Comscore Tracker

Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Film

Bukan hanya kuat, tetapi juga sangat pintar

Dalam dunia film dikenal sosok yang disebut sebagai supervillain. Disebut super karena untuk melawan villain ini tidak hanya kuat, tetapi juga sangat pintar sehingga bukan hal yang mudah untuk mengalahkannya. Supervillain ini biasanya menjadi bos terakhir dalam sebuah cerita dan tidak jarang menjadi salah satu ikon dalam film tersebut.

Kali ini IDN Times akan membagikan 7 Supervillain yang ada dalam dunia film dan anime yang sosoknya selalu diingat oleh para fansnya. Siapa sajakah ketujuh tokoh tersebut? Mari kita simak bersama-sama!

1. Thanos (Avengers)

Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Filmsideshow.com

Thanos adalah sosok villain yang menjadi dalang di banyak kejadian di Marvel Cinematic Universe, seperti penyerangan di New York (The Avengers) hingga musnahnya 50 persen seluruh makhluk di alam semesta (The Avengers: Infinity War). Thanos digambarkan sebagai villain yang sangat kuat (terlebih lagi jika menggunakan infinity stones) dan juga cerdas karena dia bisa membuat taktik untuk merebut Infinity Stones dari tangan para Avengers.

Thanos bukanlah musuh yang dihadapi sendiri, hal ini terbukti meskipun Thanos telah dikeroyok oleh banyak superhero, dia tetap bisa bertahan dan berhasil mencapai tujuannya. Meski pada akhirnya Thanos berhasil dikalahkan di The Avengers: Endgame, hal ini membutuhkan pengorbanan yang besar yaitu pengorbanan nyawa seorang superhero.

2. Madara Uchiha (Naruto)

Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Filmaminoapps.com

Madara Uchiha adalah sosok legenda di dalam dunia Naruto (karena sebetulnya dia sudah mati) dan namanya selalu disebut-sebut sebagai ninja terkuat. Namun, dalam perang akhir dunia Ninja, Madara Uchiha berhasil hidup kembali berkat jurus Edo Tensei dan setelah menipu Obito Uchiha. Hal ini menunjukkan bahwa dia tidak hanya kuat, tetapi juga sangat cerdik karena bisa merencanakan kebangkitan dirinya sendiri dari kematian.

Perang dunia Ninja di akhir cerita Naruto menjadi tempat Madara Uchiha untuk pamer kekuatan dan ribuan pasukan ninja seperti tidak ada artinya di hadapan Madara. Terang saja, Madara mampu memanggil meteor hingga menjadi Jinchuriki Juubi sehingga dia hampir tidak terkalahkan. Meskipun pada akhirnya Madara justru dibunuh oleh sosok legenda yaitu Kaguya, Madara telah menjadi musuh paling ikonik dalam dunia Naruto.

3. Father (Fullmetal Alchemist Brotherhood)

Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Filmimdb.com

Dalam anime Fullmetal Alchemis Brotherhood, sang Elric bersaudara memiliki satu tujuan yaitu menemukan cara mengembalikan tubuh mereka setelah melakukan percobaan transmutasi manusia. Namun, mereka justru terlibat dalam peristiwa berskala nasional dan perang tiada akhir. Setelah waktu berjalan, akhirnya diketahui bahwa seorang Homunculus yang dipanggil "Father" menjadi biang kerok dari seluruh peristiwa tersebut.

Dalam pertempuran akhir di anime ini, "Father" diceritakan berhasil membuat Philosopher Stone dengan tumbal seluruh manusia di penjuru negeri dan hal ini membuatnya memiliki kekuatan yang mendekati dewa. Meski kekuatannya berhasil dikurangi oleh berbagai rencana yang telah dibuat, "Father" tetaplah sangat kuat sehingga harus diserang oleh banyak orang sekaligus. "Father" akhirnya berhasil dikalahkan setelah dia kehabisan kekuatan melawan Edward Elric.

Baca Juga: 10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamu

4. Darthvader (Star Wars)

Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Filmslashfilm.com

Darth Vader adalah villain ikonik dari serial Star Wars dan tampil perdana pertama kali di tahun 1977, meski sudah sangat lama tetapi sosok Darth Vader telah menjadi ikon bagi film Star Wars. Kepopuleran Darth Vader ini bukan tanpa sebab, sosok villain satu ini digambarkan memiliki masa lalu yang sangat kompleks mulai dari kematian ibu, istrinya, hingga anak-anaknya yang dia anggap telah tiada.

Tubuh dari Darth Vader juga banyak dipasangi oleh mesin untuk membantunya bertahan hidup dan bahkan dia akan meninggal jika melepaskan helmnya yang ikonik tersebut. Darth Vader juga digambarkan sangat kuat sehingga dia pun menjadi salah satu pendiri Galacti Empire. Namun, di balik semua latar belakangnya, jauh di dalam hatinya dia adalah orang yang baik dan rela mati demi menyelamatkan anaknya. Hal ini membuat para penikmat film Star Wars memiliki ikatan emosional dengan karakter villain satu ini.

5. Joker (Batman)

Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Filmnewsarama.com

Joker adalah musuh bebuyutan dari Batman. Joker digambarkan sebagai villain yang kejam, suka membunuh, dan memiliki masalah kejiwaan. Meskipun secara fisik dia tidak sekuat Batman, Joker memiliki banyak trik dan tipu muslihat untuk mengalahkan musuh bebuyutannya itu. Namun, Joker menganggap Batman memiliki kemiripan dengan dirinya sehingga dia seringkali mengampuni nyawa Batman meski memiliki kesempatan untuk membunuhnya berkali-kali.

Joker sebetulnya tidak memiliki motivasi yang jelas atas segala tindakan jahatnya, tetapi dia diceritakan pernah mengalami kecelakaan dan terpapar zat kimia yang merusak pikirannya. Meski begitu, Joker telah menjadi villain yang ikonik, bahkan di dalam dunia DC Comics sendiri. Ketenarannya ini bahkan membuatnya memiliki filmnya tersendiri (kesempatan yang langka untuk tokoh villain) berjudul Suicide Squads.

6. Marshall. D. Teach/ Kurohige (One Piece)

Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Filmfickyseptian.com

Marshall. D. Teach atau dipanggil juga Kurohige adalah villain di dunia anime One Piece yang mulai menunjukkan taringnya setelah menyerahkan Portgas. D. Ace, yaitu kakak dari sang tokoh utama Monkey. D. Luffy ke angkatan laut. Sebelum kejadian tersebut, Kurohige adalah anak buah dari bajak laut terkenal bernama Shirohige, tetapi Kurohige diusir karena membunuh rekannya sendiri.

Di alur perang Marineford, Kurohige berhasil membunuh Shirohige yang kelelahan dan merebut kekuatannya sehingga membuatnya menjadi sosok yang sangat ditakuti. Keberhasilannya ini berkat taktik dan kelicikan dari Kurohige yang luar biasa, bahkan saat ini pun Kurohige telah menjadi salah satu dari empat Kaisar Lautan di dunia One Piece dan memiliki pengaruh kekuatan yang sangat besar.

7. Voldermort (Harry Potter)

Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Filmphillyvoice.com

Voldermort adalah villain utama di film Harry Potter yang sangat ditakuti dan telah disebut-sebut namanya dalam film pertama Harry Potter. Saking ditakutinya, banyak orang yang bahkan tidak berani untuk menyebutkan namanya. Voldermort sendiri adalah seorang ahli sihir berbakat yang sempat bersekolah di Hogwarts, tetapi dia justru menjadi seorang penyihir gelap yang memimpin pembantaian dengan tujuan untuk menguasai dunia sihir.

 Voldermort memiliki masa lalu yang cukup memilukan, dia tidak sempat merasakan kasih sayang orang tuanya karena sang ibu meninggal saat dia baru lahir dan sang ayah pergi meninggalkan dirinya. Kekejian Voldermort sejak masih di panti asuhan, dia kerap kali membunuh hewan peliharaan di sana hingga menyiksa anak panti asuhan lainnya. Kekuatan, kepintaran, dan kekejiannya membuat Voldermort menjadi supervillain yang sangat ditakuti dan ikonik dalam film Harry Potter.

Nah, jadi itulah 7 karakter villain paling ikonik dalam film. Bukan hanya karakter protagonis saja yang menjadi kunci kesuksesan sebuah film, tetapi juga karakter antagonis yang ditakdirkan menjadi musuh dari sang protagonis. Oleh karena itu, keberadaan karakter villain yang ikonik sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas sebuah cerita.

Baca Juga: 5 Villain Terbaik yang Muncul di Marvel Cinematic Universe

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya