Comscore Tracker

5 Rekomendasi Lagu Kolaborasi PSY dengan Idol KPop, Cool!

Siapa kolaborasi favorit kamu?

PSY merupakan salah satu sosok yang memberi dampak besar pada industri KPop. Ia telah aktif sejak 2001 hingga sekarang ini menjadi seorang penampil dan penulis lagu, bahkan pemilik agensi bernama P Nation. 

Nama asli beliau adalah Park Jae Sang yang mulai dikenal dengan nama panggung PSY sejak rilisnya lagu "Gangnam Style". Pada 2022, ia melakukan comeback dengan track list berbagai kolaborasi. Berikut rekomendasi lagu kolaborasi PSY dengan artis KPop besar.

Tak hanya dengan Suga BTS, sepanjang karirinya PSY juga berkolaborasi dengan idol KPop lainnya. Berikut rekomendasi lagu kolaborasi milik PSY, hits semua!

1. "That That" Prod. Suga BTS

https://www.youtube.com/embed/8dJyRm2jJ-U

Candu banget bagian reff-nya, nih! Lirik kunci "That That" bikin terngiang-ngiang terutama pada adegan pertengkaran di MV yang lucu antara Suga BTS dan PSY.

Kolaborasi ini berawal dari Suga yang menciptakan lagu dan ternyata PSY adalah orang yang cocok untuk bisa menyanyikannya. Keduanya memiliki perbedaan umur yang cukup jauh, namun ternyata kolaborasi ini membuat hubungan yang lebih dekat. 

2. "Celeb" ft. Suzy

https://www.youtube.com/embed/vg6Iq_Es3Wk

Suzy merupakan mantan member Miss A sebagai idol KPop. Namun sekarang, karirnya lebih fokus pada dunia akting.

Walau begitu, Suzy tidak menutup dirinya untuk mengambil kesempatan berkolaborasi dengan penyanyi, lho. Pada lagu "Celeb" PSY, Suzy dilibatkan dalam MV tersebut sebagai seorang artis dan menari. Udah lama tidak aktif tampil, Suzy tunjukkan bakat kemampuannya yang masih luwes!

3. "Now" ft. Hwasa

https://www.youtube.com/embed/2saWSGoWmrU

"Now" PSY ft. Hwasa mengangkat tema retro pada MV-nya. Seperti biasa dengan suara yang merdu, Hwasa menampilkannya dengan paduan suara yang sangat baik bersama PSY.

Tidak hanya vibes dari lagunya, koreografi dance mereka juga sangat khas penampilan gaya tahun 80an. Performance video "Now" juga unik dari yang lainnya karena tampilan ukuran potrait seperti layar handphone dan latarnya di studio besar.

Baca Juga: 7 Penyanyi yang Lagunya Diproduseri SUGA BTS, Gak Cuma PSY!

4. "Ganji" ft. Jessi

https://www.youtube.com/embed/ch9z382fOU4

Jessi dengan swag-nya tak pernah gagal bikin kagum. "Ganji" bergenre hip hop dan pop, membuat lagu ini juga jadi unik. 

Lirik "Ganji" membawa pesan untuk tetap berubah menjadi positif daripada membawa atau membanding-bandingkannya dengan orang lain. Rap Jessi berhasil terpadu dengan sangat baik diikuti PSY yang memimpin lagu. Kolaborasi PSY dengan artis di dalam agensinya menjadi gandengan energi yang kuat.

5. "Happier" ft. Crush

https://www.youtube.com/embed/fc3yJgfAO6o

Crush dikenal dengan penyanyi bergenre R&B sekaligus penulis lagu. Comeback PSY yang ke-9 ini tidak hanya menyajikan lagu yang semangat, kolaborasi bersama Crush ini bikin jatuh hati!

Lagunya mellow dan easy listening di saat-saat kamu butuh suasana yang tenang. Makna dalam yang terkandung juga patut diperhatikan untuk bisa melihat dari sisi lain mengenai perasaan untuk ingin lebih bahagia.

Setiap lagu punya ciri khas dan warnanya masing-masing. Kolaborasi PSY denga idol KPop mana yang kamu paling sukai, nih? 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Album Comeback PSY 'PSY 9th', Dinantikan!

agatha dominique Photo Verified Writer agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya