Comscore Tracker

Tak Dijagokan, 5 Film Hollywood ini Justru Panen Pujian di 2019

Dengan modal kecil mampu cetak keuntungan besar!

Sepanjang 2019 ada banyak film populer yang tayang di bioskop tanah air. Tentu gak semuanya bagus dan sukses, tapi gak sedikit pula yang bikin hati kita puas setelah pulang dari bioskop.

Yang lebih bikin berkesan, ada sejumlah film yang tidak terlalu dijagokan tetapi malah mencuri perhatian! Film-film ini biasanya ber-budget murah atau mengangkat topik antimainstream, namun sukses meraup untung besar-besaran! Yuk kita tengok bareng lima film keren berikut.

1. Yesterday sajikan kisah unik sekaligus menyentuh khas sutradara Danny Boyle

Tak Dijagokan, 5 Film Hollywood ini Justru Panen Pujian di 2019dok. Universal Pictures

Sutradara: Danny Boyle
Pemeran: Himesh Patel, Lily James

Bayangkan apa jadinya jika seluruh orang di dunia tiba-tiba tidak ingat lagi soal The Beatles. Seorang musisi indie pun mendadak jadi superstar karena hanya ia yang tahu karya-karya masterpiece band legendaris tersebut.

Danny Boyle (Slumdog Millionaire, Love Actually) kembali dengan film romantis dengan premis unik. Film yang cuma dibuat dengan dana USD26 juta (sekitar Rp360,5 miliar) ini sukses meraup keuntungan hingga USD130,8 juta (sekitar Rp1,8 triliun). Wah pemasukannya mencapai lima kali lipat!

2. Crawl buktikan horor bencana masih punya tempat di hati pemirsa selama digarap serius

Tak Dijagokan, 5 Film Hollywood ini Justru Panen Pujian di 2019dok Paramount Pictures

Sutradara: Alexandre Aja
Pemeran: Kaya Scodelario, Barry Pepper

Kaya Scodelario (Maze Runner) kembali tampil dalam film horor bencana dan petualangan ini. Ketika Florida diterpa badai besar, Haley mengabaikan perintah evakuasi demi mencari ayahnya yang hilang.

Setelah menemukannya terluka di rumah mereka, keduanya terperangkap banjir yang semakin meluap tinggi. Seiring semakin kuatnya badai tersebut, Haley dan ayahnya menemukan ancaman yang lebih berbahaya dari air bah yakni sekumpulan aligator ganas yang kelaparan.

Walaupun tidak diunggulkan, Crawl ternyata mendapat respons cukup positif di kalangan penikmat genre horor bencana. Tempo yang cepat, teror yang simpel, dan ketegangan yang dibangun apik membuatnya jadi tontonan menghibur. Dari modal hanya USD13,5 juta (sekitar Rp187 miliar), Crawl mampu meraih USD91,5 juta (sekitar Rp1,2 triliun). Artinya hampir tujuh kali balik modal!

3. Ready or Not kuda hitam genre horor slasher Hollywood di tahun 2019

Tak Dijagokan, 5 Film Hollywood ini Justru Panen Pujian di 2019dok. Fox Searchlight Pictures

Sutradara: Matt Bettinelli-Olpin, Tyler Gillett
Pemeran: Mark O'Brien, Samara Weaving

Ready or Not merupakan film horor slasher dengan elemen supernatural yang unik. Grace sangat bahagia ketika akhirnya berhasil menikahi kekasihnya di kediaman mewah milik sang mempelai pria. Namun, ada satu hal lagi yang harus dilaluinya sebelum bisa benar-benar bahagia.

Grace harus bersembunyi hingga fajar tiba karena keluarga mertua dan iparnya memburunya dengan pistol, crossbow, dan aneka senjata mematikan lainnya.

Satu lagi kuda hitam yang ternyata melampaui ekspektasi penonton. Ready or Not berhasil menyajikan genre horor slasher secara cerdas, lucu, dan unik. Film ini pun sukses meraup hingga USD54,7 juta atau sekitar Rp803 miliar. Untung besar dibanding biaya produksi yang hanya USD6 juta (Rp84 miliar). Coba deh hitung, hampir 9 kali lipat budget awal!

Baca Juga: 9 Film Horor Hollywood yang Paling Bikin Merinding di 2019

4. Brightburn bikin penonton dunia terpukau dengan ide 'Superman' psikopat

Tak Dijagokan, 5 Film Hollywood ini Justru Panen Pujian di 2019

Sutradara: David Yarovesky
Pemeran: Elizabeth Banks, Jason A. Dunn

Brightburn diproduseri oleh James Gunn (sutradara Guardians of the Galaxy, sekuelnyaserta Avengers: Infinity War dan Endgame). Film yang ditulis oleh dua adiknya, Brian dan Mark Gunn ini punya premis unik: gimana jadinya kalau entitas seperti Superman ternyata jahat!

Film ini menceritakan seorang bayi alien yang terdampar di Brightburn, Kansas dan diasuh oleh pasangan manusia. Bayi yang diberi nama Brandon ini tumbuh jadi anak yang tampak normal. Tapi ia lambat laun menyadari kekuatannya. Alih-alih jadi Superman yang baik hati, ia meneror warga Brightburn.

Eksekusi film superhero dengan nuansa horor thriller ini menuai pujian, dan disebut-sebut berpotensi untuk digali jadi universe yang lebih besar. Dengan modal hanya USD6 juta (sekitar Rp82 miliar), film ini berhasil mencetak box office hingga USD32,9 juta (sekitar Rp458,5 miliar) atau hampir 5 setengah kalinya!

5. Knives Out misteri pembunuhan yang dibumbui humor segar

Tak Dijagokan, 5 Film Hollywood ini Justru Panen Pujian di 2019dok. Lionsgate

Sutradara: Rian Johnson
Pemeran: Daniel Craig, Chris Evans, Jamie Lee Curtis, Toni Collette

Berbeda dengan sejumlah film Hollywood lainnya, Knives Out termasuk cukup santai dalam promosi. Gak heran jika banyak yang tak terlalu mengelu-elukan karya terbaru Rian Johnson (Star Wars: The Last Jedi) ini. Meski begitu, film misteri pembunuhan di sebuah keluarga kaya ini justru berhasil sukses dari segi review maupun komersial.

Knives Out memang dipersenjatai dengan ensemble cast kelas A Hollywood dan cerita yang menghanyutkan. Tetapi film ini bermodal relatif kecil jika dibandingkan dengan film lainnya. Dengan modal awal cuma USD40 juta (sekitar Rp555 miliar), Knives Out berhasil mengantongi box office hingga USD186 juta (sekitar Rp2,3 triliun). Hampir 5 kali lipat!

Bonus: Parasite asal Korea Selatan yang berhasil mengguncang dunia

Tak Dijagokan, 5 Film Hollywood ini Justru Panen Pujian di 2019dok. Barunson E&A Corp

Sutradara: Bong Joon-ho
Pemeran: Song Kang-ho, Choi Woo-shik, Park So-dam

Film yang satu ini memang bukan dari Hollywood, tetapi karya terbaru Bong Joon-ho (Snowpiercer, Okja) ini berhasil menghebohkan dunia perfilman internasional. Parasite bahkan membawa pulang Palme d'Or, penghargaan tertinggi dari Festival Film Cannes. 

Gak cuma mempersembahkan karakter yang kuat, cerita yang menarik, dan plot twist yang nendang, Parasite juga punya pesan kritik sosial yang begitu menampar dunia. Hanya bermodal USD11 juta (sekitar Rp152 miliar), Parasite laris manis hingga mencetak USD127,4 juta (sekitar Rp1,7 triliun). Artinya keuntungannya mencapai 11,5 kali lipat!

Itulah tadi 5 film Hollywood yang tak dijagokan, namun justru sukses besar selama tahun 2019. Banyak di antaranya yang cuma punya dana sangat kecil dibanding film box office lain. Meski begitu mereka mampu mencetak keuntungan berkali-kali lipat!

Gak cuma untung besar, review yang didapat juga sangat positif. Bukti nih guys, kalau uang gak selalu menjamin kualitas sebuah karya.

Baca Juga: 10 Film Hollywood Terlaris di 2019, Penghasilannya Fantastis!

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya