Comscore Tracker

[EKSKLUSIF] 7 Fakta Adikara Fardy, Penyanyi Baru Bersuara Jazzy & Adem

Adikara Fardy merilis single terbaru ciptaan Lale Ilman Nino

Adikara Fardy adalah salah satu wajah baru yang siap mewarnai dunia musik Indonesia. Berbekal suara dalam nan merdunya, cowok kelahiran 2000 ini siap menghibur masyarakat dengan tembang pop jazz andalannya.

Dika, panggilan akrabnya, mengunjungi kantor IDN Times dan membagikan kisah dan inspirasinya dalam bermusik. Yuk cari tahu bersama.

1. Adikara Fardy adalah salah satu penyanyi pendatang baru yang resmi debut Maret 2019 ini

[EKSKLUSIF] 7 Fakta Adikara Fardy, Penyanyi Baru Bersuara Jazzy & AdemIDN Times/Reza Iqbal

Mungkin belum banyak yang akrab dengan nama penyanyi yang satu ini. Wajar, sebab Adikara Fardy memang baru saja debut sebagai solois pada Maret 2019. Dengan warna suara yang sangat dipengaruhi musik jazz, Adikara bagaikan warna baru dalam dunia musik Indonesia saat ini.

Mahasiswa baru di Universitas Bina Nusantara ini merilis single pertama berjudul "Pesona Cinta" pada Maret lalu. Mendapat respons positif, cowok yang akrab disapa Dika ini pun kembali meluncurkan single kedua bertajuk "Kisah Tanpa Pisah" pada 20 September 2019.

2. Walau baru debut tahun ini, tetapi karier sebagai musisi sebenarnya telah dimulai sejak Melly Goeslaw menemukan bakatnya

[EKSKLUSIF] 7 Fakta Adikara Fardy, Penyanyi Baru Bersuara Jazzy & AdemIDN Times/Reza Iqbal

Meskipun baru resmi debut di tahun ini, karier menyanyi Dika telah dimulai sejak 2017. Ia ternyata merupakan sahabat Ale, putra Melly Goeslaw.

"Ya namanya aku hobi nyanyi, suatu hari kebetulan nyanyi di rumah Tante Melly. Terus tante bilang, 'Kamu bisa nyanyi ya! Kamu kapan-kapan nyanyi bareng aku yuk' gitu," kenangnya.

Melly Goeslaw memang dikenal kerap mengajak para musisi muda berbakat yang belum didebutkan untuk berkolaborasi. Alhasil ketika Adiraka sudah menginjak bangku SMA, ia pun jadi teman duet pencipta lagu ternama tersebut untuk lagu soundtrack "Eiffel I'm in Love 2" (2018).

3. Selain Melly Goeslaw, ia pun sudah berkolaborasi bareng Rendy Pandugo & Lale Ilman Nino

[EKSKLUSIF] 7 Fakta Adikara Fardy, Penyanyi Baru Bersuara Jazzy & AdemIDN Times/Reza Iqbal

Perlahan tapi pasti karier Adikara Fardy di industri musik mulai terbuka lebar. Pada awal 2019 ia berkolaborasi dengan Rendy Pandugo untuk menciptakan lagu perdananya "Pesona Cinta".

Uniknya, walau lagunya sukses bikin baper, tetapi Dika mengaku kalau lagu pertamanya ini gak terinspirasi dari pengalaman khusus. "Jadi saat bikin sama Rendy Pandugo itu kita lagi mengkhayal soal cinta galau-galau gitu. Pas aku workshop sama dia, dia lagi galau, aku pun lagi galau. Akhirnya terlahirlah Pesona Cinta," beber Dika.

Untuk single keduanyanya yang bertajuk "KisahTanpa Pisah", Adikara kembali ditemani musisi andal tanah air dalam menciptakan lagu. "Di sini aku berkolaborasi dengan Lale Ilman Nino, tiga orang yang sudah terkenal sebagai hits maker zaman sekarang." Trio Lale (Maliq & D'essentials), Ilman (Maliq & D'essentials), dan Nino (RAN) memang terkenal sebagai pencipta lagu populer masa kini.

Baca Juga: [Eksklusif] Cerita Riri Riza dari Anak Band Hingga Jadi Sutradara 

4. Michael Buble & Tulus adalah dua tokoh musisi yang paling menginspirasi cowok 19 tahun ini

[EKSKLUSIF] 7 Fakta Adikara Fardy, Penyanyi Baru Bersuara Jazzy & AdemIDN Times/Reza Iqbal

Sebagai musisi muda, tentu saja Adikara Fardy punya panutan yang menginspirasinya. Dari industri musik internasional sendiri, cowok 19 tahun ini mendapat pengaruh besar dari Michael Buble.

Kalau di tanah air, Dika sangat mengagumi sosok Tulus. "Aku sangat menghargai cara dia menjaga brand image-nya. Mulai dari album Sewindu sampai Labirin, dia jago banget menjaga image dari website, fansclub-nya, sampai kalendernya," tutur Dika.

Kepiawaian Tulus ini membuatnya terinspirasi untuk bisa membangun brand sebagus sang idola. "Waduh kalau misalnya suatu hari punya kesempatan berkolaborasi sama Tulus pasti diambil!"

5. Soal pengalaman paling berkesan selama menekuni dunia bermusik, Adikara Fardy mengenang penampilannya di Java Jazz 2018

[EKSKLUSIF] 7 Fakta Adikara Fardy, Penyanyi Baru Bersuara Jazzy & AdemIDN Times/Reza Iqbal

Walau masih tergolong baru di dunia musik, tetapi Adikara Fardy sudah punya pengalaman berkesan. Cowok bersuara bass ini sudah pernah tampil di ajang bergengsi Java Jazz 2018. Ini jadi pengalaman berharga yang selalu dikenangnya.

"Untuk saat ini, pengalaman yang gak bisa aku lupain adalah dapat panggung di Java Jazz 2018. Dan itu posisinya aku belum punya single, dan itu berkesan banget buat aku sih," kisahnya dengan wajah berbinar.

Berbekal kemampuannya menyanyikan lagu pop jazz, Adikara membawakan lagu-lagu hits seperti "L-O-V-E" dan "Fly Me to The Moon" di panggung Java Jazz tahun lalu.

6. Rencananya ia akan terus konsisten merilis single demi single bernuansa pop jazz yang bakal disukai millennials Indonesia

[EKSKLUSIF] 7 Fakta Adikara Fardy, Penyanyi Baru Bersuara Jazzy & AdemIDN Times/Reza Iqbal

Soal rencana jangka pendek, penyanyi di bawah label Trinity Optima Production ini mendambakan album solonya sendiri. Meski begitu untuk waktu dekat, ia berencana merilis single demi single secara konsisten.

"Untuk sekarang fokus rilis single-single dulu sih. Mungkin nanti kalau sudah ngobrol sama pihak label juga, semoga suatu saat nanti bisa main ke IDN Times lagi untuk mempromosikan album aku."

Untuk jangka panjangnya, Adikara punya cita-cita merilis konser tunggalnya sendiri. "Tujuan aku buat bermusik aku pengen punya konser," baginya.

7. Single keduanya "Kisah Tanpa Pisah" bisa kamu dengerin di berbagai streaming platform & sudah ada MV-nya di YouTube!

[EKSKLUSIF] 7 Fakta Adikara Fardy, Penyanyi Baru Bersuara Jazzy & AdemIDN Times/Reza Iqbal

Bagi yang penasaran dengan suara merdu Adikara Fardy, cek deh lagu-lagunya di berbagai platform streaming musik. Selain itu kamu juga bisa tonton video klipnya di YouTube. Sukses terus ya Dika, semoga bisa semakin mewarnai dunia musik tanah air dengan bakatmu.

https://www.youtube.com/embed/IwpXuy7PyRw

Baca Juga: 10 Pesona Adikara, Rekan Duet Melly Goeslaw di Eiffel I'm In Love 2

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Just For You