Comscore Tracker

Muncul di Film Captain Marvel, Ini Sejarah Tesseract di MCU

Belum nonton Captain Marvel? Jangan baca artikel ini!

Film Captain Marvel baru saja rilis di Indonesia pada beberapa waktu lalu. Film superhero wanita pertama dalam sejarah Marvel Cinematic Universe dihadirkan untuk melengkapi rangkaian plot cerita MCU selama hampir 11 tahun. Banyak hal yang ditampilkan dalam film ini. Salah satu yang membuat penasaran adalah munculnya Tesseract/Cosmic Cube yang merupakan salah satu entitas Infinity Stone yang dicari Thanos dalam film Avengers : Infinity War tahun lalu. Munculnya, Tesseract ini mengindikasikan jika Captain Marvel memiliki keterkaitan cerita dengan film MCu sebelumnya.

Lalu, bagaimana sejarah panjang Tesseract hadir dalam sinematik universe Marvel? Berikut adalah ulasannya untuk kamu.

1. Captain America The First Avengers

Muncul di Film Captain Marvel, Ini Sejarah Tesseract di MCUscreenrant.com

Secara garis waktu kemunculan film MCU, Tesseract diperlihatkan sekilas dalam film Iron Man 2, saat Tony Stark mempelajari jurnal milik Howard Stark, ayahnya. Dalam satu halaman terlihat gambar berupa kubus yang kemungkinan mengacu pada studi yang dilakukan Howard mengenai kubus tersebut sesaat setelah ditemukan di perairan Atlantik.

Namun, secara garis waktu cerita, Tesseract diperkenalkan pertama kali dalam film Captain America : The First Avengers. Tesseract merupakan salah satu benda 'pusaka' dalam ruang penyimpanan Odin, King of Asgard. Diceritakan Tesseract hilang dan ditemukan kembali di bumi, dijaga dan disembunyikan di sebuah desa di Norwegia. Lalu, pada tahun 1940, pemimpin HYDRA, Johan Schmidt a.k.a Red Skull, menemukan Tesseract dan menggunakannya sebagai senjata untuk memenangkan perang.

Captain America berusaha mencegah rencana Red Skull, dan melakukan pertarungan hebat dengan Red Skull. Saat Red Skull menyentuh Tesseract, ia terlempar ke luar angkasa dan Tesseract hilang. Red Skull dikalahkan namun Captain America harus mendaratkan pesawatnya di perairan Atlantik dan membeku hampir 70 tahun. Howard Stark, ayah dari Tony Stark, menjalankan misi pencarian Captain America dan menemukan Tesseract di lautan Atlantik.

2. Project P.E.G.A.S.U.S, Captain Marvel

Muncul di Film Captain Marvel, Ini Sejarah Tesseract di MCUmarvelcinematicuniverse.fandom.com

Proyek P.E.G.A.S.U.S pertama kali dipedengarkan dalam film Iron Man 2 bersamaan dengan proyek lainnya  yang pernah dilakukan oleh SHIELD yaitu G.O.L.I.A.T.H. dan E.X.O.D.U.S. Proyek G.O.L.I.A.T.H. sendiri muncul dalam film Ant Man and The Wasp, saat Hank Pym dan Bill Foster masih bekerja dengan SHIELD.

Proyek ini kembali diperkenalkan dalam film Captain Marvel. Proyek P.E.G.A.S.U.S adalah proyek bersama antara NASA, United States Air Force. Namun, SHIELD sepertinya juga ikut campur tangan dalam proyek ini. Mengapa bisa dikatakan demikian ? Kepemilikan terakhir Tesseract ada di tangan Howard Stark, yang tidak lain adalah orang dibalik lahirnya organisasi SHIELD, bersama dengan Peggy Carter. Sampai disini, kita bisa menyimpulkan Howard Stark menyerahkan Tesseract kepada Dr. Wendy Lawson, a.k.a. Mar-Vell untuk dipelajari. Proyek ini dilakuakn di fasilitas rahasia yang berada di Gurun Mojave. Tempat ini adalah tempat yang sama saat Loki mengambil Tesseract dalam film The Avengers.

Dr. Wendy Lawson mencoba untuk menciptakan jet dengan kekuatan cahaya dan melakukan uji coba bersama dengan Carol Danvers. Sayangnya, terjadi kecelakaan hebat dan terdengar kabar kalau Lawson dan Carol Danvers tewas. Seketika itu juga, proyek ini pun dihentikan. Namun, dalam film Captain Marvel, Carol Danvers menyerap kekuatan Tesseract dan menjadi superhero Captain Marvel. Dr. Wendy Lawson menyembunyikan Tesseract di luar angkasa. Carol dan Nick Fury berhasil menemukan Tesseract dan diamankan oleh Goose, kucing alien Flerken, dengan menelan Tesseract.

Di akhir filmnya, Goose memuntahkan kembali Tesseract di ruang kerja Nick Fury. Akhirnya, kepemilikan terakhir Tesseract ada di tangan SHIELD.

3. Thor

Muncul di Film Captain Marvel, Ini Sejarah Tesseract di MCUnerdist.com

Di akhir film Thor, Nick Fury yang saat itu menjabat sebagai Director of SHIELD merekrut Dr. Erik Selvig untuk mempelajari Tesseract. Bersama dengan Word Security Council, SHIELD kembali menghidupkan proyek PEGASUS guna mempelajari Tesseract. Hal inilah yang nantinya membawa kita dalam event The Avengers dimana Loki berusaha merebut Tesseract dari SHIELD yang ia gunakan untuk membuka portal dan memanggil pasukan Chitauri untuk menginvasi bumi.

Baca Juga: 5 Hal Captain Marvel yang Akan Terungkap di Film Avengers: Endgame

4. The Avengers

Muncul di Film Captain Marvel, Ini Sejarah Tesseract di MCUsegmentnext.com

Loki merebut Tesseract di lokasi penelitian rahasia di gurun Mojave. Tempat yang sama dalam film Captain Marvel. Loki berhasil merebut Tesseract dan menggunakannya untuk membuka portal, memaksa pasukan Chitauri untuk menginvasi bumi. Di akhir cerita, Loki kalah. Tesseract dibawa kembali ke Asgard oleh Thor dan kembali disimpan di ruang penyimpanan Odin

5. Thor: Ragnarok dan Avengers Infinity War

Muncul di Film Captain Marvel, Ini Sejarah Tesseract di MCUboundingintocomics.com

Sesaat sebelum memulai ramalan Ragnarok, Loki memasuki ruang penyimpanan Odin dan melirik keberadaan Tesseract. Di akhir, film Thor Raganarok, kapal Thor yang berisi penduduk Asgardian dihadang oleh kapal milik Thanos yang mengetahui keberadaan Tesseract disana. Thanos berhasil merebut Tesseract yang di dalamnya tersimpan kekuatan salah satu Infinity Stone yaitu Space Stone.

Nah, itu dia tadi sejarah panjang salah satu Infinity Stone, space stone dalam film Marvel Cinematic Universe. Di luar dugaan, film Captain Marvel akhirnya menjawab secara lengkap dan detail mengenai keberadaan Tesseract di bumi hingga akhirnya dalam genggaman Thanos.

Untuk kamu yang belum nonton film Captain Marvel, segera ditonton ya karena tidak hanya tentang Tesseract, banyak hal lain yang akan terjawab dalam film ini.

Baca Juga: Setelah Captain Marvel, Apakah Goose Muncul di Avengers: Endgame?

DEDE SURYA PRADIPTA Photo Verified Writer DEDE SURYA PRADIPTA

Pop news geek in superhero movie, comics, and series

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You