Comscore Tracker

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminis

Gak harus perempuan untuk jadi feminis 

Saat mendengar kata feminis, orang akan mengidentikannya pada sosok perempuan kuat, mandiri, dan tegas. Banyak juga yang memandang negatif, tetapi terserah apa kata orang paham feminis nyatanya makin populer karena terbukti punya banyak manfaat di masyarakat. Tak hanya perempuan, laki-laki pun bisa jadi feminis. Tanpa kontribusi pria, sistem yang adil dan setara tak bisa tercipta.

Tak perlu malu pula mengakui dukunganmu pada paham ini. Beberapa public figure pria ini secara blak-blakan mengakui dirinya feminis dan sering membela hak perempuan serta menyerang segala stereotip yang memojokan wanita. Siapa saja mereka?  

1. Harry Styles

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/theharrystylesclan

Harry Styles punya banyak fans perempuan yang menurutnya sangat powerful. Dalam beberapa momen, beberapa kutipannya membuktikan bahwa ia seorang feminis. Ia pernah menolak sebuah pernyataan seksis dari seorang pewawancara yang menganggap semua perempuan hanya suka musik pop.

Ia juga mengatakan bahwa ia sangat menghargai fans perempuannya. "Mereka tak pernah mencoba sok cool, mereka adalah sosok yang setia dan selalu ada untukmu," begitu ujarnya. 

2. John Legend

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/johnlegend

"Semua laki-laki harusnya feminis. Jika laki-laki peduli pada hak perempuan, maka dunia akan menjadi tempat yang lebih baik. Kita akan menjadi masyarakat yang lebih baik ketika perempuan terberdayakan," itu ujarnya di salah satu acara penghargaan.

John Legend menjadi satu dari sedikit laki-laki yang berani menggunakan platform-nya untuk membicarakan masalah kesetaraan gender tersebut. 

3. Joseph Gordon-Levitt

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/hitRECordJoe

Selain aktor, Joseph Gordon-Levitt juga seorang aktivis. Ia bahkan beberapa kali mengungkap bahwa dirinya seorang feminis. Menurutnya, gender dan status sosial tidak bisa menentukan nasib dan diri kita. Tidak perlu membedakan orang berdasarkan kategori tertentu. 

"Saya percaya bahwa jika setiap orang diberi kesempatan yang sama untuk melakukan apa yang mereka inginkan, itu lebih baik untuk semua pihak. Hal itu akan menguntungkan masyarakat." ujarnya. 

4. Ryan Gosling

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/goslingdaily

Sebagai ayah dua anak, Ryan Gosling secara terang-terangan menganggap bahwa sejak awal perempuan memiliki keahlian yang tak kalah dari laki-laki, bahkan cenderung lebih baik. Ia berkaca pada perkembangan dua putrinya yang luar biasa dan sadar bahwa masa depan manusia ditentukan oleh perempuan pula. 

5. Pangeran Harry

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/meghan_harry_news

Tak heran jika Pangeran Harry akhirnya memilih Meghan sebagai pendamping hidupnya. Bersama Meghan, mereka semakin gencar mengampanyekan kesetaraan hak dan kesempatan bagi perempuan.

Dalam sebuah kunjungan resminya di Nepal, ia pun menyatakan dukungannya pada paham feminis dan menganggap bahwa ia akan menggunakan platform strategisnya untuk membicarakan isu ini sesering mungkin. Menurutnya, kesetaraan gender tidak cukup hanya menjadi perhatian bagi perempuan, laki-laki juga harus ikut berkontribusi. 

Baca Juga: 5 Tanda Ternyata Kamu Seorang Feminis, Merasakannya Tidak?

6. Ezra Miller

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/imezramiller

Ezra pernah dan sering mengikuti kegiatan anti kekerasan pada perempuan, salah satunya di Times Square tahun 2013 lalu saat ia berkata, "Setidaknya satu dari tiga perempuan pernah menjadi korban kekerasan domestik dan pelecehan seksual dalam hidupnya. Aku tumbuh besar di rumah tangga yang didominasi perempuan dan merasa bahwa perubahan bisa dilakukan dengan menekan angka misogyny." 

7. Barack Obama

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/barackobama

Barack Obama menjadi presiden pertama yang menandatangani Lily Act, sebuah pakta yang salah satu isinya memungkinkan perempuan mendapatkan gaji yang sesuai dengan kapasitasnya di instansi tempatnya bekerja tanpa memandang gender.

Selama ini Amerika Serikat memiliki masalah perbedaan gaji pegawai perempuan dan laki-laki yang cukup timpang. Obama juga seringkali memberikan pernyataan yang mendukung kesetaraan hak untuk perempuan. 

8. Will Smith

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/willsmith

Will Smith menerapkan paham feminisnya pada sang putri, Willow. Menurutnya, sejak kecil anak perempuan harus dibebaskan untuk memiliki kontrol akan tubuhnya sendiri.

"Aku bisa saja memotong rambut Willow saat ia masih kecil, tetapi aku tidak akan melakukannya tanpa izin dan kemauannya sendiri," ujarnya. 

9. Andy Samberg

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisinstagram.com/spnrossa

Andy Samberg yang seorang aktor dan komedian pernah mengatakan bahwa ia lelah dan tak habis pikir dengan orang-orang yang menganggap perempuan tidak bisa melucu sebaik dan secerdas laki-laki.

Menurutnya itu pendapat yang bodoh, tidak ada yang bisa menilai kemampuan seseorang dari gendernya. Terbukti, sekarang sudah banyak komedian perempuan yang sukses di bidangnya. 

10. Tom Hardy

10 Public Figure Pria yang Tak Malu Akui Dirinya Seorang Feminisnytimes.com

Tom Hardy selalu identik dengan peran-peran maskulin, tetapi dalam kenyataannya ia sangat bosan dengan pertanyaan-pertanyaan seksis yang sering hinggap kepadanya. Namun, ia mampu menjawabnya dengan blak-blakan.

Tom pernah ditanyai pendapatnya mengenai banyaknya karakter perempuan di film Mad Max: Fury Road  dan jawabannya adalah "Tidak semenit pun aku berpikir tentang hal itu apalagi merasa terganggu," ungkapnya.

Tom Hardy juga menambahkan, "Tidakkah kalian merasa ada peran yang lebih baik untuk perempuan selain istri dan pacar? Karena aku bosan melihatnya."

Langkah beberapa public figure di atas dalam menggunakan platform mereka untuk menyinggung isu ini perlu diapresiasi. Meski tak serta merta bisa mengubah pandangan orang seketika, setidaknya pernyataan mereka bisa memicu diskusi ke arah yang lebih baik. 

Baca Juga: Ini 3 Hal tentang Perempuan Menurut Indonesia Feminis

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya