Comscore Tracker

5 Serial Misteri Produksi Indonesia, Gak Kalah dengan Hollywood

Bahkan, ada yang menang penghargaan internasional, lho

Tayangan serial selalu memiliki tempat tersendiri di hati penonton. Bahkan ketika bioskop sudah dibuka kembali, menonton melalui gadget memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda. Ada yang menikmati rasa penasaran selagi menunggu episode terbaru, ada pula yang asyik marathon semalaman.

Menjamurnya layanan streaming membuat produksi serial terus bermunculan. Indonesia pun tak kalah aktif aktif memproduksi tayangan berkualitas. Salah satu genre yang populer adalah misteri atau horor, yang selalu bisa membuat penonton penasaran.

Apa kamu juga termasuk dalam tim pecinta serial genre tersebut? Jika iya, kamu harus coba menonton deretan serial misteri tanah air ini. 

1. Sianida

https://www.youtube.com/embed/J39KSb9V2uA

Masih ingat kasus kopi sianida yang pernah terjadi di Indonesia? Serial ini mengusung cerita yang sedikit mirip dengan itu. Deengan jumlah episode sebanyak 12, serial ini mulai ditayangkan di WeTV dan Iflix sejak 25 Agustus 2021 lalu.

Sianida berkisah tentang Amelia yang meninggal usai meminum secangkir kopi beracun. Peristiwa itu lalu menimbulkan kecurigaan terhadap orang-orang di sekitarnya, terutama David dan Jenny. David adalah calon suaminya, sedangkan Jenny ternyata adalah kekasih gelap Amelia.

Mampukah kedua orang itu membuktikan kebenaran alibi masing-masing?

2. Brata

https://www.youtube.com/embed/rq0BCerfTbQ

Brata merupakan salah satu serial Indonesia yang masuk dalam nominasi Asian Academy Creative Awards 2019. Oka Antara sebagai pemeran utama pun berhasil meraih penghargaan aktor utama terbaik. Brata ditayangkan selama dua musim di HOOQ dan Maxstream pada tahun 2018 dan 2020 lalu.

Seorang detektif bernama Brata, ditugaskan untuk menyelesaikan kasus pembunuhan. Kasus tersebut terjadi di sebuah tempat sengketa, dengan wajah korban tertutup topeng. Mampukah Brata mengusut tuntas kasus tersebut yang ternyata berhubungan dengan masa lalu kelamnya?

3. Tunnel

https://www.youtube.com/embed/7gOeonAcpug

Apakah kamu penggemar KDrama berjudul Tunnel pada tahun 2017? Ini adalah remake dari drama tersebut. Tunnel versi Indonesia diperankan oleh Donny Alamsyah dan dapat dinikmati hanya di GoPlay.

Alkisah pada tahun 1990 di Yogyakarta, ditemukan beberapa jasad dengan kondisi yang tidak wajar. Tigor dan rekannya, Yoyo, berusaha mengungkap pelaku pembunuhan berantai tersebut. Akan tetapi, dalam masa pengejaran, tiba-tiba Tigor terbangun di tempat dan tahun yang berbeda.

Ternyata kasus yang ia tangani belum juga terpecahkan di tahun 2020. Tigor pun bertekad mencari si pembunuh sekaligus jalan pulang ke tahun 1990.

Baca Juga: 5 Film Horor Bertema Lovecraft, Seramnya Gak Abal-abal!

4. Pretty Little Liars

https://www.youtube.com/embed/VCNqGZ4kxIE

Pretty Little Liars addalah remake dari serial Amerika yang ditayangkan langsung sebanyak 10 episode di Viu. Serial ini dibintangi oleh Yuki Kato, Shindy Huang, Eyka Farhana, Anya Geraldine, dan Valerie Thomas. Serial yang tayang pada 22 April 2020 lalu ini cukup menyita perhatian dan mendapat banyak pujian dari penonton mancanegara.

Bercerita tentang menghilangnya Alisa, sosok paling dominan di antara lima bersahabat. Setahun setelahnya, empat sahabat tersebut menerima pesan berantai berisi ancaman akan membocorkan rahasia gelap mereka. Mereka pun bersatu untuk menemukan siapa gerangan pengirim pesan misterius tersebut.

5. Paradise Garden

https://www.youtube.com/embed/np48FQjNOeA

Web serial satu ini mungkin tidak sepopuler yang lain, tapi bukan berarti kamu bisa meremehkan ceritanya. Tayang di Vidio Premier pada 29 Juli 2021 lalu, serial ini dibintangi oleh Jefri Nichol dan Vanesha Prescilla.

Paradise Garden mengisahkan tentang Nitya dan Ganes yang menghilang, tak lama setelah pindah ke sebuah kompleks perumahan. Saudara mereka, Andra dan Navya, berusaha mencari tahu kebenarannya. Semakin lama mencari, mereka ternyata juga menemukan berbagai keanehan di kompleks perumahan tersebut.

Adakah rahasia yang tersimpan di balik para penghuni Paradise Garden?

Tak hanya dari luar negeri, Indonesia pun bisa memproduksi serial misteri atau horor yang tidak kalah keren. Jika selama ini kamu sering memandang remeh tayangan di layar kaca, cobalah beralih ke beragam layanan streaming. Percaya, deh, bisa jadi ketagihan nantinya.

Baca Juga: Selain Makr, 10 Film Horor di YouTube ALTER yang Ngerinya Bikin Parno

Desy Photo Verified Writer Desy

Professional writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya