Comscore Tracker

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan

Salman Khan diputus bersalah atas kasus perburuan ilegal

Salman Khan adalah salah satu nama bintang Bollywood paling bersinar di samping Shahrukh Khan dan Aamir Khan. Terhitung sudah 30 tahun ia berkarier sebagai aktor dan sudah puluhan judul yang dibintanginya.

Kamu mungkin masih teringat citranya sebagai Aman Mehra, tunangan Anjali yang baik hati di film Kuch Kuch Hota Hai. Tapi tahukah kamu kalau selain kesuksesan karirnya, sepak terjang Salman Khan juga dihiasi kontroversi.

1. Salman Khan mulai berakting sejak 1988, ia pun mulai mengecap kesuksesan lewat Maine Pyar Kiya (1989)

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan dok. Rajshri Productions

Ia memang telah terjun ke dunia perfilman sejak 1988 namun masih sebagai pemeran pendukung di film Biwi Ho To Aisi. Baru pada 1989 Salman mencuri perhatian dengan penampilan apiknya bersama aktris cantik Bhagyashree. Masih muda banget ya! Usianya baru 24 pada saat ini.

2. Perlahan tapi pasti ia semakin menancapkan kuku di Bollywood. Salman makin melambung lewat Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan dok. Dharma Productions

Selain itu, ia pun sukses membintangi film-film laris di tahun 90-an lainnya seperti Jeet, Pyaar Kiya To Darna Kya, dan Biwi No.1. Berbagai penghargaan bergengsi mulai dipanennya.

3. Bahkan di usia kepala lima pun, Salman Khan masih laris manis. Penggemar setianya semakin banyak

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan Instagram.com/beingsalmankhan

Di usia yang sudah 52 tahun popularitas Salman bukannya makin redup malah semakin bersinar. Sekarang saja ada dua judul filmnya yang menunggu waktu rilis.

Dalam beberapa tahun terakhir, film-filmnya seperti Prem Ratan Dhan Payo, Bajrangi Bhaijaan, Ek Tha Tiger dan Dabangg2 berhasil mengeruk keuntungan blockbuster.

Penggemarnya mulai dari kalangan menengah ke atas, sampai para kaum marginal pun mengidolakannya.

4. Ia pun terkenal peduli kepada sesama dengan menggagas gerakan amal Being Human

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan Instagram.com/beingsalmankhan

Badan amal ini bertujuan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat kurang mampu dari segi pendidikan dan kesehatan. Being Human menjual kaus dan berbagai merchandise lainnya secara online maupun toko-toko mereka, dan hasilnya akan dipakai untuk tujuan mulia tadi.

5. Ia pun salah satu aktor Bollywood paling populer di sosial media. Pengikutnya puluhan juta!

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan Instagram.com/beingsalmankhan

Salman Khan memang cukup aktif di dunia maya. Tak heran bila Facebook-nya disukai 36 juta pengguna, Twitter-nya di-follow 32 juta orang, dan Instagram-nya dipantengin 15 juta fans.

Baca juga: 10 Fakta Siddharth Nigam "Pangeran Bindusara" yang Memesona

6. Meski begitu, ia juga sering terlibat kontroversi. Hubungan cintanya terdahulu sering jadi bahasan media

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan Instagram.com/beingsalmankhan

Salman Khan beberapa kali diberitakan terlibat dalam perkelahian di pesta-pesta Bollywood. Hubungannya dengan sejumlah publik figur wanita juga kerap mengundang kontoversi.

Dalam sebuah insiden, dikabarkan bahwa Salman yang tengah marah pernah menuangkan sebotol minuman bersoda di atas kepala mantan kekasihnya dalam sebuah restoran.

Hubungannya dengan Miss World Aishwarya Rai juga berakhir runyam. Aishwarya menuduh bahwa dirinya mengalami kekerasan fisik dari Salman Khan. Skandal-skandal ini tentu menjadi sorotan media.

7. Salman juga pernah didakwa karena kasus tabrak lari yang membunuh satu orang & melukai empat lainnya

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan Instagram.com/beingsalmankhan

Pada tahun 2002, Salman ditahan karena kasus tabrak lari. Ia diduga mengendarai mobilnya di bawah pengaruh minuman keras. Kasus ini bergulir di pengadilan selama 13 tahun lebih. Ia sempat dinyatakan bersalah dan diputus 5 tahun penjara. Namun setelah banding, pada tahun 2015 pengadilan pun melepaskannya karena dianggap tak cukup bukti.

8. Ia juga beberapa kali tersandung masalah karena pernyataan atau cuitannya di sosial media

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan Instagram.com/beingsalmankhan

Jadi selebriti yang cukup aktif di sosial media membuat cuitan atau status Salman sering jadi perhatian. Beberapa menimbulkan pro dan kontra. Misalnya komentarnya tentang Yakub Memon terdakwa kasus pemboman Bombay pada tahun 1993.

Ia pun pernah memicu kontroversi dengan komentarnya dalam sebuah wawancara tentang peristiwa aksi terorisme yang terjadi pada tahun 2008 di Mumbai.

9. Yang terbaru, Salman Khan diputus bersalah atas kasus perburuan ilegal atas hewan dilindungi

Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan ndtv.com

Kejadian ini sudah berlangsung pada tahun 1998, namun bergulir panjang di pengadilan. Salman didakwa atas tuduhan membunuh dua ekor blackbuck, spesies yang dilindungi oleh undang-undang saat sedang syuting di Rajasthan. Pada 5 April 2018 ia pun diputus bersalah dan dihukum penjara selama 5 tahun dan denda 10 ribu rupee.

Wah gak nyangka ternyata seperti itu kabar terakhir mega star Bollywood ini. Belum tahu bagaimana langkah selanjutnya yang akan diambil tim hukum Salman Khan. Kalau menurut kamu gimana?

Baca juga: Aktor Bollywood Termahal, Begini 15 Transformasi Peran Hrithik Roshan

Topic:

Just For You