Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna One

#HappyDanielDay Kang Daniel tetap bersinar meski kena cobaan

Sulit rasanya menyukai KPop tanpa tahu nama Kang Daniel. Ia adalah idol pertama yang debut sebagai center boyband pilihan rakyat Korea Selatan.

Sejak Januari 2019, Kang Daniel resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai center Wanna One. Ia pun sempat diterpa cobaan dalam melanjutkan karier solonya. Meski begitu, Kang Daniel tetap sukses mencetak prestasi lho!

1. Kang Daniel meraih rekor tokoh dunia yang berhasil mencapai 1 juta followers dalam waktu tercepat

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneInstagram.com/thisisdaniel_k

Rupanya walau Wanna One sudah bubar, namun efek dan popularitas Kang Daniel masih sangat kuat. Sebelum debut dan masih jadi peserta ajang survival Produce 101, Daniel sudah memiliki akun Instagram. Namun, akun ini telah dinonaktifkan olehnya.

Nah pada 2 Januari 2019, cowok unyu asal Busan ini kembali membuat akun Instagram. Hanya dalam waktu 11 jam, Instagram @thisisdaniel_k langsung diserbu oleh 1 juta followers. Luar biasa, sekarang ia menduduki ranking pertama dari Guinness World Record nih!

2. Ia sukses memenangkan sengketa hukum melawan mantan labelnya LM Entertainment

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneTwitter.com/danielk_konnect

Langkahnya merambah solo karier tak berjalan mulus. Setelah janji akan debut sebagai solois di bulan Maret 2019, Kang Daniel justru terlibat sengketa hukum dengan agensinya.

Yup, ia mengajukan penangguhan kontraknya dengan LM Entertainment karena ada keganjilan dengan pihak ketiga. Asal kamu tahu, sengketa hukum antara artis dan agensi tidak mudah dan biasanya berakhir buruk bagi karier sang idol.

Meski begitu Kang Daniel tetap berani memperjuangkan haknya. Selama proses hukum ia harus menghilang dari muka publik dan tak bisa melanjutkan kariernya. Ia pun kerap diterpa berita miring, misalnya tersangkut skandal Seungri yang tentu saja tak terbukti.

Akhirnya setelah empat bulan berjuang, gugatannya dikabulkan. Ia pun dinyatakan menang dan sengketa ini telah berakhir di bulan Oktober 2019.

3. Kang Daniel masuk peringkat 5 besar dalam "Top 40 Power Celebrities Of 2019" dari Forbes Korea

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneTwitter.com/danielk_konnect

Uniknya, walau tengah diterpa cobaan, namanya masih terus bersinar. Selain terus berada di ranking teratas Brand Reputation artis Korea Selatan, Kang Daniel masuk lima besar daftar Top 40 Power Celebrities Of 2019 dari Forbes Korea.

Namanya bertengger di posisi ketiga, hanya di bawah BLACKPINK dan BTS! Ini menunjukkan bahwa popularitasnya begitu besar dan penggemarnya sangat loyal.

4. Ia semakin mencengangkan masyarakat karena berhasil membangun agensi hiburannya sendiri

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneTwitter.com/danielk_konnect

Begitu gugatan penangguhan kontrak eksklusif dengan LM Entertainment dikabulkan pengadilan, Kang Daniel membuat pengumuman mengejutkan. Ia segera membangun agensi hiburannya sendiri!

Yup, alih-alih pindah ke agensi lain atau masuk The Big Three, putra daerah Busan ini berani membangun perusahaannya sendiri. Agensi yang diberi nama KONNECT Entertainment ini bahkan sudah punya gedung megah di Seoul. Gosipnya ia bahkan berhasil meng-hijack eksekutif CUBE Entertainment untuk berkerja padanya lho!

Kang Daniel lagi-lagi menggebrak tradisi yang selama ini terjadi di dunia hiburan Korea Selatan. Biasanya, meskipun seorang artis berhasil keluar atau menang gugatan atas sebuah agensi, mereka akan kesulitan comeback atau melanjutkan karier. 

5. Kang Daniel pun ditunjuk sebagai Honorary Ambassador For Busan City

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna Onedok. Sports Today

Walau ia baru saja mengalami sengketa hukum, Pemerintah Busan tampaknya gak ragu-ragu mendapuk cowok ini untuk jadi Duta Kehormatan Kota Busan. Acara penobatannya sebagai Ambassador Busan City ini jadi penampilan publik pertama Kang Daniel setelah menghilang selama beberapa bulan.

Bukannya dilupakan, hal ini jadi momen spesial yang dinantikan fans dan para media Korea Selatan! Ia dinobatkan langsung oleh Wali Kota Busan, Oh Keo-don dalam acara yang digelar di Busan Sajik Baseball Stadium. Acara tersebut berlangsung besar-besaran dan dihadiri ribuan penonton.

6. Walau sempat vakum selama empat bulan, fan meeting yang ia gelar di enam negara selalu laris manis

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneTwitter.com/danielk_konnect

Begitu gugatannya diterima pengadilan, Kang Daniel kembali melanjutkan solo karier di bawah naungan perusahaan barunya. Ia pun menggelar fanmeeting yang saat ini sudah mencapai enam negara.

Kang Daniel telah mengadakan acara jumpa fans di Singapura, Bangkok, Taipei, Kuala Lumpur, Manila, dan yang terbaru di Seoul. Semuanya mendapat sambutan antusias dan laris manis dihadiri ribuan penggemar!

Baca Juga: Kang Daniel dan 9 Idola KPop yang Harus Rehat Demi Kesehatan

7. Kang Daniel berhasil debut di bawah agensi barunya dan merajai tangga lagu

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneTwitter.com/danielk_konnect

Untuk menggenapi langkah barunya sebagai solo artis, ia pun resmi debut pada 25 Juli 2019 dengan merilis lagu What Are You Up To. Gak sedikit pihak-pihak yang meragukan langkah Kang Daniel setelah lepas dari mantan agensi yang terbilang mapan.

Namun, lagi-lagi cowok ini mendobrak ekspektasi masyarakat. Lagu debut solonya ini berhasil merajai sejumlah tangga lagu lho! Salah satunya dengan menduduki peringkat teratas iTunes Album Charts di 15 negara. What Are You Up To juga nangkring di posisi top chart domestik seperti Bugs, Naver, dan Soribada.

8. Ia pun berhasil mencetak rekor sebagai solois Korea Selatan dengan penjualan album tertinggi pada minggu pertama

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneTwitter.com/danielk_konnect

Tak hanya sampai di situ. Kang Daniel bahkan berhasil mencetak rekor dari debutnya sebagai solois. Ia mencetak rekor penjualan album terbanyak dalam satu hari setelah rilis. Albumnya terjual sebanyak 342.218 keping dan menduduki peringkat pertama Hanteo.

Belum selesai, tiga hari setelah rilis, Color On Me berhasil memecahkan rekor penjualan terbanyak dalam satu minggu untuk artis solo dari Hanteo. Pada 31 Juli tercatat sudah 404.896 keping albumnya yang ludes terjual.

Ia mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang Baekhyun EXO dengan album solonya City Lights yang terjual 380.769 pada minggu pertama setelah rilis. Kang Daniel pun resmi menyabet gelar artis solo dengan penjualan album terbanyak dalam seminggu pertama rilis setelah menjual 466.701 album.

9. Walau sempat vakum tampil di music show, namun ia sukses menyabet 1st Win di MUSIC BANK

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna Onedok. KBS

Sempat beredar kabar bahwa Kang Daniel kesulitan tampil di music show dan berbagai program televisi. Ilgan Sports melaporkan bahwa meskipun ia tengah comeback dengan debut album barunya, Daniel tak punya agenda tampil di music show maupun program televisi untuk mempromosikannya.

Banyak yang menduga bahwa Daniel dihalangi untuk tampil di televisi akibat sengketa hukumnya. Lagi-lagi ini adalah kisah klasik yang biasa terjadi terhadap artis yang berpisah tak baik-baik dengan agensi mereka.

Meski begitu, popularitas dan rekornya tak bisa dibohongi. Walau tak tampil di music show, Kang Daniel berhasil menyabet 1st Win alias menjuarai program music KBS MUSIC BANK yang cukup prestisius.

10. Kang Daniel sukses ditunjuk sebagai bintang iklan KT Corporation, perusahaan telekomunikasi terbesar di Korea Selatan

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna Onedok. KT Corporation

Meski masih jarang tampil di layar kaca, nama Kang Daniel terbukti tetap laku keras. Buktinya ia segera didapuk sebagai bintang iklan KT Corporation, perusahaan komunikasi terbesar di Korea Selatan.

Ia pun menjadi model iklan untuk Galaxy Note10 5G Aura Red edisi khusus keluaran KT Corporation. Iklan beraura seksi tersebut sukses mencuri perhatian masyarakat Korea Selatan.

11. Ia juga terpilih jadi juru bicara brand mewah Calvin Klein Jeans dan perhiasan elit Cartier

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna Onedok. Calvin Klein

Namanya lekat dengan citra laris manis. Tak heran jika banyak brand internasional yang ingin Kang Daniel jadi modelnya. Salah satunya brand mewah Calvin Klein Jeans. Ia ditunjuk sebagai wajah baru bagi luxury brand asal Amerika Serikat ini.

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna Onedok. Arena+ Homme

Selain fashion, Kang Daniel juga ditunjuk sebagai salah satu anggota grup ambassador Maison Cartier. Ia pun menjadi model untuk merek perhiasan termahal di dunia itu pada majalah Arena Homme+ Korea.

12. Kang Daniel ditunjuk sebagai model luxury brand Givenchy

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna Onedok. Givenchy

Gak hanya fashion dan perhiasan, ia bahkan jadi model untuk kosmetik! Bukan sembarang kosmetik, Kang Daniel ditunjuk sebagai model Givenchy beauty.

Walau dia cowok tulen, namun pesona seksinya tetap cocok dengan produk pemulas bibir mewah yang ditawarkan Givenchy. Dan meski pakai makeup tapi dia tetap tampil maskulin banget!

13. Setelah lama tak nongol di TV, akhirnya ia ditunjuk sebagai MC Happy Together salah satu program terpopuler di Korea Selatan

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneTwitter.com/LunarPlanet1210

Akhirnya penantian panjang fans atas penampilan televisi Kang Daniel terobati. Begitu comeback ke layar kaca, juara satu Produce 101 Season 2 ini langsung ditunjuk sebagai MC Happy Together.

Ia juga sukses bikin heboh dengan penampilannya di Guerilla Date. Ini mematahkan rumor bahwa ia masih diboikot oleh televisi Korea Selatan.

14. Meski baru debut lewat perusahaan barunya, Kang Daniel sukses memenangkan sejumlah gelar di Asia Artist Awards 2019

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneStar.mt.co.kr

Selain popularitas dan nilai jualnya, Kang Daniel juga mencetak prestasi di kancah penghargaan musik Asia. Dalam Asia Artist Awards 2019 yang berlangsung di Vietnam, cowok pencinta kucing ini berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus.

Ia membawa pulang piala untuk AAA Potential (Singer), Star15 Popularity Award, dan AAA Best Emotive (Singer). Wuah, seolah tidak habis berperang melawan agensi sendiri!

15. Kang Daniel juga menyabet piala "Best Music Video" dari Melon Music Awards 2019

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneTwitter.com/danielk_konnect

Ajang penghargaan musik bergengsi, Melon Music Awards 2019 juga menobatkannya sebagai salah satu pemenang. Ia menjuarai gelar Best Music Video lewat MVWhat Are You Up To. Menyusul berbagai penghargaan akhir tahun yang akan digelar, bukan gak mungkin Kang Daniel akan mendapatkan lebih banyak gelar juara lagi!

[INFOGRAFIS] 15 Prestasi Kang Daniel Setahun Selepas dari Wanna OneIDN Times/Reja Gussafyn

Itu dia 15 prestasi Kang Daniel selama satu tahun setelah lulus dari Wanna One. Walau diterpa cobaan berat sengketa hukum melawan mantan agensinya, Kang Daniel tetap berjuang dan berhasil membuktikan bahwa ia juaranya.

Ia tak lupa kerap berterima kasih kepada para fans setia yang selalu mendukungnya dalam suka dan duka. Saat ini ia pun butuh support penuh dari penggemar akibat kondisi kesehatannya yang tengah memburuk. Selamat ulang tahun, Kang Daniel! Semoga lekas pulih dan kembali mencetak prestasi lainnya!

Baca Juga: 9 Potret Kang Daniel Bersama Luna Maya dan Vanesha Prescilla, Cute!

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Just For You