Comscore Tracker

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!

Rekomendasi KDrama lawas hingga baru untuk kalian, nih!

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan, setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia. Hari tersebut diperingati guna meningkatkan kesadaran masyarakat dan edukasi terkait kesehatan mental di seluruh dunia.

Nah, untuk belajar soal isu kesehatan mental tak hanya dari buku diktat, lho, tetapi juga bisa dari tontonan seperti drama Korea. Penonton dapat mengetahui secara umum tentang isu kesehatan mental dari para karakter yang bermain di drama tersebut. Inilah 9 drama Korea yang membahas soal isu kesehatan mental. Wajib tonton, nih!

1. It's Okay To Not Be Okay

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji di It's Okay to Not Be Okay (Dok. tvN)

It's Okay To Not Be Okay menjadi salah satu drama terpopuler yang tayang pada tahun 2020. Drama yang dibintangi Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, dan Oh Jung Se ini menceritakan tentang romansa yang saling menyembuhkan antara para tokohnya.

Drama tvN ini mengambil latar di sebuah bangsal kejiwaan di kota kecil yang di dalamnya terdapat banyak pasien dengan gangguan kesehatan mental.

Tokoh utamanya, Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) yang bekerja sebagai perawat, tanpa disadari merasa tertekan ketika merawat sang kakak, Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang mengidap sindrom autisme sejak kecil. Go Moon Young (Seo Ye Ji), tokoh utama wanita ini berprofesi sebagai penulis dongeng yang mengangkat cerita-cerita kekerasan karena pola asuh yang salah. Ia mengalami gangguan antisosial.

2. It's Okay, That's Love

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Jo In Sung dan Gong Hyo Jin di drama It's Okay, That's Love (Dok. SBS)

Drama lawas tahun 2014 ini wajib ditonton bagi kalian yang berniat mendapatkan tontonan lucu, romantis, tapi juga ingin tahu seputar kesehatan mental. It's Okay, That's Love menyajikan kisah cinta rumit antara penulis pengidap skizofrenia (Jo In Sung) dengan residen psikiatri yang trauma bercinta lantaran pernah dikhianati dan melihat ibunya berselingkuh (Gong Hyo Jin). Perlahan, kehidupan mereka berubah drastis setelah saling mengenal.

Tak hanya tokoh utamanya yang mengalami gangguan kesehatan, tetapi juga para pemeran pendukung. Park Soo Gwang (Lee Kwang Soo) mengidap sindrom Tourette.

3. Move to Heaven

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Lee Je Hoon dan Tang Joon Sang di drama Move To Heaven (Dok. Netflix)

Masih ingat dengan tokoh Han Geu Reu (Tang Joon Sang) di serial Move to Heaven? Han Geu Reu cenderung pintar dan analitis, tapi dirinya kesulitan berinteraksi dengan orang lain. Han Geu Reu mengidap sindrom Asperger yang termasuk gangguan spektrum autisme.

Walau demikian, Han Geu Reu tak lepas dari kasih sayang orang-orang di sekitarnya. Tiga orang yang selalu ada untuk Han Geu Reu adalah mendiang ayah Han Jeong U (Ji Jin Hee), sahabatnya Yoon Na Mu (Hong Seung Hee), dan paman Cho Sang Gu (Lee Je Hoon).

4. Kill Me, Heal Me

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Park Seo Joon, Hwang Jung Eum, dan Ji Sung di drama Kill Me, Heal Me (Dok. MBC)

Penonton mungkin terhibur ketika tokoh Ahn Yo Na muncul karena ia tampak imut dan centil. Tapi, dia hanya salah 1 dari 7 kepribadian yang dimiliki Cha Do Hyun (Ji Sung).

Yups, Cha Do Hyun adalah pria pengusaha yang pernah mengalami kekerasan pada masa kecil. Ia akhirnya mengidap kepribadian ganda atau DID. Kepribadian Cha Do Hyun berubah-ubah tergantung situasi yang ia alami saat itu. 

Drama Kill Me, Heal Me tak selalu membuat emosi, lantaran ada juga unsur romansa maupun komedi antara ketiga tokoh utama, yakni Cha Do Hyun, psikiater Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum), dan Oh Ri On (Park Seo Joon).

Baca Juga: 20 Drama Korea yang Paling Banyak Dibicarakan Netizen Twitter

5. SKY Castle

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Para pemeran SKY Castle (Dok. JTBC)

Tuntutan untuk belajar di sekolah maupun kampus bergengsi nyatanya tak baik untuk kesehatan anak. Drama SKY Castle mampu menggambarkan ini dengan baik. Demi memasukkan anaknya di kampus terkemuka, para orangtua berlomba menyewa tutor bernama Kim Joo Young (Kim Seo Hyung). Sang tutor sendiri memiliki anak yang pintar, namun ia mengalami gangguan mental dan terus memecahkan soal matematika tanpa henti sejak kecil sampai remaja.

Tak hanya anak Kim Joo Young yang bermasalah, tapi juga Kang Ye Seo (Kim Hye Yoon) dan Kang Ye Bin (Lee Ji Won). Karena ambisinya tinggi, Kang Ye Seo mengalami gangguan interaksi dengan teman-temannya. Sang adik, Kang Ye Bin, juga seorang klepto.

6. Cheese In The Trap

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Kim Go Eun dan Park Hae Jin di drama Cheese In The Trap (Dok. tvN)

Drama Cheese In The Trap yang dibintangi Kim Go Eun dan Park Hae Jin juga mengangkat sekilas isu tentang gangguan kesehatan mental. Park Hae Jin berperan sebagai Yoo Jung, senior Hong Seol (Kim Go Eun), ternyata menyimpan sisi gelap. Ia cenderung manipulatif dan memiliki masalah kepercayaan. Yoo Jung yang berasal dari keluarga kaya, menganggap setiap orang yang mendekati dirinya selalu ingin memanfaatkan keberadaannya.

7. Mad for Each Other

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Oh Yeon Seo dan Jung Woo di drama Mad For Each Other (Dok. KakaoTV)

Seperti judulnya, para tokoh utama Mad For Each Other selalu meluapkan emosi ketika bertemu. No Whi Oh (Jung Woo) dan Lee Min Kyung (Oh Yoon Seo) bertemu setelah bersama-sama menjalani terapi kejiwaan akibat sebuah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan mereka. No Whi Oh mudah emosi terhadap hal-hal kecil didiagnosa menderita gangguan kepahitan pascatrauma, sedangkan Lee Min Kyung menderita gangguan delusi dan pascatrauma.

8. You Are My Spring

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Kim Dong Wook dan Seo Hyun Jin di drama You Are My Spring (Dok. tvN)

You Are My Spring menjadi drama underrated tahun 2021 yang sayang bila dilewatkan. Drama tvN ini bercerita tentang tiga tokoh utama yang terhubung akibat trauma masa kecil. Kang Da Jeong (Seo Hyun Jin) punya trauma yang mengakibatkan dirinya terjerat hubungan toksik. Ia berusaha bangkit dan dibantu oleh psikiater Joo Yeong Do (Kim Dong Wook).

9. Find Me In Your Memory

9 Drama Korea tentang Mental Illness, Happy World Mental Health Day!Kim Dong Wook dan Moon Ga Young di Find Me In Your Memory (Dok. MBC)

Satu lagi drama Kim Dong Wook yang masuk daftar ini. Find Me In Your Memory bercerita tentang Lee Jung Hoon (Kim Dong Wook), pembaca berita yang mengalami kondisi Hyperthymesia. Kondisi ini membuat Lee Jung Hoon mengingat hampir semua pengalaman yang ia alami. Sadar akan kondisinya, Lee Jung Hoon memeriksakan dirinya kepada sahabatnya yang berprofesi sebagai neuropsikiatri Yoo Tae Eun (Yoon Jong Hoon).

Itulah 9 drama yang mengangkat isu kesehatan mental. Happy watching dan semoga sehat selalu, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea tentang Mata-mata, Aksinya Bikin Deg-degan

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya