Comscore Tracker

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Ini

#WorldCup2018 makin semangat menyambut pertandingan akbar

Tak bisa dipungkiri sepak bola jadi salah satu olahraga paling digandrungi di seluruh dunia. Jika cabor lainnya terkadang harus dirayakan secara internasional lewat Olimpiade, sepak bola sudah punya berbagai liga bergengsi. Dan tentu saja puncaknya ada di Piala Dunia.

Melihat minat yang tinggi terhadap olahraga si kulit bundar, tak pelak hadir juga film-film yang membahas dunia Maradona dkk ini. Jika kamu fans sepak bola, atau bahkan ingin lebih akrab dengan dunia sepak bola, coba deh tonton 10 film sepak bola terbaik berikut ini.

1. Mike Basset: England Manager (2001)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Hallmark Entertainment

Ketika manajer tim Asosiasi Sepak Bola Nasional Inggris meninggal dunia, semua orang panik mencari gantinya. Sampai ditunjuklah Mike Basset. Sayangnya ia tak bisa segera membuat keputusan yang baik sehingga tim Inggris kalah dalam dua pertandingan pertama.

Apakah Mike Basset bakal bisa mengangkat tim yang tengah terpuruk ini? Film komedi satir ini begitu sukses sampai dibuat spin-off serialnya lho.

https://www.youtube.com/embed/gCyivMpgO7c

2. Escape to Victory (1981)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Paramount Pictures

Fans sepak bola harus nonton film yang keren dan unik ini. Bersetting pada zaman Perang Dunia II, Escape to Victory bercerita soal perjalanan tim sepak bola tahanan Nazi untuk meraih kemenangan di lapangan hijau.

Dalam film ini Sylvester Stallone juga ditemani oleh para pemain sepak bola profesional seperti Osvaldo Ardiles, Paul Van Himst, Bobby Moore, dan Kazimierz Deyna.

https://www.youtube.com/embed/abO0lm6L4T0

3. Fever Pitch (1997)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Channel 4 Film

Siapa bilang film sepak bola tidak bisa bergenre romantis? Fever Pitch bercerita soal Paul Ashworth (Colin Firth) yang sedang mulai menjalin hubungan asmara dengan kekasih barunya.

Namun di waktu yang sama tim Arsenal yang dipujanya masuk final melawan Liverpool. Bagaimana tekanan ini memengaruhi hubungan percintaannya? Sepertinya film ini mewakili kehidupan banyak cowok fans bola juga ya.

https://www.youtube.com/embed/gGv8S1nqzdk

4. Green Streets Hooligans (2005)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. OddLot Entertainment

Sepak bola tak lepas dari para fans garis keras yang kerap disebut hooligans. Film yang dibintangi Elijah Wood dan Charlie Hunnam ini membantu kita melihat sisi lain dari dunia sepak bola, terutama dari sisi hooliganisme. Seru dan menegangkan.

https://www.youtube.com/embed/ENPMz4cY1nw

5. The Football Factory (2004)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Vertigo Films

Tak jauh berbeda, The Football Factory juga menggambarkan sisi gelap dari fanatisme olahraga ini. Misalnya masalah narkoba, pencurian dan rasisme yang berhubungan dengan hooligan. Film garapan Nick Love ini mengikuti para penggemar sepak bola Inggris yang menghadapi berbagai permasalahan hidup sehari-harinya.

https://www.youtube.com/embed/kzuEkF1oLVE

6. Shaolin Soccer (2001)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Universe Entertainment Ltd

Sebagian besar dari kamu pasti udah gak asing lagi sama film garapan Stephen Chow ini. Memang gak bercerita soal sepak bola sungguhan sih, tapi tetap saja Shaolin Soccer sangat menghibur. Seperti ini jadinya kalau komik-komik sepak bola seperti Captain Tsubasa jadi kehidupan nyata kali ya?

https://www.youtube.com/embed/6FAaOwNnHTA

7. United (2011)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Hallmark Entertainment

United adalah sebuah drama olahraga yang mampu menguras emosi penontonnya. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang "Busby Babes", tim muda andalan Manchester United yang begitu cemerlang di lapangan namun harus mengalami tragedi tragis. Drama ini dibintangi bintang Inggris kawakan David Tenant.

https://www.youtube.com/embed/PJySuZgRlEo

8. Bend It Like Beckham (2002)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Bend It Films

Film yang dibintangi Keira Knightley dan Parminder Nagra ini bakal bikin kamu merasa hangat. Ceritanya soal Jess Bhamra yang sangat suka sepak bola namun tidak boleh bermain dalam tim. Pasalnya orangtua Jess tak mengizinkannya.

Jules Paxton pun bertemu dengan Jess dan mengajaknya untuk bergabung dalam tim sepak bola wanita semi profesional. Apa yang akan dilakukan Jess untuk menyembunyikan hal ini dari orangtuanya ya?

https://www.youtube.com/embed/Z7Pt_GMDdGo

9. Goal! The Dream Begins (2005)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Touchstone Pictures

Santiago Muñes selalu bermimpi bisa menjadi pemain bola profesional. Meskipun ia hanya tenaga kerja Meksiko di Los Angeles, seorang pencari bakat berhasil menemukan dan memberinya tawaran sekali seumur hidup. Masalahnya belum selesai, karena Santiago harus mencari cara agar bisa pergi ke Inggris demi dapat mengikuti uji coba tersebut. Seru ya? Film ini bahkan dibuat menjadi trilogi lho.

https://www.youtube.com/embed/qGhCJXrqZwE

10. The Damned United (2009)

Sambut Semarak Piala Dunia 2018 dengan 10 Film Sepak Bola Terbaik Inidok. Vertigo Films

Seperti apa rasanya menjadi manajer tim sepak bola papan atas hanya selama 44 hari? The Damned United bercerita soal karir Brian Clough sebagai manajer tim Leeds United. Film yang diangkat dari novel biografi fiksi karya David Pearce ini mendapat nominasi dari British Independent Film Award dan ALFS Award lho.

https://www.youtube.com/embed/fFw84qOt5xA

Itulah tadi 10 film bertema sepak bola yang boleh kamu tonton untuk menyambut Piala Dunia 2018. Masing-masing mengangkat berbagai aspek berbeda dari sepak bola. Mulai dari perjuangan atlet yang sulit, sampai dunia hooliganisme. Kamu sudah pernah nonton nomor berapa saja?

Line IDN Times

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Just For You