Comscore Tracker

5 Lagu KPop yang Menceritakan Hidup sebagai Idol, Ini Realitanya 

Gak mudah, lho menjalaninya #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Menjadi figur publik tidak selalu positif dan membahagiakan. Hidup akan dilihat orang-orang, bahkan terkadang senyum yang netizen lihat bukanlah senyum yang "jujur". Seperti idol KPop yang memiliki dunia dan tuntutannya sendiri, mereka mengalami hal yang berbeda dari orang biasa.

Jadi idol adalah hal yang menyenangkan, tapi itu hanya yang terlihat dari luar. Ada beberapa idol yang mengungkapkan pengalaman dan kesusahan mereka dalam bentuk lagu, lho. Penasaran? Inilah lima lagu KPop yang menceritakan susahnya hidup idol KPop.

1. "You Never Know" - BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/4Kk_iaaHd_Y

"Karena mereka melihat apa yang ingin mereka lihat. Lebih gampang menghakimi daripada memercayai."

Lirik ini menunjukkan bagaimana orang-orang melihat sesuatu berdasarkan apa yang mereka lihat tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi. Saat ada peristiwa terjadi, orang-orang akan berkomentar negatif lebih cepat, tidak melihat dari perspektif idol yang mengalami. Seperti contoh kasus kencan selebritis yang sering jadi perbincangan publik. 

2. "Black Pearl" - Sunmi

https://www.youtube.com/embed/Vbh3JPR5jaI

Seorang idol selalu berusaha menjadi sempurna bahkan memperlihatkan senyumannya di depan publik tanpa membawa masalah pribadi. Netizen akan melihat mereka hidup seperti bagaimana yang ditampilkan tapi nyatanya, ada banyak sisi lain yang kita tidak tahu.

Bersinar di luar, tidak diketahui di dalam. Kira-kira begitulah pesan yang ingin disampaikan dalam lagu "Black Pearl" dari Sunmi ini.

3. "Sea" - BTS

https://www.youtube.com/embed/3rkcdYfx5O0

"Sea" menceritakan pengalaman BTS sendiri tentang karier mereka yang berawal dari nol bersama agensi. Banyak orang yang menganggap remeh, bahkan menyikapi mereka dengan hal tidak baik.

Menjadi trainee dan debut dengan kebutuhan yang pas-pasan, BTS menunjukkan perjuangan mereka tidak sia-sia. Semua proses susah dan menerima komentar negatif netizen telah dilalui BTS di industri KPop. 

4. "Moon" - (G)I-DLE

https://www.youtube.com/embed/OYtjo3CTAOM

"Jangan menyinari aku, agar aku bisa menghapus senyuman itu sebentar."

Seperti yang bisa kita lihat dari satu baris lirik lagu "Moon", hidup seorang idol KPop terasa menyenangkan melihat mereka terus tersenyum. Namun, (G)I-DLE menjelaskan bahwa mereka harus tetap tegar dan jadi orang yang baik-baik saja di depan publik karena tersorot. 

5. "Still Lonely" - SEVENTEEN

https://www.youtube.com/embed/rLLPzuf8tOw

Sebagai orang terkenal, hidup dipenuhi dengan ekspektasi orang hingga status popularitas yang terkadang membuat mereka jadi jenuh. Dari lagu Seventeen ini, mereka mengungkapkan bahwa ketenaran ini justru membuat mereka merasa kesepian dan kosong. Di saat banyak orang ingin hidup sebagai artis, Seventeen menceritakan bahwa hal ini tidak sebahagia yang dipikirkan.

Menyenangkan tapi setiap pekerjaan yang dilakukan pasti ada sisi buruknya, sama dengan menjadi idol. Industri KPop menjadi dunia yang berbeda dari industri musik lainnya. Mereka sangat disiplin dengan tuntutan dan berbagai peraturan. Don't judge a book by its cover!

Baca Juga: 10 Lagu Hits KPop Ini Awalnya Dibuat untuk Idol Lain, Kebayang Gak?

agatha dominique Photo Verified Writer agatha dominique

if you fell down yesterday, stand up today

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya