Comscore Tracker

Gugat Balik Mantan Istri, 6 Fakta Kasus KDRT Johnny Depp & Amber Heard

Johnny menggugat Amber atas pencemaran nama baik

Pada tahun 2016 lalu, dunia Hollywood digemparkan dengan perceraian dan kasus kekerasan rumah tangga yang dilaporkan Amber Heard atas suaminya Johnny Depp.Tuduhan ini didukung dengan foto bekas pukulan serta video Johnny sedang melempar gelas ketika marah.

Keduanya akhirnya resmi bercerai pada Januari 2017, Amber mendapatkan US$7 juta berdasarkan putusan pengadilan. Namun pada 1 Maret 2019, sang mantan suami balas menggugat Amber Heard dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Sejumlah bukti diajukan ke persidangan dan menunjukkan seolah justru Amber Heard yang melakukan kekerasan terhadap mantan suaminya. Seperti ini kronologi kasus bintang Hollywood tersebut.

1. Johnny Depp & Amber Heard menikah tanpa restu keluarga pada tahun 2015

Gugat Balik Mantan Istri, 6 Fakta Kasus KDRT Johnny Depp & Amber HeardInstagram.com/amberheard

Keduanya telah saling mengenal sejak tahun 2011. Johnny Depp kemudian menikahi Amber Heard melalui upacara sipil tertutup di rumah mereka pada Februari 2015. Sebagian besar keluarga Depp, terutama kakak kandungnya Christi Dembrowski, tidak setuju sang aktor menikah tanpa melakukan perjanjian pranikah.

Perjanjian pranikah sendiri adalah kontrak sebelum menikah yang biasanya berisi kesepakatan misalnya pembagian harta, hak asuh, dan lain-lain jika kelak pasangan tersebut bercerai.

2. Amber Heard menggugat cerai Johnny Depp pada 23 Mei 2016 & mengaku mengalami KDRT

Gugat Balik Mantan Istri, 6 Fakta Kasus KDRT Johnny Depp & Amber HeardInstagram.com/amberheard

Selain meminta cerai, Amber Heard meminta restraining order (perintah penahanan) terhadap suaminya pada kala itu. Ia mengaku mengalami kekerasan rumah tangga yang dibuktikan dengan foto dan video. Tak pelak kasus ini menggemparkan dan menyedot perhatian dunia. Johnny Depp adalah salah satu aktor terbaik Hollywood sementara istrinya adalah bintang wanita yang tengah naik daun. 

Kala itu banyak pihak yang mendukung Amber Heard dan mengecam Johnny Depp. Sempat muncul juga sejumlah gerakan untuk memboikot film-film yang dibintanginya. Di persidangan Amber menyatakan bahwa "selama hubungan kami berlangsung, Johnny selalu melakukan kekerasan verbal dan fisik terhadap saya".

Baca Juga: Menarik, Ini 5 Fakta Amber Heard "Princess Mera" Pendamping Aquaman

3. Keduanya resmi bercerai pada Januari 2017, Amber Heard berhak mendapatkan US$7 juta

Gugat Balik Mantan Istri, 6 Fakta Kasus KDRT Johnny Depp & Amber HeardInstagram.com/amberheard

Pengacara Johnny Depp merespons pengakuan ini dengan menyebut bahwa Amber "berusaha mendapatkan resolusi finansial prematur dengan menuduh adanya kekerasan".

Persidangan alot ini akhirnya mencapai kesimpulan pada Agustus 2016. Di mana Amber berhak menerima 7 juta US$ dan harus mencabut permintaan restraining order terhadap Depp. Keduanya juga mengeluarkan pernyataan bersama yang mengindikasikan bahwa "hubungan mereka penuh gairah dan terkadang tidak stabil, namun selalu disatukan oleh cinta".

Selain itu juga menyatakan bahwa masing-masing pihak tidak "membuat tuduhan palsu untuk mendapatkan keuntungan finansial" dan "tidak pernah ada niat untuk menyakiti secara fisik atau mental." Mereka resmi bercerai pada Januari 2017.

Baca Juga: 5 Film Johnny Depp Tahun 2000-an Ini Sayang Kalau Kamu Lewatkan

4. Pada Desember 2018, Amber Heard menulis artikel opini di Washington Post menceritakan KDRT yang dialaminya

Gugat Balik Mantan Istri, 6 Fakta Kasus KDRT Johnny Depp & Amber HeardInstagram.com/amberheard

Artikel opini tersebut berjudul "I spoke up against sexual violence — and faced our culture’s wrath. That has to change" (Saya bersuara melawan kekerasan seksual dan menerima hukuman dari budaya kita. Hal itu harus berubah). 

Di sana Amber Heard menceritakan betapa berat konsekuensi yang harus dihadapinya karena menjadi publik figur wanita yang angkat suara tentang kekerasan dalam rumah tangga. Meskipun tidak menyebut nama Johnny Depp, tetapi Amber menyinggung kasus perceraiannya pada 2016 lalu.

5. Johnny Depp menanggapi hal ini dengan menggugat sang mantan istri US$ 50 juta atas pencemaran nama baik

Gugat Balik Mantan Istri, 6 Fakta Kasus KDRT Johnny Depp & Amber Heardberbagai sumber

Pada 1 Maret 2019 Johnny Depp menggugat sang mantan istri. Lewat surat gugatan, pihak pengacara menyebut bahwa hal ini karena "Artikel tersebut mengandalkan premis utama bahwa Nona Heard adalah korban kekerasan rumah tangga dan Tuan Depp melakukan kekerasan rumah tangga terhadapnya".

Pengacara Johnny juga menyebut bahwa pengakuan Amber "terbukti dan pasti palsu".  Pihak Depp menuntut atas ganti rugi sebesar US$ 50 juta atas pencemaran baik yang dilakukan mantan istrinya.

Gugatan ini juga menyebutkan daftar insiden kekerasan yang diduga pernah dilakukan oleh Amber Heard kepada Johnny Depp sejak awal menikah. Amber Heard diduga pernah memukul, menendang, dan merekayasa penyerangan terhadap dirinya sendiri. 

6. Dikabarkan ada kesaksian dari dua aparat polisi berbeda & 87 rekaman video pengawas yang dapat menyanggah Amber Heard

Gugat Balik Mantan Istri, 6 Fakta Kasus KDRT Johnny Depp & Amber Heardberbagai sumber

Dilansir dari NME Magazine, pihak kuasa hukum Johnny Depp memiliki testimoni dari dua aparat polisi, saksi-saksi pihak ketiga, dan 87 rekaman keamanan video pengawas yang dapat membuktikan bahwa pengakuan Amber Heard tidak benar.

Sejumlah foto bukti kekerasan ini pun beredar di berbagai media Amerika Serikat. Antara lain foto wajah Depp yang diduga lebam akibat dipukul Amber Heard pada 21 April 2016 dan jarinya yang dikabarkan rusak akibat dilempar botol vodka oleh sang mantan istri.

Yang semakin unik, dalam sebuah dokumen pengadilan disebutkan bahwa sebelumnya Amber Heard pernah ditahan karena "kekerasan rumah tangga dan telah mengaku di bawah sumpah bahwa sudah melakukan sederetan tindakan kekerasan penyerangan terhadap Tuan Depp."

Meski begitu kita tidak bisa terlalu cepat mengambil kesimpulan. Siapa yang benar dan salah akan terbukti di depan hukum. Selalu ada dua sisi dari setiap kejadian. Pihak kuasa hukum Amber Heard sendiri masih tetap dengan sikap awal mereka mengenai kasus kekerasan rumah tangga sang bintang Aquaman.

Baca Juga: 5 Film Johnny Depp Tahun 2000-an Ini Sayang Kalau Kamu Lewatkan

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya