Comscore Tracker

10 Serial Televisi Bertema Jurnalistik, Seru Banget Lho!

Dari drama serius hingga komedi situasi #IDNTimesHype

Jurnalistik masih merupakan tema yang menarik untuk dibuat sebagai suatu tontonan. Pekerjaan penuh hiruk pikuk mencari berita, mengejar nara sumber serta dihantui deadline rasanya sangat memikat untuk hadir di ruang keluarga.

Kehidupan jurnalis sehari-hari baik di media cetak seperti koran, media elektronik seperti televisi maupun media online tidak melulu seru. Ketika ada ajang Piala Dunia Sepakbola, Pemilihan Presiden, skandal politik, pesawat jatuh, aksi terorisme ataupun perang semua seakan terasa “hidup”. Saat tidak terjadi peristiwa menggemparkan malah terasa hampa. Sepertinya jargon bad news is good news benar adanya.

Inspirasi dari pekerjaan jurnalistik seakan tiada habisnya. Banyak sekali serial televisi tentang dunia media yang dibuat. Berikut sepuluh serial TV tentang jurnalisme yang paling asyik ditonton.

1. The Newsroom (2012--2014)

https://www.youtube.com/embed/lB944ODCK24

Aaron Sorkin adalah orang di balik kesuksesan serial The West Wing (1996--2006). Dia melanjutkan instingnya membuat serial yang digemari pemirsa kala menggarap The Newsroom. Serial yang dibintangi oleh Jeff Daniels sebagai Will McAvoy ini menampilkan kehidupan sehari-hari tim produksi acara "News Night," sebuah program berita televisi di channel ACN.

Ada pula Emily Mortimer, Sam Waterston, Dev Patel, dan Jane Fonda sebagai pemeran pendukung. Dalam dunia pertelevisian selalu ada masalah rating, iklan dan fakta. Ketiga hal ini dikemas dengan menarik dan penonton bisa memandangnya dari perspektif yang berbeda.

2. State of Play (2003)

https://www.youtube.com/embed/ykdlXRF4usA

Kamu mungkin sudah nonton film layar lebar Hollywood berjudul State of Play dengan bintang-bintang terkenal seperti Russel Crowe, Ben Affleck, Rachel McAdams, Jeff Daniels, Jason Bateman, Helen Mirren dan Robin Wright. Tapi tahukah kamu film tersebut mendapatkan inspirasi dari serial berjudul sama?

Drama seri sebanyak enam episode ini menggambarkan penyelidikan sebuah surat kabar tentang kasus pembunuhan di London. Seorang politikus muda menjadi tersangka dalam suatu kecelakaan maut yang mencurigakan. Seorang reporter utama The Herald turut terbawa dalam sebuah konspirasi pemerintah. Topik yang menarik bukan?

3. Sharp Objects (2018)

https://www.youtube.com/embed/DgljcMqPG98

Amy Adams berperan sebagai Camille Preaker, seorang reporter investigasi, dalam miniseri yang dibuat berdasarkan novel Gillian Flynn berjudul sama. Ia kembali ke kampung halamannya di Missouri untuk meliput kasus pembunuhan berantai dua orang perempuan muda.

Camille juga memiliki masalahnya sendiri yang beragam mulai dari kejiwaan, keinginan untuk menyakiti diri sendiri, ketergantungan terhadap alkohol hingga hubungannya dengan ibundanya yang pemberang (diperankan oleh Patricia Clarkson).

Baca Juga: 5 Drama Korea Bertema Serial Killer yang Penuh Tragedi, Menegangkan!

4. Press (2018)

https://www.youtube.com/embed/VeoIR0BkJWI

Press merupakan miniseri drama Inggris yang terdiri dari enam episode. Pertama kali tayang di BBC pada September 2018, serial ini menggambarkan dua surat kabar Inggris yang bersaing secara sengit, yaitu The Post dan The Herald. Para editor dan reporter ruang-ruang redaksi paling sibuk di London tersebut terjebak dalam era digital dan siklus berita 24 jam yang sangat melelahkan.

5. The Morning Show (2019)

https://www.youtube.com/embed/iJjp5p51Cow

Jennifer Aniston dan Reese Witherspoon tampil memukau dalam serial yang terinspirasi dari buku Brian Stelter, koresponden media CNN, berjudul Top of the Morning: Inside the Cutthroat World of Morning TV.

Kedua aktris yang pernah berperan sebagai kakak dan adik dalam serial Friends tersebut kali ini main bareng dalam drama kehidupan jurnalis televisi yang sarat masalah kekuasaan dan pelecehan seksual di tempat kerja.

6. House of Cards (2009--2018)

https://www.youtube.com/embed/8QnMmpfKWvo

Berdasarkan novel Michael Dobbs yang dulu diadaptasi oleh BBC pada 1990, serial ini kembali hadir dengan latar belakang Washington sebagai taman bermain para politikus. Seorang jurnalis muda terjebak dalam permainan politik tingkat tinggi yang berujung kematiannya.

Sederet bintang Hollywood tampil dalam serial ini seperti Kevin Spacey, Robin Wright, Michael Kelly, Mahershala Ali, Jayne Atkinson, Neve Campbell dan Kate Mara.

7. The Wire (2002--2008)

https://www.youtube.com/embed/lUeOCo0HeJo

Detektif Jimmy McNulty (Dominic West) menanamkan bukti di lokasi pembunuhan untuk mengarang keberadaan seorang pembunuh berantai demi menyiapkan liputan pers. Itu adalah salah satu skandal yang dibongkar reporter dalam serial yang ditulis oleh mantan reporter David Simon. Dia pernah menjadi reporter kriminal di koran The Baltimore Sun.

Tom McCarthy turut main dalam serial drama kriminal ini. Ia adalah sutradara Spotlight – film dari kisah nyata para wartawan Boston Globe yang menginvestigasi kasus pelecehan di gereja Katolik - yang merebut Oscar pada 2016 sebagai film terbaik. McCarthy pun memperoleh Oscar sebagai penulis naskah asli terbaik.

8. The Hour (2011--2012)

https://www.youtube.com/embed/u_nyCY1s2CA

Bercerita tentang Inggris di era Perang Dingin, kisah-kisah The Hour berpusat pada jurnalis, produser, dan pembawa acara untuk program berita investigasi. Intrik politik dalam negeri, drama spionase, Krisis Suez, ketegangan nuklir Perang Dingin serta berbagai latar belakang sejarah menjadikan serial ini semakin menarik.

9. 30 Rock (2006--2013)

https://www.youtube.com/embed/INcdkbcNq2c

Komedi situasi satir ini bercerita tentang berbagai hal di balik panggung sebuah acara sketsa komedi live. Diperankan dan ditulis oleh aktris Tina Fey berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai penulis utama program "Saturday Night Live" sitcom ini mendulang sukses dengan memborong 16 penghargaan Emmy Award serta sederet penghargaan lainnya.

Tina Fey berperan sebagai Liz Lemon, seorang penulis yang workaholic. Ia memiliki seorang atasan arogan Jack Donaghy (Alec Baldwin), salah satu sumber masalah dari beragam problem dan kekacauan yang terjadi di ruang kerja mereka.

10. Great News (2017--2018)

https://www.youtube.com/embed/eIhUsfhXBJM

Komedi situasi ini bercerita tentang Katie (Briga Heelan), seorang produser pemula di program berita TV "The Breakdown" yang harus bekerja bareng ibundanya (Andrea Martin) yang magang di tempatnya berkarir. Tentu saja segalanya menjadi kacau, rumit namun lucu dan kadang bikin terharu.

Ditambah dengan nuansa asmara dengan bosnya yang orang Inggris serta persaingan duet pembawa acara yang diproduserinya (John Michael Higgins dan Nicole Richie), Katie sering terjebak dalam hal-hal yang merepotkan.

Nah, itulah sepuluh serial televisi yang berlatar jurnalisme. Mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 12 Aktor yang Sukses Bintangi Film dan Serial Garapan Sendiri

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya