Comscore Tracker

Ngeri-ngeri Sedep, 5 Film David Lynch Ini Bikin Kamu Susah Tidur! 

Bersiaplah untuk terheran-heran dan kebingungan!

David Lynch adalah seorang sutradara yang sangat lekat dengan film-film sureal nan absurd, hampir semua film Lynch mempunyai kedua unsur itu. Ditambah dengan sudut pandang Lynch dalam menyampaikan cerita juga begitu unik, bahkan keunikannya itu sampai mencetuskan sebuah istilah baru dalam dunia perfilman yang disebut Lyncian.

Mau tau bagaimana Lynch mengolah cerita-cerita absurd dalam film? Yuk simak pembahasan di bawah ini, kelima filmnya pasti bakal bikin kamu bingung sampai gak bisa tidur!

1. Blue Velvet (1986) 

Ngeri-ngeri Sedep, 5 Film David Lynch Ini Bikin Kamu Susah Tidur! Blue Velvet (imdb.com)

Dalam film ini, Lynch memadukan genre psikologikal horor dengan noir (drama kriminal Hollywood yang kelam) yang mungkin akan membuat penonton merasa tidak nyaman sekaligus bingung dan resah.

Bercerita tentang Jeffrey Beaumont (Kyle MacLachlan), seorang mahasiswa yang terpaksa pulang ke rumah setelah mendengar kabar bahwa ayahnya terkena stroke. Keanehan bermula ketika Jeffrey menemukan sepotong telinga manusia yang sudah nyaris membusuk di sebuah lahan kosong dekat rumahnya.

Penemuan itu rupanya menggugah rasa penasaran Jeffrey tentang siapa pemilik telinga tersebut dan apa yang terjadi padanya. Dengan modal nekat, Jeffrey pun melakukan investigasi sendiri hingga akhirnya ia terjebak dalam sebuah petualangan aneh yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Perlu diketahui, jika film ini sarat akan adegan dewasa dan kekerasan yang cukup mengganggu untuk ditonton.

Baca Juga: 5 Film Horror Cult Italia yang Dijamin Menaikkan Adrenalin 

2. Lost Highway (1997) 

Ngeri-ngeri Sedep, 5 Film David Lynch Ini Bikin Kamu Susah Tidur! Lost Highway (moviemezzanine.com)

Lost Highway bisa dibilang adalah sebuah film yang sangat absurd dan terasa surreal. Film ini bahkan bisa membuat para penontonnya seperti berada dalam sebuah mimpi buruk yang panjang.

Berawal dari sepasang suami-istri, Fred Madison (Bill Pullman) dan Renee (Patricia Arquette), yang dikirimi sebuah rekaman misterius. Lebih anehnya lagi, rekaman itu ternyata berisi sebuah video yang memperlihatkan bagian dalam rumah beserta setiap gerak-gerik mereka di sana. Belum selesai misteri tentang siapa pengirim rekaman misterius itu, Fred tiba-tiba saja ditangkap atas tuduhan membunuh istrinya sendiri. Ketika ia sedang dalam penjara inilah sebuah adegan yang luar biasa aneh terjadi dan merubah total arah jalan cerita.

Menonton Lost Highway bisa juga diumpamakan seperti menyusun sebuah puzzle dengan gambar yang abstrak. Begitu membingungkan, namun di situlah daya pikatnya. Film ini juga memberikan sentuhan-sentuhan menakutkan seperti kemunculan sesosok pria misterius yang tidak jelas asal usulnya.

3. Mulholland Drive (2001) 

Ngeri-ngeri Sedep, 5 Film David Lynch Ini Bikin Kamu Susah Tidur! Mulholland Drive (spotflik.com)

Drama misteri yang satu ini adalah salah satu film David Lynch yang paling terkenal. Masih berkutat dengan kisah yang aneh dan kompleks, bedanya Mulholland Drive diawali dengan cerita yang justru terkesan cukup normal.

Suatu ketika seorang wanita berambut hitam (Laura Harring) menjadi satu-satunya korban selamat dalam kecelakaan mobil di jalan Mulholland Drive. Dengan kondisi terluka, wanita itu berjalan dan masuk ke apartemen milik bibi dari Betty Elms (Naomi Watts) tanpa izin.

Betty yang menemukan wanita itu kaget dan kebingungan, apalagi setelah mengetahui bahwa wanita itu mengalami amnesia. Dia juga tidak menemukan petunjuk apapun karena dompet wanita itu hanya berisi uang dan sebuah kunci biru yang misterius.

Dari sana cerita masih berjalan normal, keduanya sama-sama mencari tahu identitas sebenarnya dari wanita berambut hitam itu dan mereka menjadi dekat dengan sendirinya. Namun, sebuah kejutan yang membingungkan rupanya telah menunggu dan siap mengejutkan penonton di pertengahan film.

4. Twin Peaks: Fire Walk with Me (1992) 

Ngeri-ngeri Sedep, 5 Film David Lynch Ini Bikin Kamu Susah Tidur! Twin Peaks: Walk Fire with Me (popmatters.com)

Fire Walk with Me adalah prekuel dari serial tv yang cukup terkenal pada masanya, yaitu Twin Peaks (1990). Jika dalam serial tv misteri berkutat pada pembunuhan Laura Palmer yang mayatnya ditemukan di danau, maka pada film ini penonton justru akan menyaksikan bagaimana seminggu terakhir perjalanan hidup dari Laura. Film ini dipenuhi dengan hal-hal supranatural yang meninggalkan sejuta tanda tanya di benak para penonton.

Semuanya berawal dari dua orang agen FBI bernama Chester Desmont (Chris Isaak) dan Sam Stanley (Kiefer Sutherland) yang ditugaskan untuk menyelidiki kematian seorang pelayan restoran bernama Teresa Banks.

Namun, saat agen Desmont sudah menemukan sebuah petunjuk penting, ia malah menghilang dengan misterius. Cerita pun berlanjut ke satu tahun kemudian, tepat satu minggu sebelum Laura Palmer terbunuh.

Dari sini lah penonton akan melihat hal-hal mengerikan serta tak masuk akal yang dialami Laura hingga akhirnya menewaskannya dengan tragis. Lebih mengejutkannya lagi, kematian Laura dan Teresa juga ternyata saling terkait satu sama lain.

Meski merupakan sebuah prekuel, namun film ini tetap memiliki misterinya sendiri yang sangat menarik untuk disaksikan dan tentunya saja akan membuat kamu merasa terheran-heran.

5. Eraserhead (1977) 

Ngeri-ngeri Sedep, 5 Film David Lynch Ini Bikin Kamu Susah Tidur! Eraserhead (thedissolve.com)

Eraserhead adalah film debut dari David Lynch. Meski bergenre horor, film ini tidak sekalipun menampilkan sosok hantu. Film ini justru terasa sangat menakutkan dengan perpaduan cerita yang aneh, latar tempat serta suara bising yang mengganggu, dan tidak lupa juga para tokoh dengan penampilan tidak wajar.

Berfokus pada kehidupan dari Henry Spencer (Jack Nance) yang diberitahu secara mendadak bahwa kekasihnya, Mary X (Charlotte Stewart), baru saja melahirkan seorang bayi. Anehnya, bayi tersebut tidak terlihat seperti bayi manusia dan Henry sendiri tidak yakin apakah dia ayah dari bayi tersebut atau bukan.

Bayi yang terlihat seperti alien itu terus menangis dan akhirnya membuat Mary X memilih untuk kabur. Henry tidak punya pilihan lain selain terus merawat bayi itu, sementara ia juga mulai mengalami mimpi-mimpi yang aneh.

Meski sulit dijelaskan dengan akal sehat, Eraserhead rupanya merupakan film yang memiliki cukup banyak penggemar setia dan termasuk dalam salah satu film cult legendaris.

Kelima film di atas memang menyimpan segudang misteri dan menampilkan adegan-adegan yang di luar nalar khas David Lynch. Kalo kamu menontonnya, dijamin deh kamu akan terus bertanya-tanya sampai susah tidur. Tapi tenang, kamu gak akan nyesel kok. Jadi tunggu apa lagi, ayo segara pilih film yang mana dulu yang mau kamu tonton!

Baca Juga: 5 Film Horror Bertema Aliran Sesat Terseram Versi Rotten Tomatoes

Dinda Pebriana Photo Writer Dinda Pebriana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya