Comscore Tracker

10 Moment Mata Najwa Bukti Kehebatan Najwa Shihab di Dunia Jurnalistik

Najwa Shihab pantas disebut wanita paling berpengaruh di dunia Jurnalistik

Siapa yang tak kenal Najwa Shihab, jurnalis senior dengan jam terbang tinggi yang sukses dengan acara talkshow Mata Najwa. Sosok Najwa Shihab begitu karismatik dan inspiratif terutama bagi para wanita Indonesia. Acaranya menjadi salah satu program terbaik yang digemari berbagai kalangan. Sudah 7 tahun acara tersebut mengudara, menghasilkan 511 episode dan langganan berbagai penghargaan.

10 Moment Mata Najwa Bukti Kehebatan Najwa Shihab di Dunia Jurnalistikwww.instagram.com/najwashihab

Pada 8 Agustus, 2017 sang penyiar kawakan membuat pengumuman mengejutkan. Episode Mata Najwa, Ekslusif bersama Novel Baswedan, disebut sebagai episode terakhir. Ibu dua anak ini juga mengumumkan mundur dari MetroTV tempatnya mengabdi selama 17 tahun. Tak pelak banyak pihak kecewa dengan kabar ini. Namun, kepiawaian Najwa dan timnya selama 7 tahun ini tak bisa dilupakan begitu saja. Berikut 10 Moment Mata Najwa Bukti Kehebatan Najwa Shihab di Dunia Jurnalistik

1. Keberaniannya dalam mengungkap ketidakadilan di Penjara Istimewa para Koruptor patut mendapat standing ovation.

Junalisme investigasi yang dihidangkan tim Mata Najwa tidak main-main. Salah satu episode paling dikenang, Penjara Istimewa Para Koruptor, berhasil membuka tabir ketidakadilan yang selama ini dipelihara oleh sistem yang bobrok. Dalam episode ini Najwa dan timnya memperlihatkan ketimpangan kondisi tahanan antara koruptor dan kriminal biasa.

2. Tak melulu mengangkat topik suram, Najwa Shihab merangsang inspirasi bangsa Indonesia dengan tokoh-tokoh Penebar Inspirasi.

Episode yang satu ini menghadirkan berbagai tokoh penggugah inspirasi, mulai dari Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, sampai Abraham Samad Ketua KPK pada periode tersebut.

3. Sosok pemimpin wanita hebat juga tak lepas dari sorotannya, cerita Walikota Surabaya Risma sukses membuka mata kita semua.

Sosok pemimpin wanita masih belum terlalu banyak di Indonesia. Sosok pemimpin wanita yang revolusioner apalagi. Namun Najwa dan timnya berhasil mengangkat sosok Tri Rismaharini dan ceritanya yang menggerakkan ke dalam acaranya. Episode ini sukses membuka mata para penonton.

5. Najwa tak canggung membuka kedok para "tokoh" yang terjun ke bursa Pilpres dan Pilkada namun tanpa kompetensi.

Tanpa rasa canggung, secara lugas Najwa Shihab melancarkan rentetan pertanyaan untuk mengkonfirmasi kompetensi para calon presiden "kaget", seperti Rhoma Irama dan Farhat Abbas.

Sebelumnya, Najwa juga pernah menghadirkan Angel Lelga yang saat itu menyalonkan diri sebagai calon anggota legislatif Jawa Tengah. Lewat wawancara yang seru dan mendalam itu, banyak penonton yang menyadari kompetensi para "tokoh" yang mendadak berkecimpung di dunia politik pemerintahan ini.

Baca juga: Karena Mengungkap Anggota DPR Setya Novanto, Najwa Shihab Dipolisikan

6. Episode "Pejabat Pemburu Rente" ibarat perseteruan politik paling frontal dalam sejarah pertelevisian. Butuh nyali besar untuk mengorkestrasi episode seberani ini.

Dua kubu dipertemukan dalam acara ini, memperdebatkan posisi Setya Novanto yang terkait kasus korupsi. Bahkan Najwa Shihab sempat dilaporkan ke Bareskrim karena dituduh membocorkan rekaman pemalakan saham Freeport oleh Setya Novanto lewat episode ini. Sosok Najwa semakin tampak mengaggumkan ketika ia tanpa gentar menghadapi argumen-argem keras para pria berkuasa yang hadir dalam acaranya.

7. Tak hanya politik saja, topik menyentuh hati seperti cinta sejati Habibie juga mampu disajikan dengan apik.

Seisi studio tak bisa menahan air mata mendengarkan kisah cinta tanpa pamrih dari Presiden ketiga Indonesia, B. J. Habibie.

8. Kutipan-kutipan Najwa Shihab selalu menggugah nurani dan memantik inspirasi.

10 Moment Mata Najwa Bukti Kehebatan Najwa Shihab di Dunia Jurnalistikpixabay / IDN Times

9. Terutama untuk para generas muda penerus bangsa untuk memutus rantai budaya korupsi.

10 Moment Mata Najwa Bukti Kehebatan Najwa Shihab di Dunia Jurnalistikpixabay / IDN Times

10. Episode terakhir Mata Najwa bersama Novel Baswedan menjadi perpisahan yang bittersweet dengan para penonton setia acara ini.

Mata Najwa akan menayangkan kumpulan episode-episode terbaiknya selama bulan Agustus dan di penghujung bulan, Najwa akan menyajikan episode final bertajuk Catatan tanpa Titik. Meski mundur dari MetroTV namun putri Quraish Shihab ini menyiratkan akan tetap melanjutkan karirnya di dunia jurnalistik. Bagaimana, benar-benar angin segar di tengah tayangan televisi yang sarat acara tak berfaedah ya. Semoga dalam waktu dekat segera ada acara inspiratif lain yang bisa menjadi penerus Mata Najwa.

Baca juga: 7 Pelajaran Hidup Najwa Shihab yang Bisa Diteladani Anak Muda

Topic:

Just For You