Comscore Tracker

Kronologi Keluarnya Jimin AOA dan Skandal Bullying Terhadap Kwon Mina

Akhirnya Shin Jimin keluar dari AOA

Di tengah kasus tuduhan perundungan yang dilakukannya terhadap Kwon Mina, mantan member AOA, Shin Jimin menyatakan keluar dari grup yang telah membesarkan namanya tersebut. FNC sebagai agensi AOA mengeluarkan pernyataan tersebut pada 4 Juli 2020.

Seperti ini kronologi konflik antara Kwon Mina dan Shin Jimin sehingga sang rapper menyatakan keluar dari AOA. 

Peringatan: Artikel ini mengandung pemicu seperti tindakan bullying, gangguan kesehatan mental, dan upaya bunuh diri.

1. Kwon Mina, mantan anggota AOA mengunggah pengakuannya yang mengalami bullying selama aktif di grup tersebut

Sejak 3 Juli 2020, Kwon Mina mengunggah serangkaian post yang berisi detail pengalamannya sebagai anggota AOA. Awalnya ia membagikan tangkapan layar percakapan yang berisi pesan memaki dan menyuruhnya untuk lenyap dari dunia. 

"Aku juga ingin lenyap saja, tapi aku harus merawat ibuku," buka mantan member AOA tersebut.

Selanjutnya, ia menceritakan bagaimana ia sering dibilang tidak punya otak. Ketika ayahnya sedang sekarat akibat kanker pankreas, Mina dimarahi oleh salah satu member yang lebih tua karena dianggap menjatuhkan mood semua orang. Selain itu masih ada banyak insiden lain yang diingatnya.

"Sejujurnya, aku sebenarnya tidak ingin keluar dari AOA. Namun, karena ada satu orang yang membenciku, aku dibully selama 10 tahun. Dan pada akhirnya aku sangat marah dan ingin memakinya sekali saja. Akhirnya aku melepaskan AOA," tulis Mina.

Meski tak menyebut nama, namun Mina menulis fakta bahwa ayah member yang membencinya itu belum lama ini meninggal. Otomatis fans dan netizen menghubungkan sosok itu dengan Jimin AOA yang ayahnya belum lama ini berpulang.  

2. Jimin AOA sempat mengunggah Instagram Story bertuliskan "Fiction" sebelum menghapusnya

Kronologi Keluarnya Jimin AOA dan Skandal Bullying Terhadap Kwon MinaInstagram.com/jiminbaby_18

Setelah unggahan pertama itu, Kwon Mina kembali menulis tentang pengalaman buruknya di AOA. Mina menyebut kekecewaannya karena tak bisa mendampingi sang ayah di masa-masa terakhirnya. Walaupun sedang berduka, ia tetap ditegur dan diperintahkan untuk tidak menangis.

Karena kekerasan yang dialaminya ini ini, Kwon Mina harus menjalani perawatan dan mengonsumsi obat-obatan khusus. Ia mengaku mengingat setiap perlakuan buruk member tersebut dan sempat mengutarakan perasaannya sebelum resmi keluar dari AOA. Akan tetapi yang bersangkutan tak merasa pernah melakukannya.

"Karena dirimu, aku harus minum berbagai macam obat," tulis Mina.

Ia juga menyebut telah berkali-kali menyakiti dirinya sendiri sampai harus menjalani pengobatan untuk lukanya. Ibunya lah yang membuatnya bertahan dan ingin bangkit dari keterpurukan.

Tak lama setelah mengunggah dua pernyataan ini, Shin Jimin tertangkap netizen membuat Instagram Story yang berisi tulisan "FIKSI". Tak lama kemudian Instagram Story tersebut dihapus, akan tetapi netizen berspekulasi bahwa Jimin menuduh Mina tengah berbohong alias menulis fiksi.

3. Kwon Mina menggunggah lebih banyak kesaksian atas perundungan yang dialaminya oleh Jimin

Walau sudah dihapus, Instagram Story Jimin sudah beredar luas. Kwon Mina kembali menulis pernyataan baru untuk menanggapinya. "Berani menyebutnya fiksi, kau akan dihukum oleh surga. Jangan begitu lah. Ada saksi-saksi dan buktinya," tulis sang mantan member AOA.

Mina menyebut ada banyak insiden yang pernah terjadi hingga sulit untuk ditulis satu per satu. Ia juga menyebut sosok bully ini bahkan tak pernah merasa pernah melakukan kejahatan walau saksinya banyak.

"Wow, pasti enak ya bisa menghapus ingatan seperti itu. Kata mereka, orang yang mengutarakan kata-kata menyakitkan biasanya tidak akan mengingatnya. Kumohon hapus ingatanku juga. Kumohon."

Lebih lanjut, Mina juga mengunggah bukti luka di tangan kirinya akibat gangguan kesehatan mental yang diderita setelah mengalami perundungan.

"Ini terlalu mengerikan untuk disebut fiksi. Aku menjalani tiga sampai empat kali perawatan untuk menghilangkan bekas lukanya. Tapi aku semakin gila setiap hari karena memori akan dirimu tak bisa hilang, Jimin."

Ini pertama kalinya Mina menyebut dengan gamblang nama sosok yang telah merundungnya selama aktif di AOA.

Baca Juga: Tuai Kontroversi & Mengaku Dibully, 10 Perjalanan Karier Mina eks AOA

4. Jimin AOA menulis permintaan maaf di Instagramnya, namun Mina meragukan ketulusannya

Setelah tiga pernyataannya di atas, Kwon Mina kembali menjabarkan permasalahan antara dirinya dan Jimin selama masih bersama AOA. Ia mengunggah empat Instagram post yang berisi detail kekerasan psikologis yang dilakukan sang rapper terhadapnya. Menurutnya, FNC Entertainment pun telah mengetahui kejadian ini namun tidak mau mendengarkannya.

"Untuk kalian semua yang menderita karena orang lain. Lawan. Jangan dipendam. Atau bicaralah kepada seseorang," pesannya di salah satu unggahan.

Setelah sebelumnya baik FNC maupun Jimin memilih diam, pada 4 April leader AOA tersebut menulis pernyataan permintaan maaf di Instagramnya.

"Saya punya kekurangan sebagai leader dan apa yang pernah saya lakukan itu salah," buka Jimin. Ia mengaku menyesal dan sadar bahwa dahulu tidak memahami Mina selama masih satu grup bersama.

"Kemarin saya menangis, meminta maaf dan menangis lagi. Akan tetapi saya sadar bahwa emosi terhadap saya yang telah tertumpuk dalam diri Mina tidak bisa diselesaikan dengan mudah,"  tulisnya lagi.

Menurut Jimin, apa yang telah dilakukannya di masa muda adalah demi menunjukkan sisi terbaiknya dan timnya terhadap para staf dan dunia. Namun ia mengaku bahwa yang sudah dilakukannya kurang menunjukkan sisi manusiawi. Ia meminta maaf karena telah menyebabkan kontroversi dan mohon ampun kepada Mina serta para member lain.

5. Shin Jimin menyatakan keluar dari AOA dan akan menghentikan seluruh kegiatan di dunia hiburan untuk sementara waktu

Kronologi Keluarnya Jimin AOA dan Skandal Bullying Terhadap Kwon MinaInstagram.com/jiminbaby_18

Tak berhenti sampai di situ, Kwon Mina kembali menuliskan tanggapan di sosial media. Dalam unggahan yang sekarang sudah dihapus, ia kembali mengungkapkan kekesalannya.

"Kemarin kau bilang kau bersikap demikian agar aku berada di jalan yang benar. Mendengar hal ini dari orang yang membawa laki-laki ke asrama untuk bercinta, harusnya kau yang diarahkan ke jalan yang benar terlebih dahulu,"  beber Mina. 

Setelah menghapusnya, Kwon Mina akhirnya menuliskan pernyataan terakhir akan masalah ini. Ia menyebut bahwa para member AOA dan manajer mereka datang ke rumahnya untuk berbicara. Awalnya Jimin sempat datang dalam keadaan marah dan keduanya sempat adu argumen.

Jimin masih tidak ingat pernah melakukan perundungan terhadap Mina dan mengira pertemuan mereka di pemakaman sang ayah beberapa waktu lalu sudah menyelesaikan masalah di antara keduanya. Setelah berdiskusi akhirnya Jimin meminta maaf dan meninggalkan kediaman Mina bersama seluruh member. Mina pun menerima permintaan maaf itu meski meragukan ketulusannya.

Pada 4 Juli 2020, FNC selaku manajemen AOA mengeluarkan pernyataan mengejutkan:

"Pertama, kami ini meminta maaf karena telah membuat khawatir banyak orang terkait peristiwa yang menyangkut Jimin baru-baru ini.

Mulai saat ini, Jimin telah menyatakan keluar dari AOA dan menghentikan semua kegiatannya di industri entertainment. Selain itu, agensi kami akan bertanggungjawab atas seluruh situasi ini dan fokus dalam mengelola artis-artis kami. Sekali lagi kami mohon maaf karena telah membuat banyak pihak khawatir lewat masalah ini."

Itu dia kronologi skandal bullying Kwon Mina eks AOA yang berakhir pada keluarnya Shin Jimin dari AOA. Semoga segera menemukan titik terang bagi semua pihak.

Baca Juga: Buntut Skandal Bullying, Jimin Keluar dari AOA

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya