Comscore Tracker

Ciri Khas Banget, 5 Hal yang Jarang Pernah Absen dari KDrama

Ciri ini yang membedakan dari drama-drama lain

Siapa sih yang gak tahu KDrama? Itu, lho, drama yang berasal dari Negeri Ginseng alias Korea Selatan. KDrama sendiri hadir di Indonesia sejak awal 2000-an dan masih tetap eksis hingga sekarang.

Nah, pernah gak kamu perhatikan kalau di setiap KDrama ada hal-hal yang sering kali muncul? Hal-hal itu membedakan drama asal Korea Selatan dengan drama dari negara lain. Mau tahu hal apa saja yang menjadi ciri khas KDrama?

1. Adegan mukbang

Ciri Khas Banget, 5 Hal yang Jarang Pernah Absen dari KDramaAdegan mukbang di drama Hospital Playlist 2 (instagram.com/tvn_drama)

Pernah nonton KDrama Let’s Eat? Scene atau adegan mukbang dalam film itu wajib dilakukan. Sesuai judul dramanya, di tiap-tiap episode pasti ada adegan makan-makan, entah itu bareng tetangga, gebetan, atau teman. Sementara itu, pada KDrama lainnya, adegan mukbang biasanya ada sebagai selingan saja. Misalnya, adegan mukbang di drama teranyar Hometown Cha-Cha-Cha atau di KDrama yang baru saja tamat, Hospital Playlist 2.

Berawal dari adegan mukbang yang sering muncul inilah para pencinta KDrama jadi tahu macam-macam kuliner khas Korea Selatan. Salah satunya dan paling sering ada adalah adegan mukbang ramyeon alias mi instan, seperti di salah satu episode Hospital Playlist 2.

Cara pengemasan adegan mukbang ini pun terbilang apik dan sukses membuat siapa pun yang menontonnya secara gak sadar jadi ikutan ngiler. Ya, kan?

2. Latar pemandangan indah

Ciri Khas Banget, 5 Hal yang Jarang Pernah Absen dari KDramaLatar pemandangan camping di drama Hospital Playlist 2 (instagram.com/tvn_drama)

Pembuatan KDrama memang gak pernah asal-asalan. Selain memikirkan isi dialog, tim produksi turut memikirkan estetika dari pengambilan gambar, bahkan hingga kepada hal-hal detail seperti latar. Maka, gak heran kalau latar pemandangan yang indah menjadi sesuatu yang wajib disuguhkan.

Contohnya, adegan berkemah di drama Hospital Playlist 2 yang keren banget atau Hometown Cha-Cha-Cha yang berlatar desa di pinggiran pantai.

Salah satu latar KDrama Guardian: The Lonely and Great God alias Goblin bahkan diambil di Quebec. Sementara itu, KDrama Crash Landing on You beberapa kali berlatar Swiss. Kira-kira berapa banyak, ya, biaya yang harus dikeluarkan demi sebuah latar pemandangan yang kece badai?

Baca Juga: 9 Potret Ragam Makanan Porsi Mukbang, Penuhnya Sampai Tumpah-Tumpah!

3. Kemunculan kameo

Ciri Khas Banget, 5 Hal yang Jarang Pernah Absen dari KDramaCameo di drama Hospital Playlist 2 (instagram.com/tvn_drama)

Sudah gak asing, dong, dengan kemunculan kameo di KDrama? Bahkan, ada pecinta KDrama yang menebak-nebak siapa gerangan yang akan muncul menjadi kameo.

Ngaku, deh, yang pernah nonton KDrama Hotel Del Luna pasti belum bisa move on dengan penampilan Kim Soo-hyun sebagai kameo pada episode terakhir. Kesulitan untuk move on inilah yang membuat para pecinta KDrama Hotel Del Luna berspekulasi bahwa drama kesayangan mereka bakalan punya sekuel.

Wah, ternyata kehadiran kameo, tuh, berpengaruh banget, ya!

4. Second lead syndrome

Ciri Khas Banget, 5 Hal yang Jarang Pernah Absen dari KDramaSecond lead di drama Hometown Cha Cha Cha (instagram.com/tvn_drama)

Pecinta KDrama pasti sudah hafal banget soal second lead syndrome. Yak, di tiap KDrama akan ada karakter yang mencuri perhatian para penonton. Bahkan, kepopulerannya bisa mengalahkan karakter utama, lho.

Han Ji Pyeong, misalnya, karakter di drama Start Up yang membuat hati para penonton selalu gagal move on. Han Ji Pyeong ini gagal mendapatkan Seo Dal Mi. Gara-gara perasaan yang tidak sampai itulah, banyak penonton merasa kasihan kepada karakter satu itu. Ada pula yang menilai apa yang dialami Han Ji Pyeong merupakan bentuk "ketidakadilan".

5. Geng ikonik

Ciri Khas Banget, 5 Hal yang Jarang Pernah Absen dari KDramaGeng ikonik di drama Hometown Cha Cha Cha (instagram.com/tvn_drama)

Geng ikonik biasanya terdiri atas karakter-karakter terlepas dari karakter utama. Kehadiran mereka di tiap episode sering ditunggu-tunggu, entah karena karakter yang lucu atau malah menyulut emosi.

Nah, sebagai penggemar drama Hometown Cha-Cha-Cha, sudah pasti tahu banget geng ikonik yang ada di drama tersebut. Ya, geng ikonik di dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha tidak lain para pemiliki usaha di desa Gongjin. Alih-alih membicarakan usaha mereka, geng ini malah suka gibah tentang keseharian orang-orang di desa.

Beda halnya dengan geng ikonik di atas, drama Crash Landing on You mempunyai geng beranggotakan para tentara Korea Utara yang konyol sekaligus kocak.

Nah, itulah lima hal yang jadi ciri khas KDrama. Tanpa kelimanya, pasti nonton KDrama rasanya hambar total dan membosankan. Kira-kira, masih adakah hal lain yang menjadi ciri khas KDrama selain lima ulasan di atas? Kalau ada, kamu bisa banget berbagi cerita di kolom komentar ya.

Baca Juga: Ini Dia 11 Lokasi Syuting KDrama di Ikseon-dong Hanok Village, Seoul

Diena Photo Writer Diena

Writing is a healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya