Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Horor Remaja yang Siap Bikin Jantung Copot

Beberapa film ini angkat tema bullying dan seks bebas

Masa remaja disebut-sebut sebagai masa-masa di mana seseorang sedang mencari jati dirinya. Pada tahap ini, besar kemungkinan seorang remaja terjerumus dalam hal-hal negatif karena sikapnya yang masih labil. Hal yang sama juga ditampilkan dalam lima film horor dengan karakter utama para remaja berikut ini.

Terlepas dari bumbu-bumbu horornya, beberapa film di bawah ini ternyata mengangkat isu-isu yang umum terjadi di kalangan para remaja, seperti perundungan dan pergaulan bebas. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan film-film horor yang dimaksud, langsung simak informasinya, yuk!

1. Scream (1996)

https://www.youtube.com/embed/AWm_mkbdpCA

Siapa sih yang tak tahu film ikonik satu ini? Yup, film ini adalah Scream (1996). Film Amerika bergenre horor misteri arahan Wes Craven yang dibintangi oleh Neve Campbell, David Arquetta, Courtney Cox, Matthew Lillard, Rose McGowan, Skeet Ulrich, Jamie Kennedy, dan Drew Barrymore.

Film berdurasi 1 jam 51 menit ini menceritakan tentang seorang remaja perempuan bernama Sidney Prescott dan teman-temannya yang diteror oleh seorang pembunuh berantai yang diketahui mengenakan jubah hitam dan topeng ghost, setahun setelah ibu Sidney meninggal dunia. Bukan sekadar teror biasa, beberapa teman Sidney bahkan dibunuh secara sadis oleh sang pembunuh misterius.

Berkat plotnya yang segar dan orisinal, Scream berhasil memperoleh rating fantastis di IMDb dengan skor 7.4/10.

2. I Know What You Did Last Summer (1997)

https://www.youtube.com/embed/yiAlcLlJpQE

Masih dari genre yang sama, I Know What You Did Last Summer (1997) adalah film berdurasi 1 jam 41 menit arahan Jim Gillepsie yang menampilkan Sarah Gellar, Jennifer Hewitt, Freddie Prinze, Ryan Phillippe, Johnny Galecki, Anne Heche, dan Birdgette Wilson. Film ini diketahui terinspirasi dari legenda urban "The Hook" dan film bergenre serupa berjudul Prom Night dan The House on Sororrity Row yang sama-sama dirilis pada awal tahun 1980-an.

Singkat cerita, film ini mengisahkan tentang sekumpulan remaja yang tak sengaja menabrak seseorang di sebuah tebing dengan mobil yang mereka kendarai. Mereka pun memutuskan untuk menyingkirkan tubuh sang korban dan terpaksa menenggelamkannya karena ternyata korban tersebut masih hidup. Tak berakhir di situ, sekumpulan remaja ini ternyata menerima serentetan teror dan ancaman dari seseorang yang misterius setelah kejadian tersebut.

Film ini memperoleh skor 5.8/10 di situs IMDb.

3. It Follows (2014)

https://www.youtube.com/embed/HkZYbOH0ujw

Jay (Maika Monroe), seorang remaja perempuan berusia 19 tahun, pergi berkencan dan melakukan hubungan seksual dengan seorang pria bernama Hugh (Jake Weary) di jok belakang mobil pria tersebut. Akan tetapi, setelahnya, Hugh memberitahu Jay bahwa ia telah memberikan kutukannya kepada gadis malang tersebut.

Tak main-main, Jay pun benar-benar mengalami banyak kejadian aneh dan menyeramkan yang ditandai dengan kehadiran entitas misterius yang selalu mengikutinya. Berkat eksekusinya yang baik, film arahan David Robert Mitchell ini berhasil memperoleh skor 6.8 di situs IMDb. Walaupun bergenre horor, It Follows menyiratkan pesan yang mendalam bagi para remaja-remaja yang terjerumus dalam gaya hidup seks bebas.

Baca Juga: Sudah Tahu? 5 Film Horor Pertama di Dunia, Kiblat Film Horor Saat Ini 

4. Carrie (2013)

https://www.youtube.com/embed/qSn7JyijA8k

Carrie (2013) mengisahkan tentang seorang remaja putri bernama Carrie (Chloe Moretz) yang sering menjadi target bullying di sekolahnya. Carrie yang sadar memiliki kemampuan telekinesis pun mulai medalami kemampuannya tersebut.

Singkat cerita, Sue (Gabriella Wilde), salah seorang pelaku bullying tersebut merasa bersalah atas tindakannya dan mencoba memperbaiki keadaan dengan meminta pacarnya yang bernama Tommy (Ansel Elgort) untuk pergi ke acara pesta dansa sekolah bersama Carrie.

Setelah berhasil meyakinkan Carrie, Tommy akhirnya pergi ke acara tersebut. Sayangnya, pesta tersebut harus berakhir tragis karena beberapa pelaku bullying kembali melancarkan aksinya kepada Carrie hingga mengakibatkan Tommy tewas.

Fyi, film arahan Kimberly Peirce ini merupakan remake dari film berjudul serupa yang dirilis pada tahun 1976 lalu yang diarahkan oleh Brian De Palma. Berbeda dengan film pendahulunya yang berhasil memperoleh rating sebesar 7.4, Carrie (2013) hanya berhasil memperoleh rating sebesar 5.8 dari IMDb.

5. Host (2020)

https://www.youtube.com/embed/SNlKbqHqGcY

Film terakhir ini bisa dibilang film horor dengan konsep paling unik dalam daftar ini. Bagaimana tidak, Host (2020) sepenuhnya mengambil setting room zoom sebagai latar tempatnya. Walaupun demikian, hal tersebut tetap tidak mengurangi kengerian dari filmnya. Film besutan Shadowhouse Films ini merupakan film bergenre horor misteri yang menampilkan Haley Bishop, Emma Webb, Jemma Moore, James Swanton, Radina Drandova, Caroline Ward, dan Seylan Baxter.

Singkat cerita, film berdurasi 57 menit ini mengisahkan tentang sekumpulan remaja yang melakukan ritual pemanggilan roh lewat zoom. Akan tetapi, ritual yang awalnya hanya iseng-iseng berubah menjadi malapetaka ketika arwah yang mereka panggil benar-benar muncul dan membunuh mereka satu per satu. Berkat konsepnya yang unik tersebut, Host berhasil memperoleh rating 6.5 dari IMDb.

Melihat trailer-nya saja sudah membuat merinding 'kan? Nah, bagi kalian yang ingin menyaksikan film-film horor remaja di atas, jangan lupa untuk siapkan hati dan mental kalian ya. Khususnya bagi kalian yang tidak kuat menyaksikan adegan-adegan sadis.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Film Horor dan Thriller yang Minim Jumpscare

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya