Comscore Tracker

8 Lagu Underrated BTS Ini Gak Kalah Bagus dari Lagu Utama! 

#WeONWithBTS Makna lagunya juga dalem banget!

BTS selalu tampil di hadapan publik dengan membawa lagu utama dalam setiap albumnya. Misalnya, siapa yang tak kenal dengan lagu Boy With Luv, Fake Love, DNA, Blood Sweat and Tears, itu semua merupakan judul lagu main track yang sering didengar oleh khalayak umum.

Pantas saja jika publik hanya mengenal lagu BTS yang itu-itu saja. Padahal masih banyak lagu-lagu B-side dari album-album BTS terdahulu yang dirasa kurang hits namun gak kalah bagusnya dari main track, lho!

Jika kamu ingin mengenal lebih jauh tentang musik BTS, coba dengarkan 8 lagu "tersembunyi" ini, ya! Bisa-bisa bikin tambah jatuh cinta dengan BTS!

1. We On (O!RUL8,2?)

https://www.youtube.com/embed/ar7_p4k7gJQ

We On adalah sebuah lagu dari album mereka O!RUL8,2? yang dirilis tahun 2013. Walaupun tak banyak yang tahu lagu ini sekarang, namun We On sempat 'menampar' publik pada tahun 2013. Bagaimana tidak? Untuk sebuah grup yang baru debut, lirik dari lagu ini terlampau berani.

Lirik lagu We On menyampaikan bahwa apa pun perkataan haters, BTS akan mempertahankan musik mereka sendiri yang khas. Mereka bahkan menyindir orang-orang yang membenci KPop dan menyindir Rapper yang hanya menulis lagu tentang percintaan saja. Genrenya hip hop dipadu dengan suara mereka yang garang, membuat lagu ini wajib didengarkan bagi yang belum tahu.

2. Hip Hop Lover (Dark And Wild)

https://www.youtube.com/embed/1w0ya8Qof0I

Rilis tahun 2014, album Dark And Wild mencuri perhatian publik sebagai Album bertema hip hop. Dalam lagu berjudul Hip Hop Lover, BTS menceritakan mengapa mereka sangat menyukai genre hip hop dan memilih tema tersebut pada masa itu. Bahkan dalam liriknya BTS menyebut artis-artis hip hop yang mereka sukai seperti Nas, Tupac, Kanye, Kendrick dan lainnya.

Baca Juga: 6 Lagu BTS yang Bikin Baper, Cocok Didengarkan Saat Fall in Love! 

3. Sea (Love Yourself: Her)

https://www.youtube.com/embed/IJGjs-MFkUY

Mungkin, tak banyak yang tahu mengenai lagu yang satu ini. Bukan karena tidak bagus, melainkan Sea adalah lagu hidden track dalam album Love Yourself: Her. Lagu ini sangat spesial, kamu tidak akan menemukannya di aplikasi musik streaming, karena lagu ini hanya ada di album fisiknya saja.

Lirik lagu Sea, menyiratkan mimpi BTS sebagai artis KPop. Mengibaratkan lautan dan gurun terlihat sama saja saat mereka bersama ARMY.

4. Rain (Dark Wild)

https://www.youtube.com/embed/2ul7iBp_rbE

Alunan musik yang lembut ditambah suara merdu dari member BTS yang padu membuat Rain begitu menyayat hati. Ketika mendengarkan lagu ini, pendengar akan diajak menyusuri Kota Seoul yang sedang hujan. Bagi kamu yang sedang melankolis, pengen dengerin lagu galau dengan ditemani hujan, Rain dari BTS ini pasti bikin kamu haru!

5. Outro: Tear (Love Yourself: Tear)

https://www.youtube.com/embed/639hc_F2TZU

Lagu yang dibawakan oleh Rap line BTS ini yakni Suga, J-Hope, RM ini menjadi lagu yang mungkin kurang diperhatikan, mengingat posisinya sebagai Outro. Namun, bagi kamu penikmat lagu rap dan bergenre hip hop, Outro: Tear wajib berada di playlistmu.

Lirik lagu ini menceritakan rasa frustrasi, marah, dan keputusasaan member rap line ketika sedang putus cinta. Walaupun lagu ini penuh dengan rap, namun kesan sedih tetap tersampaikan ke pendengar karena musiknya menggunakan instrumen violin dan piano.

6. Paradise (Love Yourself: Tear)

https://www.youtube.com/embed/obH7iPDAn2Q

Bukan BTS kalau tidak memiliki lagu yang liriknya sangat relatable. Yup, walaupun Paradise tidak banyak diketahui oleh publik, namun musik dan liriknya tidak kalah dari lagu-lagu hits BTS yang lainnya.

Lewat Paradise, BTS mencoba mengatakan bahwa hidup memang seperti lari maraton, maka biasakanlah. Ada juga penggalan lirik yang dinyanyikan V BTS  "Tidak apa-apa jika kau tidak memiliki mimpi, setiap napas yang kau embuskan itu adalah surga".

7. Tokyo (Mono)

https://www.youtube.com/embed/pKCdkf5im_8

Mono adalah mixtape dari RM BTS yang dirilis pada tahun 2018. Berisi 7 lagu, masing-masing menggambarkan suasana emosional yang menyentuh hati. Salah satunya adalah lagu yang berjudul Tokyo.

Menceritakan tentang suasana hati RM saat berada di Tokyo, Jepang dan sedang rindu dengan rumahnya. Ada satu Quote yang begitu ikonik dalam lagu Tokyo ini yaitu

"Hidup adalah kata yang kadang tidak bisa digambarkan. Dan abu adalah benda yang suatu hari kita akan mengalaminya. Jika esok datang, akan menjadi seberapa berbeda dari kemarin?"

8. Cypher Pt. 3: Killer ft Supreme Boi (Dark And Wild)

https://www.youtube.com/embed/6ktszP05TUY

Sedang ingin mendengarkan lagu yang bikin manggut-manggut? Cypher Pt. 3: Killer ft Supreme Boi pasti bisa memuaskan moodmu. Lagu full rap yang dibawakan oleh Suga, RM, J-Hope ini merupakan lagu ketiga dari seri Cypher yakni Cypher Pt. 1, Cypher Pt. 2: Tryptich, dan Cypher pt. 4. Lagu terkenal di kalangan penggemar sebagai lagu untuk menampar haters karena liriknya yang pedas.

Nah, itu dia 8 Lagu BTS yang kurang hits namun kualitasnya tidak kalah dengan lagu-lagu hits lainnya! Kira-kira mana yang menjadi favorit kalian?

Baca Juga: Ini Penjelasan 14 Lagu dalam Tracklist Map of The Soul: 7 BTS

Dian Nita Photo Verified Writer Dian Nita

Don't be trapped in someone else dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya