Comscore Tracker

9 Film Netflix Original Paling Ramai di 2020, Calon Nominasi Oscars?

Action hingga romance, ini film Netflix terbaik di 2020

Selain menayangkan ribuan koleksi film dari berbagai belahan dunia, Netflix juga rutin memproduksi film original mereka sendiri. Begitu pula di tahun 2020 ini, ada sederet film original Netflix yang sukses meninggalkan kesan di benak penikmat film.

Bukan mustahil, beberapa di antaranya akan jadi nominasi Oscar 2021. Mulai dari genre action hingga romance, ini dia film Netflix original paling diperbincangkan selama 2020.

1. Extraction (2020)

https://www.youtube.com/embed/L6P3nI6VnlY

Sutradara: Sam Hargrave
Pemeran: Chris Hemsworth, Rudhraksh Jaiswal, Randeep Hooda

Chris Hemsworth kembali menggebrak skema film laga Hollywood lewat Extraction. Dalam film yang ditulis ole Joe Russo (Avengers: Endgame) ini, ia berperan sebagai tentara bayaran.

Tyler Rake (Hemsworth) harus bertaruh nyawa menyelamatkan Ovi Majahan, anak seorang drug lord paling ganas di India. Sayang, di tengah misi, timnya dikhianati sang bandar narkoba. Selain harus kabur dari penyandera dan polisi korup, ia juga harus berhadapan dengan lawan sepadan, Saju Rav (Hooda).

2. Da 5 Bloods (2020)

https://www.youtube.com/embed/D5RDTPfsLAI

Sutradara: Spike Lee
Pemeran: Chadwick Boseman, Delroy Lindo, Jonathan Majors

Film bertema Perang Vietnam ini berhasil menuai pujian dari kalangan penikmat film. Da 5 Bloods bercerita tentang empat tentara veteran Afrika-Amerika yang dulu bertugas di Vietnam. Bertahun-tahun kemudian, mereka kembali ke negara tersebut untuk menyelamatkan jasad pemimpin regu dan emas yang dilindungi olehnya.

Namun upaya keempatnya bukan tanpa rintangan. Hambatan berupa manusia hingga alam membuat kisah Da 5 Bloods semakin menarik diikuti. Ini juga merupakan film terakhir yang diperankan oleh Chadwick Boseman sebelum meninggal dunia pada 28 Agustus 2020.

3. The Old Guard (2020)

https://www.youtube.com/embed/aK-X2d0lJ_s

Sutradara: Gina Prince-Bythewood
Pemeran: Charlize Theron, KiKi Layne, Matthias Schoenaerts

Charlize Theron kembali memukau penonton dengan peran strong independent woman di film The Old Guard. Film superhero ini diangkat dari komik karya Greg Rucka. 

The Old Guard menceritakan sekelompok tentara spesial yang ternyata memiliki kemampuan regenerasi luar biasa. Tak bisa mati, selama beratus-ratus tahun keempatnya mengelilingi dunia untuk menolong yang membutuhkan. Namun, suatu hari kekuatan mereka menarik perhatian yang tak diinginkan. Penuh adegan aksi seru, The Old Guard menarik untuk disimak.

 

4. The Half of It (2020)

https://www.youtube.com/embed/B-yhF7IScUE

Sutradara: Alice Wu
Pemeran: Leah Lewis, Daniel Diemer, Alexxis Lemire

Para penggemar genre romance juga gak akan kecewa tahun ini. The Half of It berhasil mencuri perhatian penonton dengan kisah cinta remaja yang berbeda. Film ini menceritakan tentang Ellie Chu, seorang gadis penyendiri.

Pada suatu hari, ia dimintai tolong oleh Paul Munsky, si atlet futbol untuk menulis surat cinta bagi Aster Flores. Kisah mereka pun berlanjut jadi perjalanan kehidupan remaja yang menyentuh hati penonton. Film ini merupakan adaptasi modern dari naskah drama klasik, Cyrano de Bergerac.

5. I'm Thinking of Ending Things (2020)

https://www.youtube.com/embed/cDTg62vsV4U

Sutradara: Charlie Kaufman
Pemeran: Jessie Buckley, Jesse Plemons, Toni Collette 

I'm Thinking of Ending Things diangkat dari novel berjudul serupa karya Iain Reid. Film bergenre horor psikologi ini menuai pujian dari para kritikus karena plotnya yang cerdas dan mengobrak-abik perasaan penonton.

I'm Thinking of Ending Things bercerita tentang seorang perempuan tanpa nama yang sedang mengunjungi kediaman keluarga sang kekasih. Seiring berjalannya cerita, dua sejoli ini menyadari bahwa mungkin tak segalanya dalam kehidupan ini nyata. Plot yang menarik ini berpotensi bikin kamu mind-blown.

 

Baca Juga: Lagi Ngehits, 7 Kelebihan Alice in Borderland yang Bikin Wajib Nonton

6. The Devil All the Time (2020)

https://www.youtube.com/embed/EIzazUv2gtI

Sutradara:  Antonio Campos
Pemeran:  Tom Holland, Bill Skarsgård, Robert Pattinson

Film thriller psikologi yang satu ini juga berhasil merebut perhatian. Selain ceritanya yang membangkitkan minat penonton, The Devil All the Time bertaburan bintang-bintang top Hollywood masa kini. Tom Holland, Bill Skarsgård, hingga Robert Pattinson ada dalam jajaran cast.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Donald Ray Pollock. The Devil All the Time bercerita tentang sebuah kota kecil di Amerika yang penuh dengan manipulasi dan korupsi. Bagaimana seorang pemuda bisa melindungi orang-orang terkasihnya di kota penuh kekejian ini?

 

7. American Murder: The Family Next Door (2020)

https://www.youtube.com/embed/ep8iKiQNSrY

Sutradara: Jenny Popplewell

Film bagus gak harus fiksi doang lho! Tak sedikit film dokumenter Netflix yang berhasil mengguncang hati penonton. Salah satunya American Murder: The Family Next Door. Film ini mengikuti perjalanan kasus pembunuhan Keluarga Watts, yang benar-benar terjadi di tahun 2018.

Penonton akan dibawa menyusuri kisah tragis ketika seorang ayah dari keluarga yang tampak bahagia, ternyata tega membunuh kedua putri dan istrinya yang tengah hamil besar. Ada apa sebenarnya di balik kasus yang menggegerkan Colorado, Amerika Serikat ini?

8. Enola Holmes (2020)

https://www.youtube.com/embed/1d0Zf9sXlHk

Sutradara: Harry Bradbeer
Pemeran: Millie Bobby Brown, Henry Cavill, Helena Bonham Carter

Jika sudah sering mendengar nama Sherlock Holmes, kali ini sang adik perempuan yang jadi tokoh utamanya. Enola Holmes juga diperankan bintang-bintang top Hollywood seperti Millie Bobby Brown, Henry Cavill, dan Helena Bonham Carter.

Film ini mengikuti perjalanan Enola Holmes yang berusaha memecahkan teka-teki di balik menghilangnya sang ibunda. Di waktu yang sama ia juga harus kabur dari kedua kakaknya Sherlock dan Mycroft yang ingin memaksanya masuk sekolah asrama putri!

 

9. The Trial of the Chicago 7 (2020)

https://www.youtube.com/embed/FVb6EdKDBfU

Sutradara: Aaron Sorkin
Pemeran: Sacha Baron Cohen, Joseph Gordon-Levitt, Michael Keaton, Eddie Redmayne

The Trial of Chicago 7 merupakan drama sejarah yang terinspirasi kisah nyata di tahun 60-an. Film ini menceritakan tentang persidangan tujuh orang aktivis Anti Perang Vietnam yang dituduh pemerintah telah berkonspirasi memicu kerusuhan di tahun 1968.

Tak perlu takut bosan, film ini dibumbui humor yang pas dan lika-liku rakyat versus negara yang bikin penasaran. Dibintangi segudang bintang-bintang kelas A Hollywood, The Trial of Chicago 7 disebut-sebut bakal jadi salah satu nominasi Oscars 2021.

Itu dia 9 film original Netflix terbaik sepanjang 2020 yang ramai dibicarakan. Selain menarik, beberapa di antaranya juga digadang-gadang akan jadi nominasi Oscars 2021. Sudah nonton semua, belum?

Baca Juga: 10 Serial Netflix Original Terpopuler Selama 2020, Bikin Kecanduan!

Topic:

  • Triadanti
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya