Comscore Tracker

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang Membanggakan

Glenn Fredly bukti bakat dari Ambon begitu cemerlang

Kepergian Glenn Fredly jadi pukulan keras bagi dunia hiburan Indonesia. Semasa hidup, musisi berdarah Ambon ini telah memberi kontribusi luar biasa dalam industri musik tanah air.

Selain Glenn Fredly, ada sederet nama artis sukses berdarah Ambon lainnya yang turut mengharumkan nama bangsa. Yuk kita cek para mutiara dari Timur Indonesia ini.

1. Ruth Sahanaya

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang Membanggakaninstagram.com/mamauthe

Walau lahir di Bandung pada 1 September 1966, Uthe merupakan penyanyi berdarah Ambon. Hingga saat ini, Ruth Sahanaya masih jadi salah satu diva paling disegani di tanah air.

2. Andre Hehanusa

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanJavaJazz.com

Andre Hehanusa yang populer dengan hits Karena Kutahu Engkau Begitu ini juga merupakan artis berdarah Ambon. Penyanyi yang lahir pada 24 Juli 1964 di Makassar ini telah menjadi ikon tersendiri di dunia musik pop 90-an.

3. Melly Manuhutu

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/organikmellymanuhutu

Melly Manuhutu juga merupakan penyanyi berdarah Ambon. Artis kelahiran 5 Juli 1975 ini mengawali karier sebagai penyanyi anak-anak bersama Anggun C. Sasmi, Novia Kolopaking, dan lain-lain. Ia dikenal dengan suara merdu dan lagu-lagu bergenre R&B.

4. Monita Tahalea

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang Membanggakaninstagram.com/monitatahalea

Finalis Indonesian Idol (2005) ini boleh jadi tidak menduduki peringkat pertama. Namun Monita berhasil jadi salah satu artis jebolan ajang pencarian bakat tersukses di Indonesia. Penyanyi berdarah Ambon ini lahir pada 21 Juli 1987 dan masih eksis hingga saat ini.

5. Lita Zen

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/litazen/

Pentolan Elfa's Singers ini juga merupakan penyany berdarah Ambon. Lita Zen yang lahir pada 22 Januari 1967 di Bandung, telah mencetak berbagai prestasi tingkat internasional selama berkarier.

6. Melky Goeslaw dan Melly Goeslaw

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/melly_goeslaw/

Melly Goeslaw merupakan salah satu penyanyi berdarah Ambon paling tenar saat ini. Rupanya, bakat seni itu mengalir deras dari sang ayah Melky Goeslaw yang juga merupakan musisi papan atas pada masanya. Saat ini, musisi kelahiran 7 Januari 1974 di Bandung tersebut semakin sukses sebagai pencipta hitsmaker.

7. Minggus Tahitoe dan Marcello Tahitoe

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang Membanggakaninstagram.com/marcello_tahitoe

Marcello Tahitoe alias Ello juga merupakan musisi berdarah Ambon. Mirip dengan Melly Goeslaw, darah seniman diwarisi Ello dari sang ayah Minggus Tahitoe yang pernah tenar pada eranya. Pelantun Masih Ada ini lahir pada 20 Februari 1983 di Jakarta.

8. Harvey Malaihollo

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/harveymalaihollo/

Harvey Malaiholo merupakan penyanyi senior berdarah Ambon yang mencapai kepopuleran di tahun 80-an. Pelantun Pelabuhan Cinta ini lahir pada 3 Mei 1962 di Jakarta, namun darah Ambon mengalir deras dalam dirinya. Om Harvey merupakan cucu dari penyanyi Bram Atjeh dan juga kerabat dari Glenn Fredly. 

9. Jean Pattikawa dan kedua anaknya Gamaliel serta Audrey Tapiheru

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/audreytapiheru/

Gamaliel dan Audrey Tapiheru dikenal dengan kesuksesan mereka melalui grup GAC dalam satu dekade terakhir. Usut punya usut, keduanya merupakan anak kandung dari penyanyi berdarah Ambon, Jean Pattikawa yang sudah mecicipi kesuksesan di tahun 80-an. Tak heran jika bakat musik begitu kuat di diri dua idola muda ini.

Baca Juga: 10 Kenangan Perjuangan Glenn Fredly Jadikan Ambon Kota Musik Dunia

10. Broery Marantika

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanBerbagai Sumber

Penyanyi legendaris yang satu ini lahir pada 25 Juni 1948 di Kota Ambon. Om Broery Pesulima telah melahirkan sederet hits evergreen yang pasti masih sering kamu dengar bahkan hingga masa kini. 

11. Utha Likumahuwa

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanBerbagai Sumber

Utha Likumahuwa juga merupakan musisi berdarah Ambon yang berhasil menorehkan namanya dalam sejarah musik Indonesia. Penyanyi kelahiran 1 Agustus 1955 di Kota Ambon ini telah meninggalkan sejumlah hits kenangan seperti Esok Kan Masih Ada dan Sesaat Kau Hadir.

12. Bob Tutupoly

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanBerbagai Sumber

Bob Tutupoly adalah penyanyi sukses di era 70-an yang dikenal dengan lagu hits Widuri. Walau lahir di Surabaya pada 19 November 1939, namun darah Ambon begitu kental dalam dirinya. Om Bob masih sehat hingga saat ini lho!

13. Debby Sahertian

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/debbysahertian54/

Generasi 90-an pasti tak asing lagi dengan aktris dan presenter nyentrik ini. Debby Sahertian pun sempat beken sebagai penggagas kamus bahasa gaul. Artis yang beken di era 90-an ini memiliki darah Ambon. 

14. Ray Sahetapy

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/raysahetapy/

Aktor kawakan Ray Sahetapy juga merupakan artis berbakat berdarah Ambon. Lahir pada 1 Januari 1957 di Donggala, mantan suami Dewi Yull ini telah malang melintang di dunia hiburan sejak tahun 70-an. Hingga saat ini aktor senior ini masih eksis dan laris manis di dunia perfilman.

15. Jonas Rivanno Wattimena

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/jonas.rivanno/

Suami Asmirandah, Jonas Rivano juga merupakan aktor berdarah Ambon. Lahir pada 20 Maret 1987 di Surabaya, pemeran sinetron Cinta Suci ini memiliki darah Maluku campur Tionghoa dan Jerman dari kedua orangtuanya. 

16. Prilly Latuconsina

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang Membanggakaninstagram.com/prillylatuconsina96

Aktris tenar Prilly Latuconsina juga memiliki darah Maluku. Lahir pada 15 Oktober 1996 di Tangerang, Prilly mendapatkan keturunan Ambon dari sang ayah dan Sunda dari sang ibu. Diversity is beautiful, bukan?

17. Reza Rahadian

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanReza Rahadian di Indonesia Writers Festival 2019 | IDN Times/Kevin Handoko

Ternyata aktor serba bisa, Reza Rahadian juga memiliki darah Maluku dalam dirinya. Lahir pada 5 Maret 1987 di Bogor, Reza mendapat keturunan Ambon dari sang ibunda Pratiwi Widantini Matulessy. 

18. Glenn Fredly Latuihamallo

Glenn Fredly dan 17 Artis Indonesia Berdarah Ambon yang MembanggakanInstagram.com/glennfredly309

Glenn Fredly Latuihamallo adalah salah satu ikon artis berdarah Ambon yang paling bersinar di Indonesia. Prestasi dan pencapaiannya sudah diakui sejak era 90-an hingga masa kini.

Sepanjang kariernya Glenn telah menciptakan puluhan lagu hits yang tak lekang oleh waktu. Ia pun selalu aktif menyuarakan isu-isu sosial terutama bagi para masyarakat Timur Indonesia yang kerap mengalami diskriminasi.

Kepergiannya yang terkesan mendadak pada 8 April 2020 meninggalkan duka mendalam di hati masyarakat Indonesia. Ia meninggalkan seorang istri yang baru dinikahinya pada Agustus 2019 dan seorang putri yang baru lahir 40 hari yang lalu.

Selamat jalan, Glenn Fredly. Semoga damai di sisi Tuhan yang Maha Esa. 

Baca Juga: Berpulang dalam Damai, 10 Unggahan Terakhir Glenn Fredly di Instagram

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya