Comscore Tracker

Selamat Hari Buruh, 5 Publik Figur Ini Awali Karier Sebagai Buruh!

Mereka berjuang mencapai sukses dari bawah

Untuk mencapai kesuksesan bisa beragam caranya. Ada yang sudah terlahir dengan modal cukup, ada pula yang harus berjuang dari bawah.

Seperti lima publik figur ternama berikut ini. Siapa sangka mereka pernah mencicipi profesi sebagai buruh sebelum akhirnya bergelimang harta. Inilah 5 publik figur sukses yang mengawali karier sebagai buruh.

1. Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia era Jokowi pernah jadi buruh pabrik karet!

Selamat Hari Buruh, 5 Publik Figur Ini Awali Karier Sebagai Buruh!Instagram.com/sofyan.djalil

Siapa sangka Sofyan Djalil pernah mencicipi beratnya hidup sebagai buruh. Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia era Jokowi ini berasal dari keluarga sederhana. Sejak usia belia, pria asal Aceh ini harus bekerja untuk membantu perekonomian keluarga.

Meski hidup berkekurangan namun cita-citanya tetap tinggi. Sofyan Djalil ingin sesukses Mantan Wakil Presiden RI, Adam Malik. Setelah lulus dari sekolah pendidikan agama, ia sempat bekerja sebagai buruh di sebuah pabrik karet.

Dengan usaha keras, ia berhasil hijrah ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum UI. Sofyan pun masih harus bekerja serabutan demi menyambung hidup, namun akhirnya ia semakin sukses setelah mendapat kesempatan kuliah di luar negeri.

2. Mendiang Hendrik Ceper ternyata masih menjalani profesi sebagai buruh di sela-sela waktu syuting

Selamat Hari Buruh, 5 Publik Figur Ini Awali Karier Sebagai Buruh!Instagram.com

Almarhum Hendrik Ceper adalah seorang pelawak yang kemudian juga populer sebagai aktor FTV. Kariernya mulai menanjak sejak jadi pengisi acara komedi Tawa Sutra bersama Budi Anduk, Arie Untung, dan kawan-kawan.

Namun, sebelum sukses di dunia hiburan ia sempat menjalani perjuangan hidup yang berat. Bahkan beberapa bulan menjelang akhir hayatnya, pria bertubuh mungil ini masih bekerja sebagai buruh di sebuah pabrik tekstil di sela-sela jadwal syutingnya.

Baca Juga: Serikat Buruh: Siapapun Presidennya Harus Mengabdi Kepada Rakyat

3. Zul Zivilia mengawali karier di Jepang sebagai seorang buruh pabrik baja

Selamat Hari Buruh, 5 Publik Figur Ini Awali Karier Sebagai Buruh!Instagram.com

Sebelum melejit lewat lagu hitsnya "Aishiteru", Zul Zivilia menjalani kehidupan sebagai TKI. Ia bekerja di sebuah pabrik baja di Jepang. Sebelumnya ia juga punya pengalaman di beberapa pabrik industri berbeda.

Dari pengalamannya sebagai buruh di negeri sakura ini, Zul menciptakan lagu andalannya yang laris manis. Kepiawaiannya di dunia musik membuat Zul rajin diundang oleh KBRI sebelum akhirnya meroket sebagai selebriti. Sayang prestasinya harus tercoreng kasus narkoba pada Maret 2019.

4. Opie Kumis pernah jalani berbagai profesi kasar seperti jadi buruh bangunan

Selamat Hari Buruh, 5 Publik Figur Ini Awali Karier Sebagai Buruh!Instagram.com/opiekumis17

Saat ini Opie Kumis terkenal sebagai komedian dan aktor kondang. Namun, dulu ia pernah merasakan pahitnya perjuangan hidup. Opie sempat bekerja sebagai buruh bangunan yang hanya diupah Rp12 ribu per minggu. Itu pun masih harus ia tabung demi membiayai pendidikannya di sanggar seni.

Ya, Opie memang telah memiliki cita-cita untuk mengasah bakatnya di dunia hiburan. Perjuangannya berbuah manis, sekarang Opie jadi salah satu pelawak terpopuler di Indonesia.

5. Presenter keren Chand Kelvin rupanya pernah menjajal profesi sebagai buruh di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang

Selamat Hari Buruh, 5 Publik Figur Ini Awali Karier Sebagai Buruh!Instagram.com/chand_kelvin

Siapa yang sangka ternyata presenter tampan ini juga harus memulai karier dari bawah. Chand Kelvin saat ini lebih terkenal sebagai artis. Namun, dahulu ia sempat mencicipi pekerjaan sebagai buruh di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang.

Bermodal penampilannya, pria bernama asli Chandra Adi Prakoso ini pernah mengikuti audisi sebagai model, akan tetapi tak selalu berhasil. Nasibnya berubah ketika ia mulai tampil di variety show populer seperti Dahsyat dan YKS.

Itu dia para publik figur sukses yang pernah berprofesi sebagai buruh. Semua sama sekali tidak minder dan melihat pengalaman tersebut sebagai bagian penting dalam keberhasilan mereka. Bukti nih kalau usaha keras juga dapat mengubah nasib seseorang.

Baca Juga: 10 Seleb Pria Ini Mantap Menikah Sebelum 25 Tahun, Berani Berkomitmen!

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Just For You