Comscore Tracker

5 YouTuber Ajarkan Bahasa Inggris dengan Metode Unik

Bahasa Inggris sekarang semudah nonton serial, tinggal klik lalu amati, deh!

Berbagai jenis konten tersedia di YouTube, termasuk edukasi. Belajar lewat buku atau ikut kursus adalah metode yang membosankan bagi sebagian orang, selain itu biaya yang dikeluarkan juga mahal, apalagi kursus bahasa Inggris. 

Tapi jangan khawatir, di YouTube terdapat banyak content creator yang mengajar bahasa Inggris dengan metode unik dan tidak membosankan. Bahkan kamu bisa dapat ilmu dari native speaker langsung, lho. 

Selain gratis, kamu bisa belajar di manapun dan kapanpun. Penasaran? Inilah deretan YouTuber yang wajib kamu subscribe jika ingin belajar bahasa Inggris. Dijamin jadi ketagihan belajar! 

1. Aaron's English

https://www.youtube.com/embed/TTGJPqKhz6M

Aaron O'Brien adalah native speaker asal Australia yang aktif mengajar bahasa Inggris lewat Instagram dan YouTube. Selain memberi tips, Aaron juga membuat skit tentang penggunaan bahasa Inggris pada situasi tertentu, seperti saat belanja, presentasi dan interview.

Gaya mengajar yang khas membuatnya banyak digemari. Artikulasi dan cara bicaranya yang jelas sangat mudah dimengerti untuk kamu yang masih pemula. Sekarang, Aaron's English memiliki 26.600 subscriber dan 42 ribu followers di Instagram. 

Aaron juga membuka kelas bahasa Inggris online, seperti AEonWA yaitu kelas bahasa Inggris lewat WhatsApp serta Fluent by Aaron English yang dikhususkan untuk anak SD - SMP.

2. Puri Viera

https://www.youtube.com/embed/f2AOJGY9qSM

Perempuan asal Surabaya ini menetap di San Diego, California bersama suaminya, Ricky. Selain membuat daily vlog tentang kesehariannya, Puri juga sering membahas tentang budaya, kebiasaan, kuliner sampai harga barang-barang di sana.

Puri Viera juga mengajarkan bahasa gaul yang biasa digunakan di Amerika serta kesalahan yang sering dibuat orang Indonesia ketika bicara bahasa Inggris. Gaya bicaranya yang asik membuat banyak orang menyukai kontennya, terbukti channel YouTube-nya memiliki 306 ribu subcriber

Channel ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berkuliah di Amerika, karena kamu bisa mengetahui kehidupan di Amerika dari Puri Viera. Jadi, jika kamu ingin belajar bahasa Inggris sekaligus menambah pengetahuan tentang Amerika, channel YouTube Puri Viera bisa jadi pilihanmu. 

3. Naila Farhana

https://www.youtube.com/embed/RPjOrPo77WE

Naila Farhana adalah seorang mahasiswi yang mengenyam pendidikan di Belanda. Jadi, selain lancar berbahasa Inggris, Naila juga bisa berbahasa Belanda.

Channel ini banyak disukai karena selalu memberikan motivasi pada penontonnya, seperti cara membangun kepercayaan diri, belajar bahasa Inggris untuk introver dan motivasi lainnya.

Pada videonya, Naila akan memberi terjemahan untuk kata-kata yang jarang kita dengar, hal ini membuat kita belajar kosakata baru di setiap video. Konten yang paling digemari banyak orang adalah video sketsa percakapan yang sangat lucu dan menghibur, misalnya tentang frasa bahasa Inggris saat Zoom meeting, percakapan wawancara kerja, memesan makanan di cafe dan sketsa lainnya. 

Saat ini, channel YouTube-nya memiliki 442 ribu subscriber. Naila juga membuka kelas bahasa Inggris, lho. Jika kamu menyukai konten Naila Farhana, mungkin kami juga tertarik untuk mendaftar kelas bahasa Inggrisnya.

Baca Juga: 5 Youtuber Ini Terjun Memulai Karier di Dunia Tinju, Alih Profesi?

4. Guruku Mr D

https://www.youtube.com/embed/-xEIuzmDKto

Denisio Perez atau lebih akrab dipanggil Mr. D adalah native speaker asal Amerika yang sudah tinggal di Indonesia selama 8 tahun. Di channel YouTube-nya, Guruku Mr. D banyak membuat video tentang grammar dan pronounciation, cara mengajarnya juga mudah dimengerti, sangat berguna untuk kamu yang masih pemula, nih.

Semakin lama, konten YouTube-nya makin menarik dan beragam. Mr. D membuat konten belajar bahasa Inggris lewat film atau series, seperti belajar aksen British lewat series 'The Crown'. Kemudian, ada konten "3 Langkah Melatih Listening" untuk kamu yang ingin melatih kemampuan listening. Mr. D akan bercerita mengenai topik-topik menarik, tujuannya agar kamu tahu seberapa banyak dirimu mengerti tentang topik yang sedang diceritakan.

Channel guruku Mr. D memiliki 553 ribu subscibers. Di channel YouTube-nya, kamu juga bisa mendengarkan 50 Fifty Podcast yang menghadirkan bintang tamu menarik. Konsepnya, bintang tamu akan diajak mengobrol menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

5. Sacha Stevenson

https://www.youtube.com/embed/BeC0LeL4hHk

Sacha Stevenson adalah perempuan asal Kanada yang sudah tinggal di Indonesia sejak tahun 2001. Pada awalnya, Sacha membuat konten tentang pengalamannya di Indonesia dibalut dengan konsep sketsa komedi.

onten yang paling menarik adalah Seleb English, kita akan diajak menonton video public figure yang sedang berbicara bahasa Inggris dan Sacha akan mengoreksinya jika ada kesalahan. Penilaiannya yang jujur dan blak-blakan membuat banyak orang menyukainya. Konten Seleb English menunjukan bahwa orang yang mahir berbahasa Inggris pun masih sering membuat kesalahan, hal ini membuat kita jadi tambah semangat belajar. 

Saat ini, channel YouTube-nya memiliki 1,3 juta subscriber. Namun, Sacha dan suaminya memutuskan untuk pindah ke Kanada karena ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya, Zee. Tapi jangan khawatir, Sacha dan suaminya masih rutin upload konten tentang kehidupan mereka di Kanada. 

6. Londo Kampung

https://www.youtube.com/embed/npf4YCweOdY

Pemilik channel ini bernama Dave Jephcott atau biasa dipanggil Cak Dave adalah native speaker asal Australia yang sudah tinggal di Surabaya sejak umur 2 tahun. Sekarang, Cak Dave tinggal bersama Istri dan kedua anaknya, orangtuanya pun masih menetap di Surabaya.

Dalam videonya, justru kita akan lebih sering melihat Cak Dave berbicara bahasa Jawa dibanding bahasa Inggris. Namun, kita tetap dapat belajar bahasa Inggris dari videonya. Konten channel ini lebih fokus pada komedi seperti prank. Dalam videonya, Cak Dave akan mendatangi warung makan, pasar sampai sekolah dan berpura-pura tidak bisa bicara bahasa Indonesia. 

Selain lucu dan menghibur, kamu bisa belajar dua bahasa sekaligus, bahasa Inggris dan Jawa. Saat ini, channel Londo Kampung memiliki lebih dari 4 juta subscriber, lho. Banyak sekali, ya! Apakah kamu salah satunya?

Di zaman serba canggih ini, belajar bahasa Inggris menjadi semakin mudah. Apalagi ada content creator di YouTube yang membuat proses belajarmu menyenangkan. Jadi, apa channel YouTube favoritmu untuk belajar bahasa Inggris? 

Baca Juga: 7 Tayangan Edukatif dari TED-Ed yang Wajib Ditonton saat Gabut

Delweys Octoria Photo Writer Delweys Octoria

Hi, bestie! Have a great day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya