Comscore Tracker

Debut Ulang, 5 Idol KPop yang Berkarier Solo Sebelum Masuk Grup

Apakah salah satunya idola kamu?

Industri musik Korea dikenal dengan cara debut yang unik dan khas. Pada umumnya, pelatihan trainee dilakukan sebelum terbentuk sebuah grup idola.

Namun, ada cara alternatif dimana mereka bisa bersinar sendiri tanpa melalui proses itu. Debut ulang beberapa kali terjadi juga di dunia KPop.

Ada sisi positif dan negatifnya, tapi karena pernah menjadi solois, kemungkinan debut di grup pun bisa saja lebih tinggi. Inilah 5 idol KPop yang berkarier solo sebelum masuk grup.

1. Soyeon (G)-IDLE

Debut Ulang, 5 Idol KPop yang Berkarier Solo Sebelum Masuk GrupSoyeon (G)I-DLE (twitter.com/cube entertainment)

Soyeon sudah beberapa kali ikut di survival show Korea sebelum debut sebagai member (G)-IDLE. Beberapa diantaranya adalah Produce 101 dan Unpretty Rapstar.

Ia debut solo dengan lagu "Jelly" dan sudah banyak menarik perhatian. Dengan bakat yang Soyeon sudah tunjukkan pada publik, ia pun debut kembali menjadi member sekaligus leader (G)-IDLE.

2. Dara 2NE1 

Debut Ulang, 5 Idol KPop yang Berkarier Solo Sebelum Masuk GrupSandara Park (instagram.com/daraxxi)

Tidak di Korea, Dara memulai kariernya di Filipina pada tahun 2004. Sebagai penyanyi dan aktris, Dara terkenal sebagai artis yang multitalenta. Saat Dara kembali ke Korea Selatan, disitulah Dara mulai melalui proses trainee di YG Entertainment.

Pada tahun 2009, ia debut sebagai vokalis di 2NE1. Namun, kini Dara sudah hengkang dari agensi dan dinyatakan, bahwa kontraknya telah berakhir.

Baca Juga: Hengkang, 10 Potret Kedekatan Sandara Park dan Idol YG Entertainment

3. Sohee NATURE

Debut Ulang, 5 Idol KPop yang Berkarier Solo Sebelum Masuk GrupSohee NATURE (twitter.com/nature_nchworld)

Sohee merupakan member dari berbagai proyek grup. Kariernya sebagai solois dimulai dari mini album berjudul The Fillette. Tak bertahan lama, ia pindah agensi ke n.CH Entertainment hingga menjadi member girl group NATURE. Sohee juga pernah berpartisipasi dalam survival Produce 101, lho. 

4. Alice eks Hello venus

Debut Ulang, 5 Idol KPop yang Berkarier Solo Sebelum Masuk GrupSong Ju Hee atau Alice eks Hello Venus (instagram.com/hv_alice)

Jadi rekan Park Bo Young di drama Doom At Your Service, Alice adalah mantan member idol group Hello Venus. Sebelum itu, ia memulai kariernya sebagai solois dengan lagu "Naughty Face" pada tahun 2010.

Namanya juga belum Alice pada saat itu, melainkan Ora. Sekarang, Alice lebih dikenal dengan nama Song Ju Hee. Ia menjadi aktris sekaligus penyanyi di agensi baru. 

5. Babysoul Lovelyz

Debut Ulang, 5 Idol KPop yang Berkarier Solo Sebelum Masuk GrupBabysoul Lovelyz (instagram.com/babysoullvlz)

Pada tahun 2011, Lee Soo Jung alias Babysoul mencuri banyak perhatian karena bakat menyanyinya saat debut. "Stranger" adalah judul lagu yang dirilis pada waktu itu.

Kesempatan juga Babysoul dapatkan untuk berkolaborasi dengan H INFINITE yang merupakan seniornya. Setelah menjadi solois, Babysoul pun memulai karier bersama Lovelyz pada tahun 2014. Di grup, ia menempati posisi sebagai main vocalist dan leader.

Suatu keputusan dibuat dengan pengaruh di masa depan, tapi tidak menutup kemungkinan untuk berganti. Beberapa idol di atas menunjukkan, bahwa tak ada patokan khusus jika memiliki keinginan.

Baca Juga: 5 Episode Knowing Brothers yang Dibintangi Lovelyz, Kocak Abis!

agatha dominique Photo Verified Writer agatha dominique

let's get closer! @dominiqueagtha on ig

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya