Comscore Tracker

RIP Queen of Soul, Ini 5 Momen Film Musikal Terbaik Aretha Franklin

#PANJATPOIN Lagu-lagunya keren banget!

Dunia hiburan dunia baru saja berkabung setelah Queen of Soul, Aretha Franklin dilaporkan meninggal dunia pada usia 76 tahun, Sabtu (17/8/2018). Sebelumnya, diva kelahiran 25 Maret 1942 itu diketahui menderita penyakit serius yaitu kanker pankreas.

Sebagai Ratu Musik Soul, Aretha Franklin sendiri telah mewariskan begitu banyak sekali karya musik semasa hidupnya. Selain acap kali mengisi berbagai panggung pertunjukan secara live, musik-musik yang dinyanyikan Aretha juga diketahui berkumandang di berbagai film.

Untuk menghormati pencapaian Queen of Soul, berikut adalah lima film musikal terbaik yang menggunakan lagu Aretha Franklin, dilansir dari Cinemablend.com dan Vox.com.

1. The Blues Brothers (1980) - Think

https://www.youtube.com/embed/Vet6AHmq3_s

Film The Blues Brothers ini merupakan satu-satunya film layar lebar di mana Aretha Franklin tampil bernyanyi. Dalam film itu, Aretha berperan sebagai Nyonya Murphy, istri dari gitaris Matt Murphy.

Saat pertama kali ditampilkan, Aretha sebagai Nyonya Murphy tengah berdebat dengan sang suami. Ketika itu, Matt meminta istrinya untuk mengizinkannya kembali bermain musik bersama grup band lamanya.

Tentu saja, seperti yang dilakukan oleh setiap istri, Nyonya Murphy mengatakan kepada sang suami untuk benar-benar memikirkan pilihannya. Dan saat itulah tembang Aretha Franklin bertajuk Think yang rilis pada tahun 1967 itu berkumandang.

2. Mystic Pizza (1988) - Respect

https://www.youtube.com/embed/tTXwDzwEkxc

Terkadang, sebuah lagu dapat membuat momen terkecil dari sebuah film seperti Mystic Pizza menjadi sebuah kegembiraan. Coba tengok bagaimana trio tokoh utama yang diperankan oleh Julia Roberts, Lili Taylor dan Annabeth Gish tengah bernyanyi bersama.

Film Mystic Pizza ini sendiri bercerita tentang tiga perempuan yang menempuh jalan hidupnya masing-masing. Namun, mereka bertiga sama-sama bekerja di sebuah toko pizza. Dalam sebuah perjalanan, mereka bertiga sedang menumpang truk.

Ketika itu, sebuah lagu yang dipopulerkan Aretha Franklin berjudul Respect mulai berputar dari radio truk. Ketiga sahabat itu pun mulai bernyanyi bersama. Sungguh hangat.

3. Michael (1996) - Chain of Fools

https://www.youtube.com/embed/IU8cq6rcgCs

Di samping lagu Respect, tembang Chain of Fools mungkin adalah lagu Aretha Franklin yang paling sering diputar sepanjang sejarah momen film musikalnya. Tapi dari semua momen itu, momen film musikal terbesar datang dari John Travolta yang bermain dalam film Michael.

Mula-mula, tokoh Michael yang diperankan John Travolta ini sedang berdansa sendirian di lantai dansa sebuah bar. Sejurus kemudian, beberapa pengunjung perempuan mulai berdansa bersamanya. Tentu hal itu membuat beberapa pengunjung pria tak suka. Akhirnya, terjadilah perkelahian yang jenaka.

Apa yang membuat lagu Chain of Fools Aretha Franklin ini menarik adalah bagaimana aktor John Travalota menjadi naik daun dibuatnya. Secara, John sendiri memang dikenal sebagai aktor multi-talenta.

4. The Holiday (2006) - You Send Me

https://www.youtube.com/embed/A6zpR9oXzEs

Lagu You Send Me Aretha Franklin ini merupakan salah satu lagu yang paling memorable. Film komedi-romantis The Holiday yang dibintangi duet aktris Kate Winslet dan Cameron Diaz ini menempatkan tembang You Send Me di momen yang tepat. Soalnya, lagu itu membentuk salah satu ending film yang paling hangat dan bahagia.

Dalam film The Holiday itu, Kate Winslet berpasangan dengan Jack Black, sementara Cameron Diaz berpasangan dengan Jude Law. Di ending film itu, semua orang sedang berkumpul untuk merayakan Natal. Tak lama kemudian, tembang You Send Me mulai diputar dan menutup film dengan perasaan bahagia.

5. Moonlight (2016) - One Step Ahead

https://www.youtube.com/embed/LFaodVKSSQU

Terkadang sebuah lagu bisa membuat sebuah momen menjadi lebih terasa. Sementara pada kesempatan lain, momen itu sendiri juga bisa meningkatkan penghayatan akan sebuah lagu. Itulah yang membuat film Moonlight menggondol penghargaan Best Picture di ajang Academy Awards. Padahal, ketika itu ada film musikal lainnya yang lebih populer yaitu La La Land.

Film Moonlight besutan sutradara Barry Jenkins itu mengisahkan perjalanan dari tokoh Chiron aka Black (Trevante Rhodes) yang masa kecilnya selalu ditindas alias di-bully oleh teman-temannya karena tubuhnya yang kecil. Black dewasa akhirnya mendapat seorang sahabat bernama Kevin sekaligus perlindungan dari bos gangster bernama Juan.

Momen yang sangat berharga datang ketika Black memasuki sebuah restoran. Lagu One Step Ahead pun berputar dari speaker restoran. Lagu yang dipopulerkan Aretha Franklin tahun 1967 itu pun membentuk ending film yang emosional. Tak heran bila Moonlight mengalahkan La La Land yang lebih populer.

Itulah lima momen film musikal terbaik dari legenda sekaligus Queen of Soul almarhum Aretha Franklin. Dunia akan selalu mengingat hasil karya-karyanya yang luar biasa.

Dian Farida Hanum Photo Community Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Yogie Fadila

Just For You