Comscore Tracker

Gen Z Hobi Nonton Film Tapi Enggan Langganan Berbayar

IDN Times meluncurkan Indonesia Gen Z Report 2022

Jakarta, IDN Times - Gen Z (generasi kelahiran 1997 hingga 2012) mendominasi populasi di negeri ini. Jumlah mereka diperkirakan mencapai 74.93 juta orang atau 27.94 persen dari total populasi. Angka ini jauh lebih banyak dibandingkan generasi Millennials sebanyak 69.83 juta orang atau 25.87 persen.

Dengan populasi yang begitu gemuk, Gen Z dipastikan akan memberikan warna pada masa depan Indonesia. Apalagi mereka lahir dan besar di era digital, era yang membuat mereka menjadi berbeda dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Sehingga sangat penting untuk memahami karakter Gen Z. Untuk itu IDN Research Institute menggandeng Populix menggelar riset khusus untuk menggali dan mengenali lebih dalam Gen Z. 

Riset digelar dengan metode multistage random sampling, melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 12 kota pada 27 Januari-7 Maret 2022, dan dengan Margin of error sebesar < 5 persen. 

Salah satu yang dibedah dalam riset ini adalah ketertarikan Gen Z terhadap film. Jenis film apa yang paling disukai, plaftorm pemutar film apa paling banyak dipilih, serta siapa aktor dan aktris terpopuler di dunia Gen Z terungkap dalam riset ini. 

Oya, hasil lengkap riset tertuang dalam report berjudul 'Indonesia Gen Z Report 2022'. Report ini dirilis bersamaan dengan acara Indonesia Millennials and Gen Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada 29-30 September 2022.

1. Sebagian besar Gen Z suka menonton film komedi

Gen Z Hobi Nonton Film Tapi Enggan Langganan BerbayarIMR 2022

Hasil riset IDN Research Institute dan Populix mendapati fakta bahwa 97 persen responden Gen Z suka menonton film. Tiga genre film yang paling digemari adalah komedi (45 persen), aksi (43 persen), dan horor (39 persen).

Sementara genre Drama disukai oleh 36 persen responden, Romance (32 persen), Animasi (19 persen), Thriller (16 persen), Musikal (10 persen), Fiksi (9 persen), dan Sains-Fiksi (5 persen). Dari total responden, hanya 3 persen Gen Z yang tidak suka menonton film.

Lalu bagaimana dengan drama dan film Korea? Ternyata 29 persen Gen Z menyukai K-Dramas dan K-Movies. Dari 29 persen tersebut, sebanyak 45 persen di antaranya adalah perempuan. Hanya 15 persen dari 29 persen Gen Z pencinta K-Dramas dan K-Movies adalah laki-laki.

Fakta lainnya adalah 49 persen dari responden Gen Z menonton film melalui internet namun hanya 31 persen yang menggunakan aplikasi streaming. Selebihnya, yakni 35 persen responden Gen Z memilih menonton film di bioskop dan 7 persen Gen Z masih menonton film melalui DVD.

2. Suka menonton tapi gak mau langganan berbayar

Gen Z Hobi Nonton Film Tapi Enggan Langganan BerbayarIMR 2022

Meski sebagian besar Gen Z suka menonton film, namun tidak banyak dari mereka yang tertarik untuk langganan berbayar. Hanya 31 persen responden Gen Z yang bersedia membayar untuk berlangganan menonton film secara streaming.

Riset juga menemukan fakta bahwa 45 persen Gen Z tidak menggunakan platform tertentu untuk menonton film secara streaming.

Fakta lain, platform menonton film yang paling banyak digunakan adalah Netflix sebesar 24 persen, diikuti WeTV (19 persen), Viu (10 persen), Vidio (9 persen), RCTI+ (8 persen), Disney+Hotstar (5 persen), iQiyi (4 persen), Mola TV (3 persen), MaxStream (2 persen).

3. Gen Z mendukung produksi film lokal

Gen Z Hobi Nonton Film Tapi Enggan Langganan BerbayarIMR 2022

Kabar baiknya, Gen Z mendukung produksi film lokal. Ini bisa dilihat dari 67 persen responden yang menyatakan tertarik menonton film garapan anak bangsa. Hanya 14 persen yang tidak tertarik menonton film lokal.

Ketertarikan Gen Z terhadap film lokal tidak lepas dari kesukesan beberapa film lokal, seperti The Raid; Pengabdi Setan; Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak; The Science of Fictions; Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini; Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas; Yuni (2021); Srimulat: Hil yang Mustahal; Kukira Kau Rumah; Ngeri Ngeri Sedap; dan KKN di Desa Penari (2022).

4. Reza Rahadian jadi aktor paling populer

Gen Z Hobi Nonton Film Tapi Enggan Langganan Berbayarimr 2022

Hasil riset juga menunjukkan siapa aktor dan aktris paling populer di dunia Gen Z. Aktor dan aktris paling populer yaitu Reza Rahadian (17 persen), Raffi Ahmad (7 persen), Amanda Manopo (4 persen), Arya Saloka (4 persen), Joe Taslim (4 persen), Iko Uwais (4 persen), Maudi Ayunda (4 persen), Vino G Bastian (4 persen), Anya Geraldine (3 persen) dan Luna Maya (2 persen).

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya