Comscore Tracker

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album Empathy

D.O. ingin beri energi positif ke penggemar #디오_Rose_오늘_발매하됴

Do Kyungsoo atau D.O. EXO akhirnya resmi debut solo setelah sembilan tahun berkarier sebagai idola KPop. D.O. merilis album bertajuk Empathy pada Senin (26/7/2021) dengan lagu andalan berjudul Rose.

Album Empathy berisi delapan lagu yang terdiri dari enam lagu dan dua lagu bonus berbahasa Inggris dan Spanyol. Kedelapan lagu tersebut adalah Rose, I'm Gonna Love You, My Love, It's Love, Dad, I'm Fine, Rose (versi Bahasa Inggris), dan Si Fueras Mia (versi Bahasa Spanyol It's Love).

Nah, penasaran gak sih dengan curhatan D.O. di balik debut solonya kali ini? Baca terus, ya!

1. D.O. merasakan pengalaman baru lewat debut solonya

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album EmpathyD.O. EXO (Dok. SM Entertainment)

D.O. yang terbiasa bernyanyi bersama para member EXO, mengaku sempat merasakan tantangan saat harus bernyanyi sendirian.

"Ini benar-benar terasa baru. Aku terbiasa bernyanyi dengan para memberku, tapi sekarang aku harus bernyanyi sendirian. Bagaimanapun, ini adalah perasaan yang unik dan menyenangkan. Aku ingin tahu apa yang orang lain pikirkan tentang albumku," terang D.O.

2. D.O. merasakan limpahan energi positif dari kata 'empati'

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album EmpathyD.O. EXO (Instagram.com/weareone.exo)

Pasti publik penasaran dong kenapa album solo pertama D.O. diberi judul Empathy. Nah, D.O. bercerita bahwa kata 'empati' mengandung banyak energi positif di dalamnya.

"Ada kalanya aku tak nyambung dengan kata 'empati', tapi aku merasakan ada banyak energi baik di dalamnya. Karena itulah, aku memutuskan untuk menjadikan 'empati' sebagai tema dengan harapan memberikan (energi) itu kepada orang lain," ungkap penyanyi kelahiran Gyeonggi, Korea Selatan, ini.

3. D.O. paling merasa nyaman dengan musik akustik

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album EmpathyD.O. EXO (Instagram.com/weareone.exo)

Kalau kamu sudah mendengarkan lagu-lagu D.O. di album Empathy, kamu pasti tahu jika seluruh lagunya bernuansa akustik. Kata D.O., dirinya memang merasa paling nyaman dengan petikan instrumen gitar akustik.

"Karena ini adalah album solo pertamaku, aku ingin fokus mengerjakan musik yang aku inginkan. Secara pribadi, aku benar-benar menyukai suara gitar akustik, dan aku merasa nyaman mendengarkan itu. Jadi, aku memutuskan untuk mengarah ke sana," imbuh pelantun lagu That's Okay ini.

4. Title track Rose berisi melodi yang ringan

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album EmpathyD.O. EXO (Instagram.com/weareone.exo)

Rose merupakan lagu andalan pada debut album solo D.O. Menurut D.O., Rose adalah lagu bergenre folk akustik dengan ritme gitar yang segar. "Poin utamanya adalah lagu Rose bernuansa melodi ringan yang dapat dinyanyikan semua orang," kata D.O.

Baca Juga: Fakta dan Lirik Lagu Colde feat Baekhyun EXO When Dawn Comes Again

5. D.O. mencoba menulis dua lagunya sendiri, yaitu Rose dan I'm Fine

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album EmpathyD.O. EXO (Instagram.com/weareone.exo)

Masih berkaitan dengan tema 'empati', D.O. menulis dua lagunya sendiri yaitu Rose dan I'm Fine.

"Setelah memutuskan bahwa album ini bertema 'empati', salah satu hal yang aku pikirkan adalah, bahwa cinta adalah emosi yang bisa dirasakan setiap orang. Aku kira ini akan menyenangkan jika lagu-laguku dapat membuat nyaman orang lain seperti laguku sebelumnya, That's Okay. Itulah kenapa aku mencoba menulis lirik laguku sendiri," terang penyanyi kelahiran 12 Januari 1993 ini.

6. D.O. bersyukur Wonstein dapat berduet dengannya di Empathy

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album EmpathyD.O. EXO (Instagram.com/weareone.exo)

Musisi Wonstein berkolaborasi dengan D.O. lewat lagu I'm Gonna Love You. Ditanya soal kolaborasinya, D.O. berpikir bahwa Wonstein ialah satu-satunya musisi yang ia pikirkan ketika pertama kali mendengar I'm Gonna Love You.

"Aku bersyukur karena dia bersedia berkolaborasi dalam lagu ini. Ini pertama kalinya mengerjakan sesuatu seperti ini, dan ini adalah pengalaman baru yang menyenangkan," tutur D.O.

7. D.O. memang ingin menyanyikan Rose dan It's Love sesuai guide aslinya

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album EmpathyD.O. EXO (Instagram.com/weareone.exo)

Penggemar pasti penasaran soal kehadiran dua bonus lagu berbahasa Inggris dan Spanyol dalam album D.O. Pasalnya, penggemar memang ingin sekali mendengar D.O. menyanyikan lagu berbahasa asing.

"Ketika aku pertama kali mendengar lagu-lagu tersebut, guide-nya dalam Bahasa Inggris dan Spanyol. Aku ingin menyanyikannya untuk kalian karena lirik dan lagunya bagus," tandas bintang film Swing Kids ini.

8. D.O. ingin penggemar merasakan energi positif lewat lagu-lagu Empathy

Debut Solo, 8 Curhat D.O. EXO soal Album EmpathyD.O. EXO (Instagram.com/weareone.exo)

Terakhir, D.O. tak lupa untuk menyampaikan pesan kepada para penggemarnya. Idola KPop yang mahir berakting ini berharap penggemar dapat merasakan energi positif ketika mendengarkan lagu-lagunya. "Aku ingin kalian merasa bahagia. Jangan lupa makan teratur dan jaga kesehatan," pungkas D.O.

Baca Juga: Pesonanya Bikin Silau, Ini 9 Gaya Sehun EXO di Pemotretan Terbaru

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya