6 Drama Korea yang Membuatmu Nostalgia Serunya Masa Kuliah

Serasa jadi mahasiswa kembali

Drama Korea sudah merajalela di Indonesia. Semakin tahun semakin banyak pula cerita yang ditawarkan. Berbagai genre memanjakan penonton yang haus akan hiburan-hiburan berkualitas. Mulai dari romance, komedi, fantasi, action, misteri, dan banyak lagi. Penonton tinggal memilih dan menunggu jam tayangnya.

Salah satu yang disukai masyarakat adalah drama yang membangkitkan nostalgia, misalnya nostalgia masa perkuliahan. Lika-liku kehidupan perkuliahan biasanya berputar di masalah persahabatan, cinta, keluarga, akademis, organisasi, dan banyak lagi. Drama seperti ini tentu memiliki nilai tersendiri bagi kamu yang sudah meninggalkan bangku kuliah. Rasanya seperti kembali menjadi mahasiswa.

Berikut ini adalah enam drama Korea yang mengangkat kisah dengan latar belakang lika-liku kehidupan perkuliahan yang mungkin akan kamu sukai.

Reply 1994

6 Drama Korea yang Membuatmu Nostalgia Serunya Masa Kuliahsoompi.com

Reply 1994 adalah serial kedua dari Reply yang begitu terkenal. Drama ini dibintangi oleh Go Ara, Jung Woo, Yoo Yeon Seok, Kim Sung Kyun, Son Ho Jun, dan Min Do Hee. Seperti pendahulunya, drama ini pun mengambil latar di masa lalu, yaitu di tahun 1994.

Pada tahun 1994, enam orang mahasiswa dari berbagai daerah berkumpul di Seoul. Mereka tinggal di romah kost yang sama, yang dikelola oleh ayah dari seorang mahasiswi bernama Na Jung. Melompat-lompat dari tahun 1994 hingga 2013, penonton diajak menebak siapa lelaki yang akan menjadi suami Na Jung di antara beberapa mahasiswa tersebut.

Go Back Couple

6 Drama Korea yang Membuatmu Nostalgia Serunya Masa Kuliahdrakorsub.com

Go Back Couple adalah salah satu drama andalan KBS2 pada pertengahan akhir tahun 2017 lalu. Drama tersebut dibintangi oleh Jang Nara dan Son Ho Jun. Go Back Couple adalah drama dengan campuran genre komedi romantis fantasi yang mengharukan dan sangat menarik diikuti.

Ma Jin Joo dan Choi Ban Do adalah sepasang suami istri yang baru saja bercerai. Suatu malam, mereka kembali ke masa 20 tahun silam ketika masih duduk di bangku kuliah. Jin Joo dan Ban Do berusaha saling menghindar dengan harapan nasib mereka akan lebih baik bila tak pernah bertemu. Namun takdir berkata lain. Dalam pertemuan yang kedua kali pun keduanya tetap jatuh cinta dan justru menyadari kesalahan yang menyebabkan hancurnya rumah tangga mereka.

Cheese In The Trap

6 Drama Korea yang Membuatmu Nostalgia Serunya Masa Kuliahallkpop.com

Berawal dari sebuah webtoon yang sukses di negeri asalnya, Cheese In The Trap pun diadaptasi menjadi sebuah drama. Park Hae Jin, Kim Go Eun, Lee Sung Kyung, dan Seo Kang Joon adalah jajaran pemain yang menambah keseruan jalan cerita. Drama ini tayang pada awal tahun 2016 dan berkisah seputar kehidupan para mahasiswa di kampus.

Yoo Jung adalah seorang mahasiswa senior yang merupakan anak orang kaya namun memiliki kepribadian aneh. Hal tersebut mendorong Hong Seol untuk menjauhinya dan keluar dari universitas. Akan tetapi, Hong Seol akhirnya kembali ke kampus dan bertemu dengan Yoo Jung.

Tak disangka Yoo Jung berubah menjadi sangat baik dan mereka pun berkencan. Kehidupan percintaan dan perkuliahan mereka berjalan lancar hingga kehadiran pihak-pihak lain yang menambah ramai suasana.

Twenty Again

6 Drama Korea yang Membuatmu Nostalgia Serunya Masa Kuliahccasian.com

TvN memang tak pernah kehabisan akal untuk menayangkan drama berkualitas nan menghibur. Twenty again adalah salah satu yang tayang pada tahun 2015. Drama ini memiliki alur yang hampir serupa dengan Go Back Couple, keinginan memperbaiki kehidupan tanpa ada kata terlambat mengenai usia seseorang.

Ha No Ra adalah perempuan berusia 38 tahun yang pernah bermimpi menjadi seorang penari. Sayangnya akibat sebuah kehamilan tak terduga, ia harus menikah di usia 19 tahun dan merelakan mimpinya. Kini suatu pagi, ia berencana untuk masuk ke perguruan tinggi. Ia ingin menebus seluruh masa-masa muda yang tak pernah dinikmatinya. Bersama suami dan anaknya, Han No Ra menikmati hidup seperti seharusnya ketika berusia 20 tahun.

Tomorrow's Cantabile

6 Drama Korea yang Membuatmu Nostalgia Serunya Masa Kuliahsporadicfangirl.com

Kamu penggemar manga Jepang berjudul Nodame Cantabile? Maka Tomorrow's Cantabile adalah salah satu drama yang wajib kamu tonton. Drama ini merupakan adaptasi dari sebuah manga, anime, dan serial drama Jepang. Drama ini dibintangi oleh Shim Eun Kyung, Park Bo Gum, dan Go Kyung Pyo.

Jalan ceritanya tak jauh berbeda dengan versi manga. Kali ini penonton diajak merasakan suasana bersekolah di universitas musik. Yoo Jin adalah seorang mahasiswa yang pandai bermain piano. Ia adalah sosok lelaki sempurna, namun sebenarnya ia menyimpan trauma mendalam. Suatu hari takdir mempertemukannya dengan Nae Il, mahasiswi aneh nan jenius. Hidup Yoo Jin menjadi berantakan setelah bertemu dengan Nae Il.

Heartstrings

6 Drama Korea yang Membuatmu Nostalgia Serunya Masa Kuliahweheartit.com

Sama seperti Tomorrow's Cantabile, Heartstrings juga mengambil latar belakang musik. Drama ini dibintangi oleh aktris ternama Park Shin Hye dan Jung Yong Hwa. Meski sudah cukup lama, namun drama ini masih banyak dicari oleh pecinta drama Korea karena kisah yang menarik.

Lee Shin dan Lee Gyu Won sama-sama mahasiswa jurusan musik di sebuah universitas. Hanya saja musik yang mereka tekuni berbeda genre. Lee Shin adalah ketua grup band terkenal sementara Gyu Won lebih memilih mendalami musik tradisional Korea. Perbedaan ini pun menjadi menarik ketika keduanya berkali-kali bersimpangan jalan.

Nah, itulah enam drama Korea yang akan membuatmu bernostalgia pada masa-masa duduk di bangku perkuliahan. Usia boleh semakin tua, tapi semangat pemuda masih harus berkobar di jiwamu selamanya.

Desy Photo Verified Writer Desy

Professional writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya