagai sutradara serial animasi Tom and Jerry dari tahun 1962 hingga 1963. 

3. Ia menikah dan menetap di Ceko hingga akhir hayatnya

[BREAKING] Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch Meninggal Dunia di Usia 95Cartoonbrew.com

Saat mengerjakan proyek film animasi Munro yang memenangkan Oscar, Gene Deitch sebenanrya hanya berniat berada di Ceko selama 10 hari. Namun, ia pun menemukan cinta sejatinya dalam sosok Zdenka Najmanová dan akhirnya menetap di sana hingga akhir hayatnya.

Gene Deitch juga sudah dua kali dinominasikan di ajang Oscar untuk kategori serupa lewat filmnya Here's Nudnik dan How to Avoid Friendship. Pada 2004 ia menerima Winsor McCay Award untuk kontribusi besarnya di dunia animasi. Selamat jalan Gene Deitch, karyamu akan selalu dikenang. 

Baca Juga: 78 Tahun Tom and Jerry: 12 Fakta Unik yang Banyak Orang Gak Tahu

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya