Comscore Tracker

Bong Joon Ho & 4 Sutradara Asia Jadi Nominasi Sutradara Terbaik Oscars

Dua diantaranya pernah menang penghargaan sutradara terbaik

Kiprah Bong Joon Ho di mata internasional tak diragukan. Sutradara film Parasite itu berjaya di sejumlah penghargaan bergengsi internasional, termasuk Academy Awards ke-92 atau Piala Oscars yang digelar Minggu (9/2) waktu Amerika Serikat. Ia memenangkan penghargaan sebagai sutradara terbaik di ajang itu.

Selain Bong Joon Ho, ternyata ada empat sutradara Asia lain yang pernah masuk nominasi sutradara terbaik Oscars Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Hiroshi Teshigara

Bong Joon Ho & 4 Sutradara Asia Jadi Nominasi Sutradara Terbaik Oscarsimdb.com

Hiroshi Teshigara adalah sutradara berkebangsaan Jepang yang populer lewat film Woman in the Dunes (1964). Sutradara yang meninggal di usia 74 tahun ini masuk nominasi sutradara terbaik Piala Oscars pada tahun 1964 lewat film itu. Film Woman in the Dunes juga masuk nominasi film asing terbaik lho.

Film Woman in the Dunes bercerita tentang guru sekolah bernama Niki Junpei (Eiji Okada) yang mengumpulkan serangga di bukit pasir. Malang tak dapat diraih, dalam proses pengumpulan itu, keesokan harinya terjadi bencana.

2. Akira Kurosawa

Bong Joon Ho & 4 Sutradara Asia Jadi Nominasi Sutradara Terbaik Oscarsimdb.com

Filmmaker berkebangsaan Jepang ini telah menyutradarai 30 film sepanjang 57 tahun berkarier. Akira debut sebagai sutradara pada saat Jepang masih fokus Perang Dunia II. Namun begitu, kiprah sutradara yang lahir 23 Maret 1910 ini gak perlu diragukan di kancah internasional.

Di ajang Oscars, ia mendapat nominasi sutradara terbaik lewat film Ran (1985). Selain itu, Rashomon (1952) mendapat penghargaan film berbahasa asing terbaik. Sekitar 23 tahun kemudian, Dersu Uzala (1975) juga masuk nominasi film asing terbaik.

Yang bikin bangga, Akira meraih penghargaan tanda kehormatan atas dedikasinya pada perfilman dari Oscars tahun 1990. Hat's off, Sir! 

Baca Juga: Parasite Borong Piala, 7 Fakta Tak Terlupakan dari Oscars 2020

3. M. Night Shyamalan

Bong Joon Ho & 4 Sutradara Asia Jadi Nominasi Sutradara Terbaik Oscarsimdb.com

Masih ingat film lawas The Sixth Sense (1999) yang dibintangi Bruce Willis? Film itu disutradarai M. Night Shyamalan yang lahir di India. Kini, M. Night Shyamalan memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat.

Lewat film The Sixth Sense, M. Night Shyamalan berhasil masuk nominasi sutradara terbaik Piala Oscar tahun 1999. Film ini bercerita tentang psikolog anak Malcolm Crowe yang ditembak mati mantan pasiennya. Namun, Malcolm ternyata tak menyadari bahwa dirinya telah tewas hingga disadarkan oleh remaja pria bernama Cole Sear (Haley Joel Osment). 

4. Ang Lee

Bong Joon Ho & 4 Sutradara Asia Jadi Nominasi Sutradara Terbaik Oscarsimdb.com

Life of Pi (2012) menjadi salah satu film fenomenal pada tahun 2012. Siapa sangka, sutradaranya ternyata filmmaker asal Taiwan bernama Ang Lee. Sutradara berusia 65 tahun ini pernah dua kali menyabet penghargaan sebagai sutradara terbaik yakni, film Brokeback Mountain (2005) dan Life of Pi (2012).

5. Bong Joon Ho

Bong Joon Ho & 4 Sutradara Asia Jadi Nominasi Sutradara Terbaik OscarsRob Latour/Shutterstock

Terakhir, ada Bong Joon Ho yang kembali mengharumkan Asia di kancah perfilman Hollywood. Lewat film Parasite (2019) yang digarapnya, Bong Joon Ho menyabet empat penghargaan. Salah satunya adalah sutradara terbaik.

Kita ucapkan selamat deh buat para filmmaker ini. Semoga ke depannya ada sineas Indonesia yang berhasil menembus Hollywood, ya!

Baca Juga: Parasite dan 1917 Mendominasi, Ini 24 Pemenang Piala Oscars 2020

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya