Comscore Tracker

Sempat Unggah #IndonesiaButuhKerja, Ini Klarifikasi Ardhito Pramono

Ardhito Pramono mengaku tak tahu hashtag itu berbau politik

Ardhito Pramono jadi salah satu artis yang disorot akibat kampanye tagar #IndonesiaButuhKerja. Tagar kontroversial tersebut diduga kampanye terselubung untuk mendukung RUU Cipta Kerja yang tengah jadi perdebatan alot.

Sejak isu tersebut merebak pada Rabu (12/8/2020), Ardhito Pramono segera menurunkan konten unggahannya. Pada Jumat (14/8/2020) ia menulis utas klarifikasi dan permintaan maaf di Twitter. Berikut kronologinya.

1. Ardhito Pramono mengaku benar pernah mengunggah konten berhashtag #IndonesiaButuhKerja dan menerima bayaran

Sejak kontroversi kampanye #IndonesiaButuhKerja yang merebak pada Rabu (12/8/2020), Ardhito Pramono segera menurunkan konten unggahannya. Meski begitu tangkapan layar tentang postingan Instagram tersebut sudah beredar luas di sosial media.

Pada Jumat (14/8/2020) akhirnya Ardhito mengunggah utas klarifikasi dan permintaan maaf. Ia membenarkan bahwa pernah terlibat kampanye #IndonesiaButuhKerja yang diduga mendukung RUU Cipta Kerja.

"Betul bahwa saya menerima brief untuk ikut dalam kampanye tagar #IndonesiaButuhKerja dan menerima bayaran. Seperti kerjasama saya dengan sebuah brand. Namun dalam brief yg saya terima dr publicist saya, tidak ada keterangan tentang Omnibus Law," tulisnya. 

2. Penyanyi ini mengaku telah bertanya apakah kampanye sosial media tersebut punya hubungan dengan Omnibus Law namun dijawab 'tidak'

Sempat Unggah #IndonesiaButuhKerja, Ini Klarifikasi Ardhito PramonoInstagram.com/ardhitopramono

Lebih lanjut Ardhito menjelaskan bahwa tidak tercantum keterangan soal Omnibus Law dalam brief tersebut. Ia juga mengaku telah bertanya untuk memastikan. 

"Saya bertanya apakah ada kepentingan politik tertentu? Jawaban publicist saya; Tidak, tujuannya hanya membuat tenang di tengah pandemic karena akan adanya lapangan pekerjaan nantinya. Saya diminta membuat tulisan sesuai dengan harapan saya," lanjutnya.

Baca Juga: Gambarkan Kehidupan Pekerja, Ini Lirik Single 925 Ardhito Pramono

3. Ardhito mengklaim dirinya hanya seorang musisi yang tidak tahu apa-apa tentang politik dan tak ingin dikaitkan dengan isu tersebut

Sempat Unggah #IndonesiaButuhKerja, Ini Klarifikasi Ardhito PramonoInstagram.com/ardhitopramono

Lebih lanjut Ardhito mengklaim dirinya hanya seorang musisi yang tidak paham politik. Ia juga telah bertanya apakah kampanye ini berhubungan dengan Omnibus Law dan kembali dijawab tidak ada.

"Saya jg bertanya, apakah ada hubungan dengan omnibus law? Jawabannya, tidak ada. Saya bertanya karena saya hanya musisi, gak paham politik dan tidak punya pengetahuan akan isu2 tersebut sehingga saya tidak ingin digiring ke ranah yang tidak saya pahami," terang Ardhito.

4. Ardhito Pramono menyatakan meminta maaf serta akan lebih berhati-hati dan peduli di masa yang akan datang

Sempat Unggah #IndonesiaButuhKerja, Ini Klarifikasi Ardhito PramonoInstagram.com/ardhitopramono

Pemeran film NKCTHI (2019) ini kemudian meminta maaf dan berjanji akan lebih berhati-hati dan peduli keadaan. "Atas ketidaktahuan dan seakan seperti nirempati pada mereka yang sedang memperjuangkan penolakan terhadap RUU ini, saya mohon maaf. Ke depan saya akan berusaha lebih berhati-hati dan peduli."

Selain itu, Ardhito menegaskan bahwa dirinya sama sekali bukan buzzer seperti tuduhan sejumlah pihak. "Saya musisi. Bukan buzzer. Saya ingin memiliki pengaruh, tapi melalui musik yang saya buat. Terima kasih."

5. Ia menegaskan dirinya hanya musisi bukan buzzer. Ardhito juga mengaku telah meminta sang publicist mengembalikan bayaran yang diterimanya

Sempat Unggah #IndonesiaButuhKerja, Ini Klarifikasi Ardhito PramonoInstagram.com/ardhitopramono

Ardhito Pramono menutup utas klarifikasinya dengan mengumumkan bahwa ia telah mengembalikan uang yang sempat diterimanya. "Atas permintaan maaf ini, hari ini saya sudah meminta publicist saya untuk mengembalikan pembayaran yang saya terima dari memposting tagar #IndonesiaButuhKerja".

Respons netizen pun beragam, masih ada yang menuntut jawaban tentang siapa agensi di balik kampanye tagar #IndonesiaButuhKerja tersebut.

"Agency siapa sih kalo boleh tau? Dari kemaren banyak yg klarifikasi pake alesan “tidak tau” tapi pas ditanya agency-nya siapa gak ada yg mau jawab? Gak mungkin influencer sebanyak ini gak ada agency-nya," komentar pengguna Twitter @BanyuSadewa. 

Selain Ardhito Pramono, sejumlah selebriti lain juga ketahuan pernah bergabung dengan kampanye #IndonesiaButuhKerja. Antara lain Gritte Agatha, Gading Marten, Inul Daratista, hingga Gofar Hilman.

Baca Juga: Jadi Kontroversi, 6 Artis ini Unggah Hashtag #IndonesiaButuhKerja

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya